Cara Mengobati Plantar Fasciitis (nyeri pada telapak kaki) yang Wajib Anda Ketahui!

16 November 2021 , Klinik Flex-Free
16 November 2021
Klinik Flex-Free

Penyakit ini sering disebut juga dengan plantar fasciitis, umumnya dialami oleh orang dengan usia di atas 40 tahunan. Penyakit ini disebut juga dengan cedera kaki pada bagian tumit hingga ujungnya. Tidak heran jika banyak yang mencari tahu terkait bagaimana cara mengobati plantar fasciitis.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengobati plantar fasciitis yang tepat untuk membuat rasa sakitnya berkurang. Perlu diketahui terlebih dahulu penyebab utama dan juga faktor lain yang membuat penyakit ini menyerang bagian kaki. Setelah itu perlunya tindakan yang tepat agar rasa sakit ini tidak menyebar.

Plantar Fasciitis Cara Mengobati Plantar Fasciitis yang Tepat!

Sebelum lanjut ke tahap pengobatan Anda perlu tahu terlebih dahulu pengertian dari penyakit ini. Penyakit plantar fasciitis adalah suatu peradangan atau cedera yang terjadi pada bagian bawah kaki atau sel kaki. Bentangannya melalui tumit sampai dengan ujung jari kaki. Jaringan ini biasanya memiliki kontribusi terhadap penyangga atau tumpuan ketika berdiri.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh sobekan yang terjadi pada jaringan kaki lain yang dapat menimbulkan rasa sakit. Sehingga membutuhkan cara mengobati plantar fasciitis yang tepat.

Penyakit ini kebanyakan dialami oleh orang dengan usia lanjut namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada anak muda. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dengan faktor-faktor berikut ini.

Jadi untuk Anda yang memang sering melakukan aktivitas fisik dengan beban tumpuan kaki berlebih juga harus waspada. Bukannya tidak boleh namun harus diimbangi dengan peregangan otot, sendi dan istirahat yang cukup. Tujuannya untuk memulihkan kaki agar tidak merasa membawa beban berat terlalu lama.

Penyakit ini datangnya juga tidak dengan permisi biasanya penderita langsung merasakan rasa panas dan sakit di telapak kaki. Bisa juga yang datangnya secara perlahan tidak langsung keseluruhan namun berhenti di bagian tumit kakinya saja.

  Bagaimana, Tahu Cara Mengobati Plantar Fasciitis? Jika Penyebabnya Tidak Tahu.

Anda perlu tahu beberapa penyebab munculnya penyakit ini dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari atau aktivitas rutin harian. Semakin besar resiko maka dibutuhkan antisipasi yang tepat agar penyakit ini tidak menyerang.

Setelah mengenal pengertian dari penyakit tersebut, Anda bisa lanjut untuk melihat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab penyakit  sebagai berikut:

    1. Pemakaian sepatu

Pemilihan sepatu yang tidak tepat terutama pada bagian solnya ternyata juga bisa memicu terjadinya penyakit plantar fasciitis ini. Hal ini dikarenakan tidak ada topangan yang baik pada area kaki di bagian solnya. Anda butuh sol sepatu yang lebih tegak jangan yang terlalu lunak serta bisa menopang kaki dengan baik.

Pemilihan sepatu memang sangat penting untuk semua orang terkait kenyamanan sol dan juga pijakannya. Bukan hanya itu bagi perempuan yang terlalu sering menggunakan sandal dengan hak tinggi dalam waktu yang terlalu lama juga bisa memicu terjadinya penyakit ini.

Anda bisa meminimalisir penggunaan sepatu dengan hak tinggi paling tidak untuk acara yang berlangsung sangat lama. Apalagi Anda diharuskan berdiri pada acara tersebut. Hal ini membuat kaki mendapatkan beban yang terlalu banyak.

    2. Adanya penyakit lainnya

Penyebab kedua faktor munculnya penyakit ini, karena adanya penyakit lain yang menyerang seperti halnya ankylosing spondylitis yang sudah akut akan merambah ke bagian plantar fasciitis.

Perlu dipahami bahwa adanya penyakit bawaan atau penyakit yang terlebih dahulu menyerang ternyata juga bisa merambah terkena penyakit plantar fasciitis. Apalagi yang sudah memiliki cedera tertentu pada area ini.

