CTS, Biang Keladi Ujung Jari Tangan Kesemutan dan Baal

Senin, 13 Juli 2015
dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Senin, 13 Juli 2015
dr. Aditya Wahyudi, SpKFR

Mengapa saya sering alami ujung jari tangan kesemutan Dok?

Penyebab ujung jari tangan kesemutan dan baal bisa bermacam-macam, salah satu kemungkinan adalah CTS. CTS singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome, atau Sindroma Terowongan Karpal.

Untuk memastikan diagnosis, dokter harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Apa itu CTS?

CTS adalah suatu kondisi yang cukup sering yang menyebabkan munculnya rasa baal (mati rasa), kesemutan, kelemahan dan masalah lainnya di tangan Anda.

Saraf yang berfungsi mengatur pergerakan dan sensasi (rasa) pada ibu jari hingga jari manis adalah saraf medianus.

Saraf medianus memanjang dari lengan ke tangan melewati sebuah terowongan yang disebut dengan terowongan carpal (carpal tunnel). Pada CTS, saraf medianus terjepit di terowongan tersebut.

Jika terjepit, aliran listrik saraf terganggu dan sinyal saraf  akan ‘error’, yang akan dirasakan sebagai ujung jari tangan kesemutan, padalah penyakit yang sebenarnya bukan di jari Anda.

Apa yang saya rasakan bila menderita CTS?

Anda akan mengalami mulai ujung jari tangan kesemutan sampai pergelangan tangan seperti ada listrik disertai baal, tebal dan nyeri di terutama di ibu jari, telunjuk, jari tengah dan setengah jari manis.

Ujung jari tangan kesemutan ini dapat terasa hilang timbul atau terus menerus. Kadang dengan menggoyangkan tangan dapat membuat gejala berkurang.

Gejala sering terasa lebih berat setelah bekerja dengan tangan (misalnya mencuci piring, memasak) dan terasa sebagai nyeri di jari tangan yang membuat terbangun dari tidur pada malam hari.

Jika lebih berat lagi, otot-otot tangan dapat menjadi lemah. Misalnya jadi sulit menggenggam benda-benda kecil.

ctscts

Mengapa bisa terjadi CTS?

Jepitan saraf medianus di terowongan karpal dapat terjadi karena berbagai sebab. 

Bisa karena gerakan menekuk pergelangan tangan yang berulang-ulang seperti pada penjahit, pemusik, montir atau ibu rumah tangga yang memasak dan mencuci baju dengan tangan.

Bisa juga karena penyebab lain yang lebih serius seperti pembengkakan tendo otot, tumor, penyakit saraf tertentu, penebalan tulang, dan lain sebagainya.

Apa yang harus saya lakukan jika menderita CTS?

Anda harus diperiksa oleh dokter yang mengerti benar soal CTS.

Pertama dokter akan memeriksa apa benar itu CTS. Jika benar, dokter akan mencari penyebab CTS dan mengatasinya.

CTS adalah salah satu penyakit yang sehari-hari ditangani dokter di Klinik Flex-free.

Apa yang saya dapat lakukan sehari-hari?

Tangan yang terkena CTS harus diistirahatkan selama beberapa minggu. Hindari gerakan menekuk pergelangan tangan berulang-ulang ketika memasak dan mencuci dengan tangan. 

Anda harus menjaga pergelangan tangan tetap lurus saat mengetik atau menggunakan mouse komputer.

Saya pernah melihat orang memakai sarung tangan khusus. Apakah berguna?

Ya. Sarung tangan khusus itu membatasi gerak menekuk pergelangan tangan. Dapat Anda gunakan saat beraktifitas sehari-hari (memasak, mengetik) dan saat tidur (menjaga pergelangan tangan tetap lurus saat tidur untuk mencegah nyeri di malam hari).

Jika gejala CTS anda masih ringan, hanya terasa sebagai kesemutan dan kadang nyeri di malam hari saja, Anda dapat menggunakan bidai tangan yang terbuat dari kertas kardus, karton keras atau penggaris plastik yang dipakai hanya saat tidur.

 

cts

cts

 

Apakah saya harus mengkonsumsi obat?

