Terapi Pergelangan Tangan Sakit

Jumat, 19 November 2021
Klinik Flex-Free
Jumat, 19 November 2021
Klinik Flex-Free

Terapi pergelangan tangan yang sakit bisa terjadi karena berbagai faktor. Misal karena terlalu banyak aktivitas mengangkat beban menggunakan tangan. Atau melakukan serangkaian kegiatan yang banyak bertumpu pada pergelangan tangan. Untuk mengatasinya bisa melakukan terapi pergelangan tangan sakit.

Rasa sakit yang terjadi pada pergelangan tangan ini sebaiknya tidak dibiarkan. Apabila sakitnya berkelanjutan. Anda sebaiknya melakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan terapi pergelangan tangan sakit dengan perawatan yang tepat.

Namun, ada juga cara yang lebih praktis untuk mengembalikan pergelangan agar tidak sakit lagi. Untuk terapi pergelangan tangan sakit Anda bisa melakukan olahraga di bawah ini.

  Gerakan Olahraga yang Tepat untuk Terapi Pergelangan Tangan Sakit

Pergelangan tangan yang terasa sakit bisa menghambat segala aktivitas Anda. Sebagian besar pergerakan dilakukan oleh tangan. Untuk itu pada saat pergelangan tangan terasa sakit menjadikan aktivitas Anda terganggu. Dalam mengatasi hal ini Anda perlu melakukan terapi pergelangan tangan sakit yang tepat.

Melakukan terapi pergelangan tangan sakit seperti ini bisa Anda lakukan di rumah saat rasa sakit pada pergelangan tangan Anda tidak terlalu parah. Apabila dilakukan perawatan yang baik, maka bisa sembuh dengan cepat. Namun jika pergelangan tangan masih terasa sakit meskipun sudah dirawat dengan baik, maka segera periksa ke dokter.

Olahraga sangatlah penting untuk Anda lakukan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah saat berada di rumah. Seperti berjalan, lari, hingga bersepeda. Olahraga seperti itu sangat cocok Anda lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Melakukan olahraga juga bisa menjadikan tubuh semakin segar dan juga bisa meningkatkan produktivitas Anda dalam melakukan aktivitas. Olahraga dianjurkan tidak hanya untuk orang dewasa saja, melainkan untuk segala usia. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan melakukan olahraga secara rutin.

Pada saat Anda mengalami rasa sakit pada pergelangan tangan Anda juga bisa disembuhkan dengan melakukan olahraga. Tentunya olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan yang berfungsi untuk melatih otot pada area pergelangan tangan. Sehingga bisa berfungsi kembali tanpa mengalami rasa sakit.

Di bawah ini terdapat olahraga yang bisa Anda lakukan saat pergelangan tangan Anda terasa sakit, hal ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif terapi pergelangan tangan sakit.

1. Melakukan Peregangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk terapi pergelangan tangan sakit dengan peregangan terlebih dahulu. Peregangan seperti ini sangat penting Anda lakukan agar otot pada pergelangan tangan Anda lemas. Anda dapat melakukan peregangan dengan cara meluruskan lengan ke depan. Kemudian tekuk pergelangan tangan anda ke belakang seperti memberi aba-aba stop kepada orang lain.

Gunakan juga tangan Anda yang lain untuk memberikan tekanan yang ringan pada telapak tangan Anda. Tahan posisi ini sekitar 15 detik. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 5 kali. Lakukan juga pada tangan Anda yang lain secara bergantian.

2. Mengangkat Pergelangan Tangan

Setelah melakukan peregangan, Anda perlu mengangkat pergelangan tangan Anda dengan cara meletakkan tangan Anda di atas meja. Kemudian Anda bisa mengangkat jari tangan Anda ke atas tanpa mengangkat telapak tangan. Lalu Anda bisa meletakkan telapak tangan lain di atas telapak tangan Anda yang ada di atas meja.

Anda bisa menekan tangan Anda yang ada di meja dan menariknya secara perlahan keatas. Tekanlah secara ringan hingga otot pada bagian bawah lengan Anda mengalami kontraksi. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dan bergantian dengan tangan yang lainnya. Anda dapat melakukan secara rutin hingga rasa sakitnya bisa berkurang.

