Penyebab Kaki O pada anak

Selasa, 24 Oktober 2023
Flex Free
Selasa, 24 Oktober 2023
Flex Free

Kita sering melihat kaki anak terlahir dengan bentuk kaki yang berbeda dari anak biasanya. Kelainan bentuk kaki yang sering ditemukan, yaitu bentuk kaki seperti huruf O.

Bentuk kaki O (kaki bengkok) atau dalam bahasa medis yang disebut Genu Varum merupakan suatu kondisi dengan salah satu atau kedua kaki anak melengkung ke arah luar bagian lutut.

Keluhan ini biasanya mulai terlihat saat anak mulai belajar berjalan. Anak berdiri dengan kaki dan pergelangan kaki yang saling bertemu satu sama lain, tetapi kedua lutut tetap terbuka lebar. Kaki anak terlihat seperti busur, terutama saat anak berjalan.

Bentuk kaki O ini jarang yang bersifat serius. Jika terjadi pada bayi, kondisi bentuk kaki O ini dapat sembuh sendiri saat menginjak usia 18 bulan.

Penyebab Kaki O pada Anak

Penyebab kaki O ini biasanya akibat suatu kondisi yang disebut genu varum fisiologis. Ketika janin berkembang di dalam rahim, bayi dalam posisi yang sempit. Beberapa tulang janin harus menyesuaikan keadaan di dalam rahim agar dapat muat di ruang yang kecil.

Genu varum fisiologis dapat sembuh sendiri saat proses tumbuh kembang anak, tetapi jika kaki O ini belum mengalami perubahan pada usia 2 tahun, mungkin ada penyebab lain  yang mendasari. Penyebab yang mungkin, yaitu:

  1. Penyakit Blount (Tibia Vara)

Penyakit ini disebabkan oleh kelainan pada lempeng pertumbuhan di bagian atas tulang kering (tibia). Penyakit Blount lebih sering terjadi pada anak keturunan Afrika-Amerika, anak dengan kelebihan berat badan, dan anak yang cepat belajar berjalan.

Pada anak di bawah usia 2 tahun, sulit membedakan penyakit Blount dengan genu varum fisiologis. Namun, pada usia 3 tahun, keadaaan kaki O akan semakin berat dan semakin terlihat dengan pemeriksaan Sinar-X.

  1. Rakhitis

Rakhitis merupakan penyakit tulang pada anak yang menyebabkan kaki berbentuk O dan kelainan tulang lainnya.

Rakhitis ini disebabkan oleh kekurangan kalsium atau vitamin D. Akibat dari kekurangan nutrisi ini membuat tulang anak menjadi lebih lunak dan lemah, sehingga menyebabkan kaki anak bengkok.

Rakhitis sangat jarang terjadi di Amerika Serikat, namun masih sering terjadi di negara-negara berkembang.

  1. Dwarfisme

Jenis dwarfisme yang paling sering disebabkan oleh kelainan pertumbuhan tulang yang disebut achondroplasia. Gangguan ini dapat menyebabkan perubahan bentuk kaki menjadi bengkok (Kaki O)

  1. Masalah tulang lainnya

Jika mengalami patah tulang yang belum kunjung sembuh secara sempurna dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang tidak normal (dysplasia tulang) yang dapat merubah bentuk kaki menjadi bengkok (Kaki O).

Gejala Kaki O pada Anak

gejala kaki o pada anak

sumber: www.childrenshospital.org

Gejala utama kaki O adalah tampak kaki anak tertekuk kearah dalam dengan lutut yang tidak  bersentuhan saat berdiri dan kaki dan pergelangan kaki rapat. Bentuk kaki O ini paling jelas terlihat saat anak berjalan. Anak akan berjalan dengan kaki mengarah ke dalam.

Kapan harus ke dokter?

Diharapkan orang tua selalu pantau tumbuh kembang anak, sehingga Kaki O ini dapat dideteksi secara dini. Jika setelah 2 tahun, bentuk kaki O anak belum membaik segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Apakah bentuk kaki O dapat dikoreksi?

Jika anak mengalami kelainan bentuk kaki O ini sebelum usia 2 tahun, biasanya disebabkan oleh proses alami dari tumbuh kembang anak, maka kelainan bentuk kaki O ini dapat hilang dengan sendirinya.

Bagaimana Cara Pengobatan Kaki O pada Anak?

Pengobatan kaki O pada anak ini dilakukan, jika setelah usia anak lebih dari 2 tahun dan tidak ada perubahan kondisi bentuk kaki anak. Maka akan dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebab kaki O anak. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara:

  1. Pengobatan Non-Surgical (Tanpa Pembedahan)

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara menggunakan sepatu khusus, braces, cast (gips), atau dilakukan tindakan pembedahan untuk memperbaiki kondisi kaki O anak.

  • Penyakit Blount

Jika penyakit ini dideteksi dengan cepat  maka dapat diberikan braces untuk memperbaiki bentuk kaki. Pada anak remaja

  • Rakhitis

Jika disebabkan oleh rakhitis maka anak akan diberikan nutrisi tambahan yang mengandung vitamin D atau kalsium.

  1. Tindakan Pembedahan

Tindakan ini dilakukan jika segala pengobatan sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan signifikan pada kaki anak. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Prosedur Pembedahan yang dapat dilakukan:

  • Guided growth

Pada tulang kaki anak akan dipasang plate logam kecil. Pemasangan plate ini bersifat sementara untuk menhentikan pertumbuhan pada sisi tulang kering yang sehat sehingga sisi yang tidak sehat dapat menyusul. Kaki anak akan lurus seiring dengan pertumbuhan alaminya.

  • Osteotomi tibia

Pada prosedur akan dilakukan mensejajarkan bentuk kaki anak dengan cara memperbaiki tulang kering di bawah lutut. Selama proses penyembuhan, tulang akan ditahan menggunakan alat penahan.

Setelah dilakukan tindakan pembedahan, anak akan direkomendasi  untuk konsultasi ke dokter spesialis rehabilitasi medik untuk terapi fisik yang sesuai untuk kebutuhan anak. Tujuan terapi fisik ini untuk mengembalikan kekuatan otot kaki anak.

Pencegahan Kaki O pada Anak

makanan vitamin d untuk kaki o anak

sumber: www.yesdok.com

Pencegahan kaki O pada anak dapat dicegah pada kondisi jika penyebabnya diketahui. Untuk mencegah terjadi penyakit rakhitis, pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup terutama vitamin D dan kalsium.

 

 

 

 

 

Referensi:

  • Cleveland Clininc. Bow Legged. 2021
  • American Academy of Orthopaedic Surgeons. Bowed Legs (Blount Disease). 2020

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561