9 PENYEBAB NYERI PUNGGUNG BAWAH TERSERING DAN TERAPINYA

Selasa, 02 Juli 2024
dr. Bella Pricylla J
Selasa, 02 Juli 2024
dr. Bella Pricylla J

Nyeri punggung bawah merupakan suatu kondisi dimana punggung bagian bawah mengalami nyeri yang dapat menganggu aktivitas penderita.

Nyeri punggung bawah dapat bersifat ringan atau berat bergantung dari penyebab yang mendasarinya. Bahkan pada beberapa penyebab nyeri punggung bawah dapat menyebabkan penderita menjadi sulit berjalan, sulit untuk tidur, serta bekerja.

Banyak penyebab nyeri punggung bawah yang dapat terjadi, meliputi cedera yang mengenai punggung bawah atau akibat saraf kejepit.

Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui kemungkinan penyebab nyeri punggung bawah lainnya yang mungkin dapat terjadi pada anda.

Bacalah artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab nyeri punggung bawah tersering.

9 Penyebab Nyeri Punggung Bawah Tersering

  1. Ketegangan otot punggung atau keseleo

Ketegangan otot punggung atau keseleo biasanya terjadi secara tiba-tiba, atau terjadi secara bertahap akibat penggunaan otot punggung yang berlebihan atau akibat gerakan yang repetitif.

Ketegangan otot punggung terjadi ketika otot terlalu teregang dan akhirnya mengalami robekan, sehingga dapat merusak otot itu sendiri.

Sedangkan pada keseleo, biasanya mengenai ligament yang terdapat pada punggung. Dimana ligament terlalu teregang secara berlebihan hingga akhirnya menyebabkan ligament itu sendiri mengalami robekan.

Biasanya penyebab nyeri punggung akibat ini umumnya disebabkan oleh :

  • Mengangkat beban yang berat, atau salah posisi saat mengangkat beban (posisi memutar)
  • Jatuh atau mengalami cedera yang mengenai punggung bagian bawah
  • Postur tubuh yang buruk
  • Cedera saat berolahraga

Biasanya keluhan nyeri punggung bawah akibat hal ini menimbulkan keluhan nyeri sangat berat dan bersifat akut.

  1. Herniasi Lumbal Diskus (Saraf Kejepit)

herniasi diskus penyebab nyeri punggung bawah

sumber : https://prospinepain.com

Salah satu penyebab nyeri punggung bawah tersering adalah herniasi lumbal diskus, biasanya keluhan akibat herniasi lumbal diskus bersifat kronik atau jangka panjang.

Lumbal diskus merupakan bagian tengah sumsum tulang belakang yang berbentuk seperti bantalan atau jeli.

Herniasi lumbal diskus merupakan kondisi dimana bantalan tersebut menembus lapisan luar yang keras dan mengiritasi saraf yang berada di sekitarnya.

Teriritasinya saraf akibat herniasi dapat menyebabkan terjadinya proses peradangan pada sekitarnya serta dapat menekan serabut saraf tersebut dan menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah yang cukup menganggu. Dharapkan untuk selalu memperhatikan keluhan yang anda rasakan, apakah terdapat tanda-tanda kondisi menjadi lebih berat.

  1. Penyakit Degeneratif Diskus

Saat dilahirkan, diskus (bantalan) tulang belakang tubuh kita terbentuk dalam keadaan baik dan mengandung air yang cukup. Diskus tulang belakang kita banyak mengandung air.

Tetapi, terkadang dengan seiring bertambahnya usia bantalan tulang belakang dapat menjadi aus atau mulai menipis akibat kandungan air didalamnya berkurang.

Saat diskus mulai menipis, maka tubuh akan menjadi lebih sulit untuk menahan tekanan pada tulang belakang dengan baik, sehingga diskus akan memindahkan tekanan tersebut kearah dinding diskus yang akhirnya dapat menyebabkan robekan dan menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah dan juga menyebabkan herniasi diskus. Selain herniasi, diskus juga dapat collapse dan menyebabkan stenosis.

  1. Sindrom Sendi Facet

Sendi facet merupakan sendi penstabil kecil yang terletak diantara tulang belakang pada setiap segmen tulang belakang.

Sendi ini memiliki tulang rawan di antara tulang-tulang dan dikelilingi oleh ligament, yang dipersarafi oleh saraf. Sendi-sendi ini dapat terasa nyeri dengan sendirinya, atau bersamaan dengan nyeri diskus.

Biasanya orang dengan sindrom sendi facet mengeluh mengalami kekakuan pada punggung bagian bawah, sehingga mereka mengalami kesulitan untuk memutarkan tubuh ke kiri ataupun ke kanan.

Pada orang dengan sindrom sendi facet biasanya sering berjalan dengan membungkuk. Gejala spesifik bergantung dari lokasi sendi yang terkena ada serabut saraf yang terpengaruhi.

  1. Gangguan pada sendi sakroiliaka

Sendi sakroiliaka merupakan sendi yang menghubungkan tulang panggul dengan tulang ekor.

Sendi ini merupakan persendian yang kuat dan tidak banyak melakukan pergeraka. Bagian ini membantu meredamkan guncangan antara tubuh baguan atas dengan tubuh bagian bawah.

Sendi sakroiliaka dapat terasa nyeri jika mengalami peradangan yang disebut dengan sakroiliitis. Tetapi biasanya keluhan yang muncul dominan nyeri di sekitar bokong.