3. Melakukan Peregangan Pada Jemari Tangan

Gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan pada jari tangan Anda. Pertama, Anda posisikan jari secara lurus. Kemudian tekuk seluruh jari Anda tepat di tengah persendian ke arah telapak tangan Anda. Tahanlah posisi seperti ini setidaknya 5 detik.

Setelah itu Anda bisa mengulangi kembali melakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali dalam 3 set. Peregangan pada jemari tangan Anda seperti ini sangat penting untuk Anda lakukan agar jemari Anda bisa bergerak tanpa terasa sakit. Tepai pergelangan tangan sakit dengan melakukan gerakan olahraga memanglah diperlukan untuk mengurangi rasa sakit.

4. Melakukan Peregangan Saraf Median

Saraf median merupakan salah satu bagian dari sistem saraf yang ada di tangan Anda. Untuk mengurangi rasa sakit pada pergelangan tangan Anda adalah dengan melakukan peregangan pada saraf median ini. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengepalkan telapak tangan Anda dengan posisi ibu jari di luar jemari Anda.

Rentangkan jari Anda dalam kondisi terbuka dan rapatkan ibu jari ke sisi telapak tangan Anda. Selanjutnya Anda juga perlu merentangkan jari dan arahkan pergelangan tangan ke belakang. Posisikan tangan Anda yang terbuka dan merenggangkan ibu jari. Lalu Anda bisa memposisikan jari, pergelangan tangan dan ibu jari kemudian angkat telapak tangan ke atas.

Selanjutnya Anda bisa memposisikan jemari dan pergelangan tangan seperti biasa. Lakukan gerakan ini dengan berulang kali dan bergantian pada tangan yang lainnya.

5. Melakukan Peregangan Tangan Menggunakan Beban

Mengangkat beban yang berat memang tidak dianjurkan untuk pergelangan tangan Anda yang sakit. Namun Anda bisa mengangkat beban yang cukup ringan untuk melakukan gerakan olahraga. Anda bisa mengangkat beban dengan setoples kacang, kemudian rentangkan tangan ke depan dengan posisi telapak tangan tangan yang menghadap ke bawah.

Angkat perlahan beban tersebut pada pergelangan tangan Anda secara perlahan. Lalu kembalikan tangan ke posisi semula. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dan mengulanginya selama tiga set. Setelah Anda terbiasa mengangkat beban setoples kacang, maka Anda bisa mengangkat beban yang lebih berat.

   Ketahui Penyebab Nyeri yang Perlu Dilakukan Terapi Pergelangan Tangan Sakit

Salah satu anggota tubuh yang sering digerakkan adalah tangan. Apabila tangan mengalami sakit tertentu, maka aktivitas keseharian Anda dapat terganggu. Hal ini juga mengakibatkan pergerakan Anda menjadi terbatas. Apalagi jika pergelangan tangan Anda yang mengalami rasa sakit. Maka susah untuk menggerakkan jari tangan Anda.

Saat pergelangan tangan Anda mengalami rasa sakit, maka diperlukan adanya terapi pergelangan tangan sakit. Namun sebelum Anda melakukan terapi ini, Anda harus mengetahui apa saja penyebab yang memungkinkan pergelangan tangan Anda sakit. Penyebab pergelangan tangan sakit setiap orang akan selalu berbeda-beda.

Untuk itu Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar mendapatkan terapi pergelangan tangan yang tepat. Di bawah ini terdapat beberapa penyebab pergelangan tangan Anda bisa merasakan sakit.

1. Radang Sendi

Penyebab pergelangan tangan mengalami sakit yang banyak orang tidak mengetahuinya adalah radang sendi. Radang sendi seperti terbagi menjadi 2 faktor. Yang pertama adalah faktor osteoarthritis, yaitu radang sedni yang bisa terjadi pada tulang rawan yang melindungi kerusakan yang terjadi pada tulang. Kerusakan tulang rawan ini bisa terjadi karena faktor usia.