    3. Bentuk kaki

Anda juga harus tahu bahwa penyakit ini juga rentan terjadi untuk seseorang yang memiliki bentuk kaki tertentu. Seperti halnya bentuk kaki yang terlalu melengkung atau justru terlalu rata. Bisa juga terjadi pada seseorang yang memiliki cara berjalan yang kurang atau tidak normal.

Untuk bentuk kaki memang seseorang tidak bisa memilih serta memutuskan bisa menggunakan bentuk seperti apa. Hanya saja jika memiliki bentuk tersebut harus lebih waspada dan menjaga kondisi beban kakinya. Bahkan untuk pemilik kaki yang biasa dan normal juga perlu waspada.

    4. Profesi

Faktor penyebab lainnya adalah profesi. Penyakit ini erat kaitannya dengan penggunaan kaki menjadi tumpuan yang terlalu berat, jadi untuk atlet yang sering menggunakan tumpuan kaki perlu diperhatikan. Seperti tentara, guru, pekerja pabrik, pelayan dan pekerjaan lain yang membutuhkan waktu berdiri lebih lama.

Anda bisa menilai sendiri pekerjaan apa saja yang sekiranya membutuhkan waktu berdiri dengan tumpuan kaki terlalu lama. Untuk Anda yang merasa berada pada pekerjaan ini cobalah untuk mengistirahatkan kaki beberapa saat dan beranjak untuk berdiri lagi.

Cara mengobati plantar Fasciitis pun bisa lebih ringan. Jika Anda bisa mencegahnya dengan cara tidak terlalu banyak berdiri saat melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan profesi.

    5. Olahraga

Pecinta olahraga juga harus tahu bahwa penyakit ini juga bisa menyerang para penyuka olahraga dengan beban tumpuan di kaki. Olahraga yang dimaksud bisa berupa balet, aerobik, lari jarak jauh dan olahraga lainnya yang bebannya terlalu menumpuk di bagian kaki.

Untuk itu lakukanlah olahraga dengan batas sewajarnya didampingi dengan suplemen pendukung yang tepat. Tujuannya untuk membuat lebih fit namun jangan sampai terlalu berlebihan karena dampaknya juga tidak baik terutama untuk tumpuan kakinya.

    6. Kelebihan berat badan

Anda juga harus tahu faktor berikutnya yang memicu karena berat badan berlebih. Cara mengobati Plantar Fasciitis bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya melakukan diet.

Orang dengan berat badan berlebih cenderung memberikan beban yang terlalu banyak di bagian sendinya. Terutama untuk kaki dan lutut jadi harus diperhatikan jangan sampai terlalu gemuk agar tidak melukai sendinya.

Bukan hanya untuk penyakit ini, obesitas ternyata juga memicu dampak tidak baik terhadap penyakit kronis yang siap menyerang kapan saja.

   7. Jenis kelamin

Anda perlu tahu jenis kelamin, ternyata mempengaruhi resiko yang bisa memicu penyakit ini muncul. Penyakit ini sangat rentan menyerang perempuan, terutama yang sedang hamil dan sedang berada di fase kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan semakin tumbuh sehingga menambah berat badan.

     8. Usia

Faktor yang satu ini adalah penyebab utama dan umum terjadi karena memang semakin tua akan semakin rentan terkena penyakit kaki. Usia yang sering terkena penyakit ini adalah rentang 40-70 tahunan.

  Plantar Fasciitis dan Gejalanya

Anda harus tahu sebelum fokus untuk melakukan cara mengobati plantar fasciitis. ketahui terlebih dahulu beberapa gejala yang terjadi. Gejala-gejala ini sangat mudah untuk diperhatikan sehingga bisa digunakan sebagai antisipasi dini agar tidak sampai terlalu parah.

Gejala pertama yang perlu diperhatikan adalah ketika bangun tidur. Cobalah rasakan di bagian telapak kaki, ketika bangun tidur seluruh bagian tubuh tentu belum sepenuhnya siap untuk menerima aktivitas. Di waktu inilah kaki akan terasa sangat sakit ketika digunakan untuk melangkah. Bukan hanya saat setelah bangun tidur, namun kaki juga terasa sangat sakit ketika setelah digunakan untuk duduk dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Anda juga akan mengalami rasa tidak nyaman pada kaki ketika berdiri di tempat dalam jangka waktu yang lama. Perlu dipahami bahwa rasa sakit yang muncul ini tidak selalu tiba-tiba langsung datang namun bisa juga secara perlahan.