Ya. Biasanya anda akan diberikan obat-obat anti radang/nyeri dan vitamin saraf.

Obat anti radang/nyeri harus diberikan atas petunjuk dokter karena jika dikonsumsi jangka lama memiliki efek samping.

Dokter akan menentukan dosis yang tepat dengan menimbang risiko dan kegunaannya.

Apakah boleh saya meminum jamu asam urat dan rematik atau obat herbal untuk nyeri?

Tidak boleh, karena:

  • CTS bukan asam urat atau rematik dan bukan penyakit yang sembuh hanya dengan minum obat dokter atau jamu atau obat herbal.
  • Sebagian besar jamu asam urat dan rematik isinya bukan jamu, tetapi campuran obat anti radang dan steroid.

Jika dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan banyak efek samping, seperti luka lambung, keropos tulang, daya tahan tubuh menurun, jamur kulit, dan masih banyak lagi.

Waspadai jamu yang sudah berbentuk pil atau sacchet.

Salah satu tanda jika jamu yang anda konsumsi mengandung obat nyeri kuat adalah jika langsung memberikan efek hilang nyeri dalam waktu ½-1 jam setelah diminum.

Apa lagi yang bisa dilakukan untuk CTS saya?

Ada beberapa metode rehabilitasi medik yang bisa dilakukan:

  • Terapi laser. Laser energi rendah dapat mengurangi nyeri, peradangan dan sering dapat lebih efektif daripada injeksi steroid.
  • Phonophoresis. Ini adalah cara memasukkan krim kortikosteroid ke dalam tubuh menggunakan gelombang suara (ultrasound). Terapi dengan ultrasound itu juga dapat menambah aliran darah ke saraf medianus yang terjepit.
  • Mobilisasi saraf medianus. Artinya saraf medianus yang terjepit dan bengkak digerakkan untuk mencegah perlengketan dengan jaringan sekitarnya yang dapat membuat jepitan semakin parah.

Dilakukan dengan gerakan lengan atas tertentu, gerakan pergelangan tangan dan beberapa pijatan di sekitar pergelangan tangan.

Apa saya perlu disuntik?

Ada dua macam suntikan yang dapat dilakukan untuk CTS.

  • Suntikan steroid. Tujuannya mengurangi radang dan bengkak. Disuntik ke dalam terowongan karpal, bisa dengan bantuan USG atau tanpa USG.

Bisa diulang hingga 3 kali dengan jeda waktu tergantung obat apa yang disuntikkan.

  • Hydrodissection of median nerve. Ini adalah suntikan khusus. Penjelasan ada di bagian selanjutnya.

Apa CTS saya perlu dioperasi?

Tergantung pada penyebab CTS dan seberapa berat CTS sudah terjadi.

Misalnya, jika penyebab CTS adalah tumor yang menjepit saraf medianus, dari awal tentu pengobatan seharusnya adalah operasi pengangkatan tumor.

Jika penyebab CTS anda adalah penyebab ‘biasa’, maka operasi dilakukan jika tingkat jepitan sudah berat atau tidak dapat diatasi dengan obat, rehabilitasi medis dan injeksi.

Operasi ini melepaskan saraf medianus dari perlekatan dengan jaringan sekitar dan mengurangi tekanan oleh ligamen karpal yang menebal.

Apa itu hydrodissection?

Hydrodissection adalah pelepasan saraf dari perlekatan dengan jaringan sekitar menggunakan cairan yang disuntikkan dengan bantuan visualisasi USG.

Cairan yang disuntikkan bisa cairan garam fisiologis, obat baal, anti radang dan bisa juga zat yang merangsang perbaikan jaringan saraf.

Hydrodissection bisa menjadi pilihan alternatif lain dari operasi pada kasus CTS yang ‘biasa’, jika Anda tidak mau dioperasi. Dokter di Klinik Flex-free dapat melakukan hydrodissection dengan bantuan visualisasi USG, sehingga dapat menangani gejala CTs berupa ujung jari tangan kesemutan dan baal.

Demikian pilihan terapi untuk CTS dengan gejala ujung jari tangan kesemutan dan baal.

Baca Informasi lengkapnya di Informasi penyakit tentang Carpal Tunnel Syndrom.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya