5 cara efektif untuk mengurangi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan

Senin, 20 November 2023
Flex Free
Senin, 20 November 2023
Flex Free

Rasa kesemutan merupakan rasa tidak nyaman dan sensasi mati rasa, biasanya sering dirasakan pada tangan.

Rasa kesemutan dan mati rasa terkadang dapat hilang dengan sendirinya atau bahkan dapat menetap dan tidak berkurang, sehingga hal ini dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari jika dirasakan cukup lama.

Banyak penyebab yang dapat mempengaruhi terjadinya rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Penyebab kesemutan dan mati rasa pada tangan

Banyak penyebab yang dapat mempengaruhi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan, antara lain:

  1. Sindroma kompresi saraf

Merupakan suatu penyakit akibat terjepitnya (kompresi) saraf yang mempersarafi area tangan, sehingga menyebabkan peradangan dan gangguan fungsi saraf serta menimbulkan keluhan rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan. Hal sering terjadi pada penyakit,seperti carpal tunnel syndrome, kelumpuhan saraf ulnaris, kelumpuhan saraf peroneal, dan kelumpuhan saraf radial.

  1. Diabetes Melitus

Hampir 30% penderita diabetes sering mengalami rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan. Hal ini berawal dari rasa kesemutan pada bagian kaki lalu kemudian dirasakan pada tangan.

Seiring berjalannya waktu terkadang rasa kesemutan dapat dirasakan semakin berat. Hal ini terjadi akibat tingginya kadar gula didalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf.

  1. Kekurangan Vitamin

Perlu diketahui, asupan vitamin E dan vitamin B sangat penting untuk menyokong fungsi saraf dengan baik.

Apabila asupan vitamin ini berkurang, maka fungsi saraf terganggu dan menyebabkan keluhan kesemutan dan mati rasa pada tangan.

  1. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid dapat terjadi ketika kelenjar tiroid pada leher yang berfungsi untuk menghasilkan hormon tidak dapat berjalan dengan baik. Hal itu akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh dan memproduksi terlalu sedikit hormon.

Hormon pada tubuh yang terlalu sedikit akan membuat seseorang mudah mengalami kesemutan di tangan. Penyebab tangan sering kesemutan ini biasanya disertai dengan gejala penyakit lain yang cukup serius.

  1. Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal kronis akan menunjukkan gejala secara perlahan. Gejala kesemutan sering kali muncul saat penderita sudah mengalami risiko penyakit ginjal yang cukup berat. Rasa kesemutan pada tangan disertai dengan anemia (kurang darah), muntah, nyeri otot dan lain-lain.

  1. Alkoholisme

Orang yang suka mengonsumsi alkohol cenderung mengalami kekurangan tiamin atau vitamin penting lainnya, diakibatkan karena asupan nutrisi yang kurang sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan saraf, dan menimbulkan keluhan kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Apa yang  harus dilakukan jika mengalami kesemutan dan mati rasa pada tangan?

Segeralah konsultasi ke dokter jika anda mengalami keluhan ini untuk mencari tahu penyebabnya, sehingga anda dapat mengatasi keluhan ini dengan baik.

5 Cara efektif untuk mengurangi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan

  1. Olahraga

Melakukan olahraga rutin setiap 2-3 kali seminggu dapat membantu meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh terutama meningkatkan aliran darah ke tangan, dengan meningkatnya aliran darah ini dapat membantu mengurangi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Selain melakukan olahraga rutin, melakukan peregangan pada tangan dapat membantu mengurangi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan,seperti contoh gambar berikut:

Cara Peregangan untuk mengurangi keluhan tangan kebas

sumber: Ortho El Paso

Peregangan pada tangan dapat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat membantu mengatasi kesemutan ringan. Mulailah secara perlahan-lahan, dan segera hentikan jika terasa nyeri.

Lakukan gerakan seperti diatas sebanyak 5 siklus secara perlahan-lahan, ulangi 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan latihan peregangan tersebut di atas.

  1. Kurangi gerakan pergelangan tangan

Kurangi aktivitas yang banyak menggunakan tangan dan pergelangan tangan, misalnya mengangkat beban berat. Melakukan aktivitas yang banyak menggunakan tangan dan pergelangan tangan dapat memperberat keluhan kesemutan dan mati rasa pada tangan. Selain itu anda dapat menggunakan splint atau penyangga tangan untuk membatasi gerakan pada tangan sehingga dapat membantu mengurangi keluhan anda.