Pada umumnya rasa sakit yang terjadi pada kaki ini tidak menyeluruh di kedua kakinya namun hanya menyerang salah satu kaki saja. Untuk kondisi yang akut, penyakit ini jarang  juga menyerang kedua kakinya. Perlu diperhatikan bahwa rasa sakit ini justru tidak terasa ketika digunakan untuk aktivitas gerak. Rasa sakitnya muncul saat sedang berdiam atau sedang akan melakukan sesuatu.

Anda juga perlu waspada, ketika tiba-tiba kaki rasanya sakit setelah melakukan aktivitas yang lumayan padat. Hal ini dikarenakan beban yang ditumpukan pada kaki terlalu berat dan mulai dirasakan. Nyeri yang terjadi secara umum pada bagian tumit kakinya. Meskipun memang ada juga yang merasakannya di bagian telapak kaki.

Terkait sensasi rasa sakit yang dirasakan berupa rasa seperti terbakar atau ditusuk-tusuk. Rasa sakitnya akan menjalar ke semua bagian tumit dan di bagian telapak kaki. Anda harus hati-hati jika sering mengalami rasa tidak nyaman ini dalam waktu yang terlalu sering.

  Terapi Jalan: Cara Mengobati  Plantar Fasciitis Pilihan Terbaik

Setelah mengenal beberapa penyebab dan gejala yang terjadi pada penyakit ini saatnya Anda harus tahu bahwa penyakit ini bisa untuk diobati dengan cara yang tepat. Jika gejalanya masih ringan Anda tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu mendalam. Adapun beberapa pengobatan ringan yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan sepatu dengan pemilihan sol khusus atau disebut dengan orthotic. Sol sepatu ini memberikan beban pada kaki menjadi lebih menyeluruh dan tidak hanya terpaku pada satu bagian kaki saja. Terutama untuk telapak kaki dan tumitnya.
  2. Gunakan penyangga kaki atau disebut dengan splint terutama di malam hari. Tujuannya untuk memberikan peregangan pada bagian telapak kaki dan betis menjelang tidur. Hal ini membuat Anda ketika bangun tidur tidak merasakan rasa sakit secara tiba-tiba di bagian kaki.
  3. Gunakan juga plester penyangga atau disebut juga dengan atletik yang digunakan untuk menopang kaki yang digunakan untuk berjalan. Apalagi untuk Anda yang sering mendapatkan beban banyak saat berjalan untuk penanganan dini cobalah menggunakan plester ini.
  4. Jika rasa sakit yang terjadi lumayan sudah mengganggu Anda bisa mencoba untuk fisioterapi. Tujuan dari terapi ini adalah untuk memberikan peregangan pada bagian pergelangan kaki dan tumit serta memberikan penguatan pada bagian otot.
  5. Anda juga bisa meredakan rasa sakit dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit dengan dosis ringan. Namun perlu diperhatikan konsumsinya jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan efek samping. Obat ini cukup efektif untuk meredakan bengkak yang mungkin terjadi di bagian kakinya.

Anda harus tahu, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja. Penyakit plantar fasciitis dapat menyebabkan komplikasi yang membahayakan bagi kesehatan Anda.

Komplikasi yang terjadi bisa berupa infeksi perdarahan yang terjadi pada bagian kaki karena prosedur operasi dan obat bius karena operasi. Hal lain yang terjadi juga karena fungsi kaki yang melemah karena terlalu banyak obat anti nyeri.

Tindakan lain yang bisa digunakan untuk mengurangi cara mengobati plantar fasciitis yang terlalu berlebihan adalah operasi.

Operasi yang dijalankan ini juga tidak main-main melainkan sekitar 6-12 bulan. Hanya saja jika operasinya tidak berjalan lancar justru akan menimbulkan komplikasi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Biasanya prosedur operasi ini juga hanya diperbolehkan untuk penderita rasa sakit yang terlalu parah.