Yang kedua adalah faktor rheumatoid arthritis diakibatkan karena suatu penyakit. Penyakit ini dapat disebabkan oleh autoimun yang menyerang pada jaringan tubuh itu sendiri. Kondisi penyakit ini memang sering terjadi pada area pergelangan tangan. Kedua faktor ini bisa saja terjadi pada Anda, hingga pergelangan tangan Anda akan terasa sakit.

Untuk mengetahui penyebab pergelangan tangan akibat radang sendi ini tidak bisa Anda ketahui dengan mudah. Melainkan dibutuhkan pemeriksaan oleh tenaga medis yang sudah ahli dalam bidang ini. Anda bisa melakukan pemeriksaan di Flex Free Clinic yang dapat memberikan perawatan terbaik untuk Anda.

2. Mengalami Cedera

Penyebab pergelangan tangan sakit yang sering dialami oleh masyarakat diakibatkan karena cedera. Cedera yang bisa terjadi bisa diakibatkan karena benturan ataupun karena tekanan yang terjadi secara berulang-ulang. Kedua hal tersebut bisa menyebabkan pergelangan terasa sakit dan susah untuk digerakkan.

Sakit pada pergelangan tangan yang diakibatkan karena cedera seperti ini bisa diobati dengan mudah dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Hal ini bisa dilakukan saat cedera tersebut masih tergolong ringan. Anda bisa melakukan pemijatan di area pergelangan tangan Anda. Selain itu Anda juga menghindar untuk melakukan aktivitas yang berat menggunakan pergelangan tangan Anda.

Apabila cedera yang dialami adalah cedera yang cukup parah. Maka sudah seharusnya Anda segera memeriksakannya ke dokter yang ahli dalam bidang ini. Dengan begitu Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat sehingga proses penyembuhan juga bisa dilakukan lebih cepat.

3. Memiliki Riwayat Asam Urat

Penyebab terakhir yang bisa saja terjadi pada Anda adalah karena memiliki riwayat asam urat sebelumnya. Apabila Anda memiliki riwayat asam urat, maka bisa memungkinkan pergelangan tangan Anda menjadi sakit. Hal ini bisa terjadi saat kadar asam urat Anda terlalu tinggi, sehingga dapat mempengaruhi persendian pada tubuh Anda.

Kadar asam urat yang tinggi dan berlebihan seperti ini memang bisa tertmbu dan dapat menekan pada sendi Anda. Semua sendi yang ada pada bagian tubuh Anda bisa terasa sakit akibat asam urat ini. Sehingga pergelangan tangan Anda juga bisa memungkinkan akan terasa sakit karena kadar asam urat yang berlebihan Anda.

Anda perlu mengobati asam urat Anda terlebih dahulu agar persendian Anda tidak lagi mengalami sakit. Untuk mengobati asam urat akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan dengan dokter yang dapat mengobati penyakit asam urat. Sehingga kadar asam urat Anda tidak tinggi, dan pergelangan tangan Anda tidak lagi terasa sakit.

Terapi Pergelangan Tangan Sakit dan Pencegahannya

Saat Anda mengalami pergelangan tangan yang terasa sakit akibat cedera, maka diperlukan adanya terapi pergelangan tangan sakit yang tepat. Untuk mengurangi rasa sakit ini bisa Anda lakukan dengan mudah saat berada di rumah. Tentunya hal ini berlaku untuk rasa sakit pada pergelangan tangan yang ringan.

Perawatan ini sangat penting dilakukan agar pergelangan tangan Anda tidak semakin parah. Setidaknya perawatan ini bisa dilakukan sebagai pertolongan darurat yang bisa Anda lakukan saat pergelangan tangan Anda terasa sakit. Untuk itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Tangan Perlu Istirahat

Rasa sakit yang Anda rasakan berada di area sekitar pergelangan tangan Anda. Agar tidak memperburuk rasa sakitnya, maka Anda perlu mengistirahatkan tangan Anda dalam beberapa waktu tertentu. Pada saat tangan Anda beristirahat, pastikan untuk tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan pergerakan tangan yang berat. Seperti mengangkat sesuatu yang berat.

Adanya pergelangan tangan yang terasa sakit bisa juga diakibatkan karena terlalu sering mengangkat beban berat tanpa adanya istirahat. Untuk itu Anda dapat beristirahat agar tangan Anda bisa rileks dan rasa sakit pada pergelangan bisa berkurang. Hindari mengangkat beban yang berat saat pergelangan tangan Anda masih terasa sakit dan belum sembuh sepenuhnya.

2. Mengompres Dengan Es Batu

Untuk mendinginkan pergelangan tangan yang terasa sakit, maka Anda bisa mengompres dengan es batu. Melakukan hal ini juga bisa menjadikan tubuh Anda lebih rileks dan juga mampu meredakan pembengkakan. Lakukan pengompresan ini setidaknya 2 kali dalam sehari agar pergelangan tangan Anda tidak lagi terasa sakit.

Gunakan kain lembut untuk mengompres pergelangan tangan Anda menggunakan es batu. Pada saat mengompres tangan Anda, bisa dilakukan kurang lebih sekitar 15 menit. Lakukan hal ini secara rutin untuk meredakan pembengkakan yang terjadi pada pergelangan tangan Anda. Cara ini bisa dilakukan sebagai terapi pergelangan tangan sakit yang dapat dilakukan secara mandiri.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum obat pereda nyeri. Obat ii memang ampuh untuk meredakan rasa sakit yang terjadi pada pergelangan tangan Anda. pada umumnya jenis obat yang digunakan adalah paracetamol dan juga ibuprofen. Kedua obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui apotek terdekat.

Namun Anda juga perlu memperhatikan dosis yang tepat. Anda bisa menanyakan kepada pihak apotek untuk mendapatkan resep yang sesuai. Apabila setelah meminum obat ini, rasa sakit di pergelangan tangan Anda tidak kunjung sembuh. Maka sudah Anda bisa memeriksakan ke dokter yang tepat dan ahli dalam menangani masalah sendi.

Mengonsumsi obat pereda nyeri secara terus menerus bahkan hingga waktu yang lama tidaklah boleh Anda lakukan. Karena obat ini jika dikonsumsi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan berbagai macam gejala sakit lain. Setelah 3 hari Anda mengkonsumsi obat jenis ini dan tidak ada perubahan, maka segera periksa ke dokter yang tepat.

4. Gunakan Belat Pada Pergelangan Tangan

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi di pergelangan tangan Anda adalah menggunakan belat. Alat yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah, karena banyak tempat yang menjual alat ini. Anda bisa menanyakan kepada pihak penjual untuk mendapatkan rekomendasi belat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila beberapa tahapan terapi pergelangan tangan sakit yang Anda lakukan di atas tidak bisa mengurangi rasa sakitnya. Maka yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan pergelangan tangan Anda ke Flex Free Clinic. Kami akan memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi pergelangan tangan Anda yang sakit.

Agar dapat mengetahui penyebab mengapa pergelangan tangan Anda terasa sakit, Anda bisa menanyakannya secara langsung ke dokter yang ahli. Setelah mengetahui penyebabnya, amak dokter akan memberikan perawatan dan juga pengobatan yang tepat sesuai dengan prosedurnya yang telah ditentukan.

Beban berat yang bisa Anda angkat haruslah dilakukan secara bertahap. Dengan begitu Anda bisa mengangkat beban seperti biasanya tanpa merasakan sakit pada pergelangan tangan Anda. Untuk dapat melakukan hal tersebut Anda harus rutin melakukan olahraga ini setiap harinya. Sehingga rasa sakit pada pergelangan tangan Anda bisa berkurang.

Bagi Anda yang sedang terapi pergelangan tangan sakit melalui gerakan olahraga  di atas. Kami sarankan sebaiknya Anda melakukan olahraga tersebut dengan pengawasan dan juga konsultasi dengan dokter yang ahli. Sehingga Anda bisa mendapatkan arahan mengenai gerakan olahraga dengan posisi yang tepat. Apabila rasa sakit pada pergelangan tangan Anda tidak kunjung berkurang, segera periksakan ke dokter yang tepat.

Dapatkan dokter yang tepat dari Flex Free Clinic. Kami memiliki dokter yang profesional dan sudah ahli dalam melakukan terapi pergelangan tangan sakit. Kami juga senantiasa akan memberikan pelayanan yang terbaik hanya untuk Anda.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561