Fisioterapi Saraf kejepit di Pinggang

18 Mei 2020 , dr. Gaby Venera
18 Mei 2020
dr. Gaby Venera

Nyeri pinggang sering terjadi karena faktor degeneratif seiring bertambahnya usia, postur tubuh yang kurang baik, berat badan berlebih (obesitas), pekerjaan, kehamilan, genetik, gaya hidup yang tidak sehat, atau adanya riwayat trauma sebelumnya.

Penyebab nyeri pinggang yang paling sering terjadi adalah saraf terjepit (Herniated Nuscleus Pulposus (HNP)) yang diiringi spasme otot sekitar area yang terjepit tersebut. Salah satu pengobatannya adalah fisioterapi saraf kejepit yang dilakukan oleh dokter atau fisioterapis.

Apa yang perlu dilakukan saat muncul nyeri pinggang mendadak?

Saat muncul nyeri akut yang mendadak, hal ini dapat anda lakukan di rumah:

  1. Mengistirahatkan diri terutama dari kegiatan fisik yang dapat memperburuk nyeri pinggang seperti duduk lama, menyetir jauh, posisi sering membungkuk, mengangkat benda berat, dan gerakan memutar tubuh.
  2. Aplikasikan kompres es selama 15 menit setiap 1-2 jam pada daerah nyeri, teraba hangat, dan otot teraba keras dan kaku. Kompres hangat dilakukan 48 jam setelah nyeri akut muncul.
  3. Tidak dianjurkan untuk melakukan pemijatan/pengurutan karena akan membahayakan dan meningkatkan iritasi dari saraf yang terjepit
  4. Minum obat pereda nyeri golongan Obat Anti-Inflamasi Non Steroid (OAINS) seperti Ibuprofen, Naproxen Sodium, Natrium Diclofenac. Obat ini diminum maksimal selama 5 hari nyeri akut muncul. Obat diminum setelah makan, hentikan konsumsi obat apabila terdapat nyeri lambung yang parah atau buang air besar berwarna hitam.
  5. Tidur dalam posisi yang nyaman. Pastikan tempat tidur tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Gunakan bantal kecil di bawah kepala. Apabila tidur dalam posisi terlentang, pakai bantal di bawah lutut. Apabila tidur posisi miring, berikan bantal di antara paha.

posisi tidur yang benar

  1. Saat bangun dari tempat tidur, miringkan tubuh terlebih dahulu ke samping kiri atau kanan. Turunkan kaki anda dari tempat tidur dan mulai duduk. Setelah itu baru anda berdiri.

Kapan harus ke dokter?

Apabila pinggang dirasakan sangat nyeri ditambah adanya rasa kesemutan yang menjalar dan tidak membaik dengan terapi di rumah, ada baiknya anda mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis rehabilitasi medik terutama subspesialis muskuloskeletal (otot, tulang, sendi).

Dokter akan menanyakan riwayat medis, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti CT-scan atau MRI. Pemeriksaan penunjang dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab nyeri pinggang, menentukan posisi HNP secara pasti, serta menentukan derajat keparahan HNP sehingga dapat menentukan penatalaksanaan yang tepat.

Setelahnya, dokter rehabilitasi medik akan menentukan mengedukasi, memberikan obat anti nyeri apabila diperlukan, menentukan fisioterapi (jenis, frekuensi, energi) dan olahraga (frekuensi, intensitas, durasi) yang tepat untuk anda. Program fisioterapi akan dikerjakan oleh para fisioterapis yang sudah tersertifikasi.

Penanganan saraf terjepit oleh dokter

Terapi konservatif/non bedah

  1. Edukasi

Anjuran untuk beristirahat dan mengurangi aktivitas fisik yang memperburuk rasa nyeri. Selain itu, terapkan postur tubuh yang tepat saat beraktivitas dan gaya hidup yang sehat.

  1. Fisioterapi saraf kejepit

Tujuan pemberian fisioterapi ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri, meningkatkan relaksasi otot, memperbaiki gerak otot dan persendian, mengurangi pembengkakan otot, serta mengurangi keperluan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri. Modalitas terapi yang diberikan antara lain :

  • Terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), terapi laser, atau ultrasound untuk mengurangi rasa nyeri dan melemaskan otot yang spasme.
  • Program traksi dengan menggunakan Triton-DTS untuk melepaskan penjepitan saraf secara perlahan. Program traksi ini dilakukan sesuai dengan tempat penyempitan dan derajat keparahan penjepitan. Terapi ini adalah fisioterapi saraf kejepit terkini yang dapat membantu penyembuhan.
  1. Obat pereda nyeri

Pereda nyeri diberikan jika terdapat nyeri yang sangat mengganggu, dapat diberikan secara oral untuk diminum atau diberikan melalui suntikan apabila nyeri dirasakan sangat hebat dan mengganggu.