 

Tindakan terakhir yang bisa diterapkan adalah extracorporeal shock wave therapy. Pengobatan ini menggunakan gelombang suara untuk diarahkan ke bagian rasa sakitnya. Sehingga proses penyembuhan yang diinginkan bisa terjadi. Biasanya banyak ditempuh ketika terapi lainnya kurang memberikan hasil pada penyakitnya.

Anda harus tahu bahwa pengobatan yang satu ini juga memberikan efek samping Biasanya efek samping yang ditimbulkan berupa mati rasa pada bagian kaki, memar, bengkak dan nyeri. Selebihnya penderita bisa merasakan kaki yang lumayan enteng dan tidak terasa sakit dengan tiba-tiba.

  Cara Mengobati Plantar Fasciitis di Flexfreeclinic

Jika Anda sudah terkena penyakit ini dan bingin cara mengobati plantar fasciitis. Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat? Saatnya untuk mempercayakannya pada Flexfreeclinic.

Perlu diketahui bahwa klinik ini berbeda dengan pengobatan lainnya karena menggunakan penanganan profesional terkait dengan muskuloskeletal. Yang masuk dalam penanganannya berupa saraf, sendi dan nyeri otot.

Penanganan yang dilakukan oleh klinik ini juga tidak main-main karena langsung diambil alih oleh dokter spesialis dan rehabilitasi terkait. Untuk penanganannya juga tidak langsung diobati begitu saja melainkan ada beberapa tahapan-tahapannya.

Mulai dari konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pencegahan sampai dengan pengobatan yang tepat untuk pasiennya.

Mereka bisa mengatasi semua kelainan pada bagian cedera olahraga, nyeri sendi dan otot termasuk juga penyakit plantar fasciitis. Fokus yang digunakan oleh klinik ini adalah memperbaiki jaringan dan mencegah penyakit tersebut untuk muncul kembali.

Sehingga pasien menjadi lebih nyaman dan tetap bisa melakukan aktivitas sesuai dengan batasan kondisi normal yang dirasakannya. Dokter akan memberikan diagnosa dan juga analisis yang berbeda-beda untuk setiap pasien meskipun menderita penyakit yang sama. Jadi jangan khawatir karena semuanya melalui tahap pemeriksaan yang mendalam.

Anda mengalami masalah penyakit plantar fasciitis atau penyakit sendi lainnya dan ingin mencoba pelayanan dari Flexfreeclinic? Langsung saja kunjungi website flexfreeclinic dan temukan kontak yang bisa dihubungi.

Silahkan membuat janji terlebih dahulu agar memudahkan tim untuk mencarikan waktu yang tepat.

Anda akan mendapatkan penanganan dan pemeriksaan yang tepat sesuai dengan keluhan yang sedang terjadi. Jadi selain mendengar keluhan yang ada dokter ini akan memeriksa secara langsung apa yang menyebabkan rasa sakit ini muncul. Kemudian mereka akan melakukan tindakan yang tepat dan juga masa pemulihan yang sesuai. Setelah mendapatkan jadwal jangan lupa untuk datang ke lokasi paling tidak 15 menit lebih awal dari waktu janjian.

Jika saat pemeriksaan ada perbedaan jadwal jam. Harap dimaklum karena kami pun belum bisa memastikan lamanya penanganan dari pasien sebelumnya. Anda diharapkan untuk selalu update terhadap informasi terbaru yang diberikan.

Anda harus tahu bahwa penyakit ini memang harus mendapatkan penanganan yang tepat dan cara mengobati plantar fasciitis yang sesuai. Tujuannya untuk membuat tekanan pada kaki berkurang dan rasa tidak nyaman bisa hilang. Apalagi bagi yang sudah berada di tahap rasa sakit yang berlebihan tentunya bisa menyebabkan gangguan aktivitas harian.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri pada tumit mungkin awalnya dianggap sepele, akan tetapi dapat memburuk bila tidak ditangani. Nyeri p

ARTIKEL KESEHATAN

Pada telapak kaki terdapat jaringan lunak yang tebal berbentuk pita (ligamen) yang menghubungkan tulang tumit

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri tumit dapat dialami siapapun, terutama pada orang yang: banyak berjalan atau berlari berolahraga

ARTIKEL KESEHATAN

Tumit terasa sakit saat Anda bangun tidur? Mungkin Anda menderita plantar fasciitis. Meskipun ada beberapa

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung