Terapi Lutut Sakit Akibat Jatuh, di Flex Free Clinic Saja!

Rabu, 05 Januari 2022
Flex Free
Rabu, 05 Januari 2022
Flex Free

Cedera lutut akibat jatuh bisa menyebabkan cedera ringan hingga berat yang memerlukan penanganan serius.

Pada cedera ringan, Anda mungkin bisa mengatasinya sendiri di rumah, tetapi pada cedera berat, dapat diperlukan terapi lebih lanjut yang memerlukan pemeriksaan dan penanganan dari dokter.

Terapi Lutut Sakit Akibat Jatuh

Lutut sakit akibat jatuh bisa menyebabkan cedera mulai dari memar sederhana, ligamen yang robek hingga tulang yang patah.

Pada cedera lutut berat, Anda akan memerlukan terapi lutut sakit yang disesuaikan dengan tipe dan lokasi cedera yang Anda alami.

Perawatan di rumah

Jika ada robekan atau luka gores pada kulit, Anda bisa membersihkan lukanya dan membiarkannya jika tidak ada darah yang keluar. Luka seperti ini biasanya disebabkan karena gesekan lapisan kulit dengan permukaan yang kasar seperti aspal atau semen. Anda tidak perlu khawatir karena hanya lapisan kulit bagian terluar saja yang rusak.

Untuk luka yang lebih serius dan mengeluarkan darah, Anda bisa membersihkan luka dengan air bersih, memberi antiseptik, kemudian menutupnya dengan perban atau kain bersih.

Memberikan tekanan langsung pada area luka bisa membantu menghentikan perdarahan. Anda juga bisa memposisikan lutut lebih tinggi saat berbaring dan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit jika diperlukan.

Akan tetapi, Anda perlu segera mendapatkan terapi lutut sakit dari tenaga kesehatan jika luka di lutut Anda yang mengeluarkan darah disebabkan karena terkena benda tajam dan berkarat, seperti paku. Ini bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit tetanus. Luka perlu dibersihkan lebih lanjut dan Anda mungkin memerlukan suntikan anti tetanus.

Sementara untuk terapi lutut sakit seperti memar, terkilir, dan cedera lain yang lebih serius, Anda bisa menggunakan metode PRICE, yaitu Protect, Rest, Ice, Compress, dan Elevate.

  • Protect: lindungi dari cedera lebih lanjut (misalnya dengan menggunakan brace).
  • Rest: istirahatkan lutut selama 48–72 jam setelah cedera. Lutut tidak boleh diistirahatkan terlalu lama karena dapat menunda penyembuhan.
  • Ice: gunakan segera setelah cedera selama 10–30 menit (kurang dari 10 menit hanya memiliki sedikit efek. Lebih dari 30 menit dapat merusak kulit). Jangan langsung letakkan es di kulit karena dapat menyebabkan luka dingin. Tekan dengan lembut pada area yang cedera. Pengompresan ini dapat mengurangi nyeri, peradangan dan memar. Beberapa dokter menyarankan untuk mengompres selama 15 menit setiap jam selama 48–72 jam pertama.
  • Compression: gunakan perban untuk mengurangi pembengkakan dan membantu sendi untuk istirahat. Jangan menggunakan perban terlalu kencang. Buka perban sebelum tidur. Buka perban setelah 48 jam sehingga sendi dapat bergerak.
  • Elevation: bertujuan untuk membatasi dan mengurangi pembengkakan, posisikan lutut yang terluka lebih tinggi ketika Anda berbaring.

Perawatan medis

Untuk cedera lutut yang lebih berat, Anda akan membutuhkan terapi lutut sakit dan perawatan medis yang lebih lanjut.

Beberapa prosedur perawatan medis yang mungkin akan Anda dapatkan di antaranya adalah:

  • Jahitan: bila terdapat luka terbuka, terutama luka yang dalam.
  • Terapi injeksi: misalnya dengan injeksi kortikosteroid atau asam hyaluronat, bergantung pada jenis cederanya.
  • Fisioterapi atau terapi fisik: untuk cedera lutut yang berhubungan dengan tendon dan ligamen. Fisioterapi dapat membantu mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas lutut seperti saat sebelum cedera dan dapat membantu mempercepat penyembuhan.

terapi lutut sakit

Terapi Lutut Sakit di Flex Free Clinic

Terapi fisik yang dilakukan di Flex Free Clinic misalnya dengan terapi ultrasound atau dengan terapi ESWT.

