Cedera Tangan yang Sering Terjadi dan Penanganannya

Jumat, 14 April 2023
Flex Free
Jumat, 14 April 2023
Flex Free

Tangan sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Di tangan, terdapat 19 tulang, yang terdiri dari 4 segmen, yaitu jari-jari, punggung tangan, telapak tangan, dan pergelangan tangan.

Saraf utama pada tangan yaitu saraf medianus, ulnaris, dan radialis, yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari dan ke otak.

Cedera Tangan

Cedera tangan sering terjadi dan dapat melibatkan berbagai struktur seperti kulit, tendon, pembuluh darah, tulang dan sendi. Sebagian besar cedera dapat menyembuh seiring waktu, tetapi ada beberapa jenis cedera yang memerlukan intervensi khusus.

Cedera Tangan yang Paling Sering

Jari Teriris

Cedera tangan yang paling sering terjadi pada ujung jari. Banyak hal yang dapat menyebabkan jari teriris. Teriris pisau, gunting, pinggiran kertas, terjepit pintu hingga kulit jari terbuka, dan lain sebagainya.

Sebagian besar cedera jari teriris dapat ditangani di rumah, kecuali yang memerlukan tindakan penjahitan karena luka yang luas atau dalam, atau melibatkan struktur lain seperti misalnya tendon.

Fraktur Jari dan Tangan

Cedera lain yang sering adalah fraktur atau patah jari dan tangan yang sering terjadi akibat terjatuh atau trauma lainnya.

Sebagian besar kasus dapat ditangani dengan prosedur sederhana, atau dengan menggunakan bidai tangan selama empat hingga enam minggu.

Fraktur Pergelangan Tangan

Fraktur pergelangan tangan dan tulang lengan bawah (radius) umumnya disebabkan karena terjatuh dengan tangan terentang.

Diperlukan pembedahan bila tulang sangat bergeser, tidak dapat dikembalikan ke posisi semula, atau patah di beberapa bagian.

Cedera Tendon

Tendon adalah struktur yang menghubungkan otot-otot ke tulang. Cedera tendon adalah cedera terbanyak kedua pada tangan. Cedera tendon terjadi biasanya akibat cedera penetrasi, dan bila tidak ditangani dapat menyebabkan gangguan fungsi yang berat.

Tendon yang membuat jari menekuk disebut dengan tendon fleksor dan tendon yang berada di punggung tangan disebut tendon ekstensor.

Tendon fleksor menghubungkan otot-otot di lengan bawah ke tulang-tulang di jari-jari. Cedera pada tendon fleksor jari juga sering terjadi dan dapat melibatkan cedera pada saraf dan pembuluh darah. Cedera ini sangat serius dan harus diperbaiki dalam waktu 10–14 hari.

Mallet Finger Injury

Pada cedera ini, terjadi robekan tendon yang meluruskan ujung sendi jari. Tendon dapat robek di bagian ujung tulang, atau dapat menarik fragmen tulang.

Boutonniere injury

Boutonnière menggambarkan postur jari di mana sendi bagian tengah jari menekuk ke bawah dan sendi ujung menekuk ke atas.

Biasanya disebabkan karena cedera seperti tersandung, tetapi bisa juga disebabkan karena arthritis.

Cedera Sendi Tangan

Sendi jari terkilir atau dislokasi dapat terjadi setelah terjatuh atau saat berolahraga. Dislokasi akut harus segera direposisi. Kedua jenis cedera ini dapat menyebabkan kaku yang memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Cedera Saraf

Cedera saraf di tangan atau pergelangan tangan dapat menyebabkan hilangnya fungsi dan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh.

Penanganan awal dapat memungkinkan penyembuhan yang lebih baik, akan tetapi tetap bergantung pada lokasi dan berat ringannya cedera.

Tips Mencegah Cedera Tangan 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari cedera tangan:

  • Saat terjatuh, cobalah untuk tidak menahan tubuh dengan tangan
  • Berhati-hati dan fokus saat berjalan di permukaan yang tidak rata, atau basah
  • Gunakan pisau atau benda tajam lainnya dengan hati-hati, jangan mengalihkan perhatian Anda dari benda tajam yang sedang digunakan
  • Berhenti bekerja menggunakan peralatan yang tajam ketika Anda mengantuk
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping mengantuk saat Anda bekerja
  • Bila mengalami luka di tangan yang ringan, bersihkan luka dengan air mengalir dan sabun. Segera datangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan bila mengalami luka yang berat

Meskipun cedera tangan tidak tampak berat, segera konsultasikan dengan dokter bila ada gejala berikut:

  • baal atau mati rasa
  • bengkak
  • perubahan warna kulit
  • nyeri, nyeri saat tangan digerakkan
  • perubahan posisi
  • tidak dapat menggerakkan tangan dalam waktu lama
  • ada cairan yang keluar

 

 

 

Referensi:

  • https://www.bssh.ac.uk/patients/conditions/hand_injuries
  • https://www.gleneagles.com.sg/facilities-services/centre-excellence/sports-orthopaedic/hand-injury-conditions
  • https://www.lifespan.org/lifespan-living/common-hand-injuries-and-how-avoid-them

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561