  1. Stenosis spinal

Merupakan kondisi dimanan ruang di dalam tulang belakang menyempit sehingga menimbulkan tekanan pada sumsum tulang belakang dan akar saraf.

Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah bergantung dari lokasi penyempitannya.

Selain nyeri punggung bawah, pada beberapa penderita juga mengeluhkan peras kebas, kesemutan, serta kelemahan otot. Keluhan ini dapat memburuk seiirign berjalannya waktu.

Stenosi spinal tidak hanya dapat terjadi bagian bawah punggung saja, tetapi juga dapat terjadi pada bagian sumsum tulang area leher.

  1. Spondylolisthesis

Spondylolisthesis merupakan kondisi dimana salah satu tulang belakang bergeser dari posisi normalnya. Penyebab tersering Spondylolisthesis adalah akibat kelainan bawaan lahir atau akibat cedera tulang belakang.

Penyebab nyeri punggung bawah ini berbeda dengan herniasi lumbal diskus, pada spondylolisthesis yang bergeser adalah tulangnya sedangkan pada herniasi lumbal diskus adalah bantalan sumsum tulangnya.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi yang diakibatkan oleh ausnya atau menipisnya bantalan tulang belakang dan sendi facet.

Kondisi ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah , peradangan, ketidakstabilan sendi, serta stenosis (penyempitan) pada tingkat yang bervariasi.

Penyebab nyeri punggung bawah akibat osteoarthritis ini biasanya sering dihubungkan akibat proses penuaan.

  1. Deformitas (Perubahan Bentuk)

Penyebab nyeri punggung bawah dapat terjadi akibat perubahan bentuk dari tulang punggung. Contoh penyebab nyeri punggung bawah akibat kondisi ini adalah skoliosis atau kifosis.

    10.Fraktur Kompresi

Fraktur kompresi merupakan kondisi dimana tulang belakang mengalami patah tulang atau retak kecil.

Salah satu penyebab nyeri punggung bawah yang sering ditemukan osteoporosis (pengeroposan tulang) dan lanjut usia.

Hal ini sering dikaitkan akibat kelemahan tulang yang ditemukan akibat proses penuaan.

Terapi Penyebab Nyeri Punggung Bawah di Klinik Flex Free

Klinik Flex Free dapat membantu anda mengatasi keluhan penyebab nyeri punggung bawah anda.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kami, untuk mendapatkan terapi  yang sesuai dengan penyebab nyeri punggung bawah anda.

Berikut terapi yang mungkin dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung bawah anda :

terapi eswt untuk mengatasi nyeri punggung bawah

sumber : https://appiclinics.com

Terapi ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy) merupakan prosedur non-invasif yang menggunakan gelombang kejut untuk merangsang proses penyembuhan pada area yang terkena.

Menurut para peneliti, terapi ESWT efektif dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan hasil fungsional pada pasien dengan nyeri punggung bawah.

Terapi ESWT jarang menimbulkan efek samping yang signifikan, karena terapi ESWT termasuk tindakan minimal invasif, tanpa memerlukan tindakan pembedahan, serta pemerluan tindakan bius sebelum dilakukan terapi ini.

Estimasi biaya yang dikeluarkan per kali terapi lebih kurang Rp.500.000.

terapi dekompresi spinal untuk mengatasi nyeri punggung bawah

Salah satu terapi pengobatan tanpa operasi terbaik untuk mengatasi keluhan saraf kejepit pada tulang belakang.

Jenis traksi ini berbeda dengan jenis traksi biasanya. Jenis traksi dengan triton ini mempunyai program tarikan yang sangat presisi dan akurat, sehingga dapat mengurangi tekanan yang berlebihan pada tulang belakang dan dapat mengurangi keluhan nyeri punggung bawah dan kebas pada akibat saraf kejepit.

Selain itu, prosedur  ini dapat membantu proses penyembuhan dengan cara mempercepat proses regenerasi saraf tulang belakang.

Waktu terapi yang dibutuhkan menggunakan Triton-DTS ini adalah sekitar 15-20 menit dapat dilakukan 3-4 kali/minggu untuk hasil yang efektif, dengan frekuensi terapi 6-10 kali biasanya pasien sudah merasakan perubahan pada keluhan.

Estimasi biaya yang dikeluarkan per kali terapi lebih kurang Rp.500.000.

Efektivitas yang dirasakan pada setiap penderita berbeda-beda, hasil klinis menunujukkan terapi jenis ini efektif lebih dari 75% pada penderita.

Rencana lama terapi yang dibutuhkan sebaiknya dikonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik.

  • Injeksi Anti Radang

Injeksi anti radang dapat membantu mengatasi keluhan nyeri punggung bawah akibat peradangan pada bagian yang terkena saraf kejepit.

Injeksi anti radang merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi keluhan nyeri akibat saraf kejepit yang bersifat kronik (sudah lama).

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk Injeksi Anti Radang ?

Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali terapi injeksi anti radang kurang lebih Rp.1.000.000,- Rp.1.500.000,- per kali injeksi.

 

 

 

 

Referensi :

  • https://shockwavecanada.com/extracorporeal-shock-wave-therapy-decodes-back-pain/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/spinal-stenosis/symptoms-cause
  • https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/f/facet-joint-syndrome.html
  • https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/causes-lower-back-pain

 

 

 

 

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561