  • Operasi: untuk cedera berat yang melibatkan kerusakan struktur anatomi lutut, misalnya terdapat patah tulang lutut atau robekan ligamen dan tendon lutut

Fisioterapi adalah jenis terapi lutut sakit yang disarankan untuk membantu mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas lutut seperti normal saat sebelum cedera.

Hal ini juga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien, memaksimalkan dan mempercepat penyembuhan, dan mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas lutut.

Waktu penyembuhan untuk cedera lutut akibat jatuh bisa bervariasi tergantung tingkat keparahan cedera. Jika cedera Anda cukup parah sampai membutuhkan operasi, kemungkinan waktu penyembuhannya akan lebih lama.

Misalnya, lutut yang terkilir bisa sembuh total dalam waktu 2-4 minggu, sementara ligamen robek yang butuh operasi mungkin butuh hingga 6-12 bulan setelah operasi untuk bisa sembuh total.

Gejala-gejala Cedera Lutut yang Berat Akibat Jatuh

Jika setelah jatuh Anda melihat bagian lutut Anda memar atau tergores, Anda mungkin tidak membutuhkan perawatan medis atau terapi lutut sakit yang lebih lanjut, tetapi bila Anda mulai mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini, segera konsultasikan :

  • Lutut terasa tidak stabil

Gejala yang pertama adalah jika Anda merasa lutut Anda tidak stabil, gemetar, atau bahkan tidak kuat saat digunakan untuk aktivitas normal, Anda perlu waspada.

Biasanya, ini adalah tanda bahwa ada masalah pada ligamen Anda, misalnya ada robekan.

  • Terdengar suara saat jatuh

Selain efek yang dirasakan setelah jatuh, Anda juga perlu memperhatikan apa yang terjadi saat Anda jatuh.

Jika ketika jatuh Anda mendengar suara yang tidak wajar, seperti ada robekan atau patahan, ini bisa menjadi pertanda bahwa gejala yang Anda alami cukup serius, kasus yang sering terjadi adalah ligamen yang robek.

  • Lutut terasa hangat saat disentuh

Jika setelah jatuh Anda menyentuh lutut Anda dan rasanya hangat, ini bisa jadi pertanda adanya peradangan yang muncul dari tendon atau otot yang cedera. Efek hangat yang muncul ini juga bisa jadi merupakan dari infeksi atau bursitis.

Bursitis adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bantalan sendi.

  • Lutut bengkak

Pembengkakan yang terjadi di area lutut setelah jatuh bisa menjadi salah satu gejala ada tulang yang patah atau ligamen yang robek.

  • Lutut tidak mampu menahan beban

Lutut bertugas menahan beban berat dari tubuh saat berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Jika Anda merasa setelah jatuh lutut Anda jadi tidak bisa menahan beban seperti biasanya, mungkin ada kerusakan struktural pada persendian Anda.

  • Perdarahan tidak berhenti setelah beberapa menit

Setelah Anda jatuh, lutut Anda mungkin akan berdarah. Jika perdarahannya tidak berhenti walaupun sudah ditangani selama beberapa menit, Anda harus segera mendapatkan perawatan medis yang lebih lanjut.

  • Area sekitar luka memerah atau membengkak

Jika lutut Anda terluka setelah jatuh, Anda perlu mewaspadai timbulnya infeksi pada luka tersebut.

Beberapa tanda adanya infeksi adalah munculnya warna kemerahan di sekitar luka, bengkak, dan keluarnya nanah atau cairan dari dalam luka.

Layanan Fisioterapi dari Klinik Flex-Free

Klinik Flex-Free atau Flex-Free Clinic adalah klinik rehabilitasi medis khusus untuk mengobati berbagai penyakit dan keluhan tentang otot, tulang, sendi, dan syaraf.

Salah satu pelayanan yang kami berikan adalah fisioterapi yang juga bisa menjadi terapi lutut sakit akibat jatuh.

Mengapa harus klinik Flex-Free? Karena kami memiliki banyak kelebihan dibandingkan klinik lainnya.

Pertama, klinik Flex-Free menyediakan berbagai pilihan jenis layanan terapi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Beberapa contoh layanan dan fasilitas kami adalah terapi laser, terapi kinesio tape, elektroterapi, paraffin bath atau terapi lilin, DTS (Spinal Decompression Treatment), ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy), Scoliosis Treatment center, USG Musculoskeletal, dan fisioterapi.

Selanjutnya, tenaga medis di klinik Flex-Free juga terdiri dari tim dokter spesialis yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Sekarang sudah tidak perlu ragu lagi kan? Untuk terapi lutut sakit Anda, percayakan saja pada ahlinya di Klinik Flex-Free. Anda bisa mengunjungi link berikut untuk informasi lebih lanjut.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561