  1. Latihan peregangan dan penguatan otot pinggang dan punggung

Lakukan latihan peregangan (stretching) dan penguatan otot (strengthening) secara teratur. Latihan secara teratur akan meningkatkan mobilitas dan kekuatan otot, mengurangi kekakuan otot, mengurangi keparahan dan durasi nyeri, meminimalkan rekurensi.

Berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan latihan yang sesuai, serta menentukan frekuensi, intensitas, dan durasi latihan yang perlu dilakukan setiap hari agar mencapai hasil maksimal.

Stretching

Latihan stretching akan mengurangi tegangan pada otot pinggang dan punggung sehingga mengurangi rasa nyeri, meningkatkan mobilitas dan rentang gerak, dan mengurangi risiko mengalami disabilitas akibat nyeri pinggang. Terdapat 2 macam atihan stretching untuk pinggang dan punggung yaitu metode McKenzie dan metode William Flexion.

  • Metode McKenzie

metode McKenzie

  • Metode William Flexion

fisioterapi saraf kejepit

Strengthening

Latihan strengthening dapat dilakukan bersamaan dengan latihan stretching apabila sudah tidak terdapat nyeri akut.  Latihan strengthening adalah satu-satunya latihan yang dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, ketahanan otot dan keseimbangan secara sekaligus.

Saat resistensi latihan ditingkatkan maka dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak, menurunkan lemak tubuh, dan meningkatkan kapasitas kerja. Namun program latihan ini perlu ditingkatkan secara perlahan untuk mencegah terjadinya trauma. Latihan strengthening HNP dapat diberikan untuk area pinggang punggung serta core stability exercise.

  1. Bird Dog

posisi bird dog

Tahan posisi bird dog selama 2-3 detik. Lakukan pada 2 sisi dengan 10 pengulangan pada masing-masing sisi.

  1. Bridge

posisi glute bridge

Tahan 10-15 detik pada posisi bridge. Lakukan 10 pengulangan.

  1. Prone Leg Raises

posisi prone alternating leg raises

Tahan posisi kaki selama 3 detik, lakukan 15 pengulangan untuk masing-masing kaki. Diulang sebanyak 2-3 set.

  1. Plank

posisi plank

Tahan posisi selama 30-60 detik, lakukan pengulangan sebanyak 2-5 pengulangan.

  1. Side Plank

posisi side plank

Tahan posisi selama 30 detik-1 menit. Lakukan 3 kali pada masing-masing sisi.

  1. Dead Bug

posisi dead bug

Pinggang, lutut, dan kaki dalam posisi 90 derajat. Lakukan masing- masing 20-30 pengulangan.

Latihan di atas dapat dilakukan di rumah. Namun, apabila rasa nyeri atau area nyeri dirasakan bertambah parah, hentikan latihan dan konsultasikan pada dokter anda.

  1. Brace pinggang (lumbar brace)

Gunakan brace pinggang saat berjalan jauh dan banyak beraktivitas. Brace pinggang dipakai maksimal 5 jam dalam sehari. Ada beberapa macam tipe brace pinggang, konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu sebelum membelinya.

Terapi bedah

Terapi bedah dilakukan apabila terapi secara konservatif tidak memberikan hasil maksimal. Tindakan bedah dapat berupa pengangkatan herniasi diskus (discectomy), penggabungan tulang belakang (spinal fusion), atau mengangkat bagian tulang belakang dan mengurangi tekanan pada saraf (laminektomi). Setelah dilakukan bedah masih dibutuhkan fisioterapi saraf kejepit sesuai petunjuk dokter.

 

 

 

 

Referensi :

  1. Dresinger TE. Exercise in the Management of Chronic Back Pain. Ochsner J. 2014. 14 (1) : 101-107.
  2. De Oliveira IO, Pinto LLS, de Oliveira MA, Cêra M. Review article : McKenzie Method for Low Back Pain. Rev Dor. 2016; 17 (4) : 303-6.
  3. https://uhs.berkeley.edu/sites/default/files/LowBackPain.pdf
  4. https://mayfieldclinic.com/pe-exer.htm
  5. https://backintelligence.com/exercises-to-strengthen-lower-back/
  6. https://www.physiotherapy-treatment.com/williams-flexion-exercises.html

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Hernia Nucleus Pulposus? Tulang belakang terdiri dari 33 buah tulang dan diantara terdapat suatu ba

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: spinecare.luminhealth.com Saraf terjepit adalah istilah untuk gejala sensasi tidak nyaman, n

ARTIKEL KESEHATAN

Seringkali Anda bingung dengan keluhan nyeri yang tiba-tiba timbul dan pada akhirnya mengganggu aktivitas Anda

ARTIKEL KESEHATAN

Ketika mendengar istilah saraf kejepit, apa yang ada dalam pikiran Anda? Mungkin keluhan nyeri, kesemutan,

Informasi CS Hub. 085858646477