Penyangga Tangan atau Splint untuk mengurangi tangan kebas

sumber: flex free

  1. Istirahatkan tangan

Sering-seringlah beristirahat dari aktivitas yang menyebabkan gerakan berulang, seperti mengetik  dengan komputer, bermain gitar atau bermain piano.

Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak saat Anda melakukan kegiatan tersebut. Regangkan jari-jari dan tangan Anda agar aliran darah lebih lancar. Segera hentikan aktivitas yang Anda lakukan apabila nyeri dan kesemutan timbul.

  1. Gunakan postur yang benar saat duduk

Biasanya orang-orang memiliki kebiasaan yang buruk saat duduk terutama saat  bekerja, yaitu sering membungkuk dalam waktu yang lama. Rubahlah kebiasaan buruk ini dengan membiasakan untuk duduk dengan posisi tegap. Posisi yang benar dapat membantu Anda mengatasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Selain postur tubuh yang baik, mengubah kebiasaan cara mengetik saat bekerja dapat membantu mengatasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Berikut contoh postur tubuh yang baik dan cara mengetik yang benar saat bekerja:

postur tubuh yang benar saat duduk dalam bekerja

"Postur tubuh yang baik saat bekerja"

sumber: soloabadi.com

posisi ergonomis saat mengetik

"Cara Mengetik yang Baik"

sumber: pinterest.com

  1. Pemeriksaan rutin ke dokter

Jika anda mempunyai penyakit yang dapat menyebabkan gangguan fungsi saraf, seperti diabetes, penyakit ginjal, atau penyakit lainnya. Rutinlah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini dapat membantu agar anda dapat mengontrol kadar gula atau penyakit lainnya dengan baik.

Jika anda mempunyai penyakit diabetes, rutin lah untuk mengonsumsi obat diabetes agar gula darag anda terkendali, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan saraf dan timbulnya keluhan kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Selain 5 cara diatas, anda dapat mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi keluhan rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan. Obat-obatan yang dianjurkan adalah:

Mengonsumsi vitamin seperti vitamin B6, B12, dan vitamin E dapat membantu anda mengatasi keluhan rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan, dikarena vitamin ini dapat membantu menyokong fungsi saraf. Rutinlah konsumsi vitamin, jika anda mempunyai keluhan kekurangan vitamin. Selain mengonsumsi vitamin, anda juga bisa dapatkan dari mengonsumsi makanan seperti daging, sayuran dan telur.

  • Obat-obatan Anti Nyeri atau Anti Radang

Obatan-obatan Anti Nyeri atau Anti Radang dapat membantu anda mengatasi keluhan peradangan dan nyeri akibat kompresi saraf pada tangan. Sehingga hal ini juga dapat membantu mengatasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan.

Pengobatan di Klinik Flex Free

Klinik Flex Free dapat membantu anda mengatasi keluhan mati rasa dan kesemutan anda. Konsultasi terlebih dahulu ke dokter kami agar anda mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebab kesemutan dan mati rasa pada tangan anda.

Tindak yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Terapi Laser

Terapi laser untuk tangan kebas

sumber: flex free.com

Laser merupakan singkatan dari Light Amplification of Stimulated Emissions of Radiation. Tindakan laser ini dapat membantu anda mengatasi peradangan dan kesemutan akibat kompresi saraf pada tangan.

Biaya terapi laser di klinik Flex Free kurang lebih Rp.150.000,- per kali terapi.

  1. Tindakan Injeksi

Tindakan injeksi yang dapat dilakukan yaitu injeksi kortikosteroid. Injeksi kortikosteroid dapat membantu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa kesemutan akibat kompresi saraf pada tangan.

Hasil penelitian menunjukkan injeksi kortikosteroid efektif untuk terapi jangka panjang.  

Biaya tindakan injeksi kortikosteroid di klinik Flex Free kurang lebih Rp.1.000.000,- per kali tindakan.

 

 

 

 

 

Referensi:

  • Flex Free. Suplemen dan Vitamin untuk Saraf. 2023
  • Flex Free. Berbagai Penyebab Tangan Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya. 2022
  • Healthline. 6 Best Supplements for Neuropathy. 2023
  • Web Md. Tingling in Hand and Feet. 2023

 

 

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561