Mencegah Cedera Olahraga dengan Memilih Sepatu yang Tepat

Jumat, 24 Februari 2023
Flex free
Jumat, 24 Februari 2023
Flex free

Memakai sepatu yang tepat sesuai dengan olahraga yang dilakukan dapat meningkatkan performa dan kenyamanan, dan yang paling penting adalah dapat mencegah cedera.

Olahraga dapat memberikan tekanan yang besar pada kaki, pergelangan kaki, dan tungkai bawah. Berlari dan melompat misalnya, menyebabkan tungkai menerima tekanan dengan beban tiga hingga lima kali berat badan.

Bila Anda melakukan satu olahraga lebih dari dua kali seminggu, Anda harus menggunakan sepatu khusus untuk olahraga tersebut. Bila Anda melakukan banyak jenis olahraga, sepatu jenis ‘cross-training’ dapat Anda pilih.

Jenis-jenis Sepatu Olahraga

Ada banyak variasi sepatu olahraga, yang berbeda desain, material dan beratnya. Masing-masing sepatu dibuat untuk melindungi area kaki yang paling banyak menerima tekanan selama berolahraga.

  • Sepatu untuk lari atau berjalan; termasuk sepatu untuk jogging dan hiking.
  • Sepatu untuk olahraga tennis, basket, dan bola voli.
  • Sepatu untuk olahraga lapangan, seperti sepakbola dan baseball. Sepatu untuk olahraga ini memiliki tonjolan-tonjolan seperti paku di bagian sol. Bentuknya bervariasi bergantuk pada jenis olahraganya.
  • Sepatu khusus, misalnya untuk bermain golf, tari aerobik, dan bersepeda.
  • Sepatu outdoor, termasuk sepatu yang digunakan untuk aktivitas rekreasi seperti misalnya memancing.

Tips Memilih Sepatu yang Tepat untuk Mencegah Cedera Olahraga

Untuk menentukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga Anda, ikuti tips berikut:

  • Beli sepatu dari toko khusus yang menjual sepatu sesuai dengan olahraga yang Anda ikuti. Staf toko akan memberikan informasi yang Anda perlukan dan dapat membantu Anda menemukan sepatu yang sesuai.
  • Beli sepatu di sore hari, atau setelah Anda berolahraga, karena ukuran kaki paling besar di waktu tersebut.
  • Gunakan kaos kaki yang akan Anda gunakan ketika memakai sepatu tersebut.
  • Sepatu yang pas ketika digunakan masih memungkinkan Anda menggerakkan jari-jari kaki. Sepatu harus nyaman ketika digunakan. Jangan berpikir ‘lama-kelamaan sepatu akan nyaman setelah digunakan’.
  • Cobalah untuk berjalan atau berlari ketika mencoba sepatu tersebut.
  • Periksa bagian tumit sepatu. Pastikan bagian tersebut dapat menahan tumit Anda dengan baik sehingga tumit Anda tidak tergelincir saat Anda berjalan atau berlari.
  • Ganti sepatu dengan teratur. Ganti sepatu setelah 500-800 Km atau 300 jam berolahraga, karena bantalan di sepatu biasanya mengalami kerusakan.

Bagaimana Bila Timbul Masalah pada Kaki?

Bila Anda mengalami masalah pada kaki atau pergelangan kaki, mungkin diperlukan sedikit penyesuaian pada sepatu Anda. Beberapa perangkat tambahan yang dapat Anda gunakan pada sepatu yaitu:

heel cup

  • Heel cup. Heel cup dapat membantu meredakan nyeri di bawah tumit secara efektif (misalnya pada kasus plantar fasciitis). Heel cup terbuat dari plastik atau karet, dirancang untuk menyokong area di sekitar tumit dan mengurangi tekanan di bawah area yang nyeri.

metatarsal pad

  • Metatarsal pad. Metatarsal pad dapat membantu meredakan nyeri di bawah tonjolan ibu jari kaki atau di bawah tonjolan jari-jari kaki lainnya. Terbuat dari bahan sejenis wol atau karet yang padat. Metatarsal pad melekat pada insole di belakang area yang nyeri (area yang lebih dekat ke tumit), dan membantu menerima tekanan sehingga mengurangi nyeri.

arch support

  • Penopang lengkung kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada lengkungan kaki. Terbuat dari berbagai macam material, penopang lengkung kaki dapat dipasang di sepatu setelah sol bagian dalam di keluarkan.
  • Penopang lengkung kaki yang disesuaikan diperlukan untuk masalah yang lebih rumit dan berkepanjangan (kronis), misalnya flat foot, lengkung kaki terlalu tinggi, shin splints, tendinitis Achilles, dan turf toe. Penopang khusus ini dirancang untuk dapat menyokong satu area kaki dan di area lainnya membantu meredakan nyeri.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter apabila Anda memiliki keluhan atau masalah di kaki dan pergelangan kaki Anda.

 

 

 

Referensi:

  • https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/athletic-shoes/
  • https://www.coreorthosports.com/how-to-choose-outdoor-running-shoes/
  • https://www.footcaremd.org/resources/how-to-help/how-to-select-athletic-shoes

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel