10 Cara Mengatasi Pundak Terasa Pegal Agar Nyaman Lagi

Rabu, 27 Juli 2022
Flex Free
Rabu, 27 Juli 2022
Flex Free

Masalah pundak terasa pegal memang paling sering menjadi keluhan kebanyakan orang. Tak jarang rasa pegal pada pundak ini hingga menimbulkan rasa nyeri. Akibatnya Anda pasti akan merasa tidak nyaman hingga kesakitan.

Untuk itulah cara mengatasi masalah pundak yang pegal dan nyeri bahu ini harus diketahui demi meringankannya dan bisa nyaman lagi. Adapun cara mengatasi masalah pegal pada pundak ini juga cukup beragam dan bahkan sangat sederhana hingga bisa Anda praktikan sendiri dirumah. ‘

Cara Mengatasi Pundak Terasa Pegal

Pada dasarnya penyebab dari pundak terasa pegal ini bisa karena aktivitas sehari-hari. Bisa juga karena mengalami cedera atau kelelahan karena bekerja lama didepan komputer.

Kondisi tersebut memang tidak berbahaya untuk Anda. Meski begitu jika dibiarkan maka proses penyembuhan akan lama sekali. Bahkan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk itulah Anda harus segera mengatasinya dengan mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Menggunakan Jahe

Tahukan Anda jika jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang sangat berkhasiat untuk mengatasi rasa pegal di pundak maupun bagian tubuh lainnya. Tak heran jika jahe ini sangat cocok jika dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan pundak yang terasa pegal.

Adapun untuk bisa merasakan manfaat dari jahe bagi pundak terasa pegal maka Anda bisa mengkonsumsinya langsung. Saat dikonsumsi jahe bisa memberikan rasa hangat yang mampu menetralkan tubuh Anda dari racun serta merilekskan tubuh secara alami.

Selain itu bisa juga dibuat teh jahe atau mengkompres nya langsung pada bagian pundak yang terasa pegal.

  1. Biji Chia

Biji chia ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi dan fit. Jadi secara tidak langsung mengkonsumsi biji ini juga akan membuat tubuh Anda lebih bisa mengatasi masalah pegal pada bagian pundak

Dalam biji chia ini sendiri mempunyai kandungan seperti serat, protein dan lemak  dengan rasio yang tepat. Kandungan tersebut dipercaya efektif untuk mendongkrak energi tubuh.

Tak hanya itu saja biji Chia ini juga bisa menyerap air sampai 10 kali lipat beratnya. Dengan kemampuan ini pastinya kandungan air yang dibutuhkan tubuh Anda akan senantiasa tercukupi.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa alami yang dikenal dengan curcumin. Kandungan senyawa ini dapat diandalkan untuk mengatasi rasa pegal pada pundak maupun tubuh Anda.

Senyawa Curcumin sendiri secara efektif mampu mengatasi peradangan. Disamping itu senyawa ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar dua enzim di dalam tubuh yang merupakan penyebab dari peradangan dan rasa pegal.

Tak hanya itu saja kunyit ini juga mempunyai khasiat antiinflamasi dan mampu membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah dalam tubuh Anda. Hal ini pastikan akan membantu meringankan pundak terasa pegal, radang sendi, memar hingga keseleo.

Adapun untuk cara mengkonsumsinya bisa Anda parut dan peras lalu diminum air hasil perasannya. Namun jika Anda ingin lebih cepat Anda juga bisa mengirisnya kecil-kecil lalu diseduh dengan air panas dan tambah sedikit gula supaya lebih nikmat.

  1. Mengoleskan Balsem

Kegiatan yang terlalu banyak atau olahraga secara berlebihan bisa berbahaya. Hal ini bisa saja menyebabkan luka kecil di jaringan ikat dan serabut otot. Akibatnya tubuh menjadi pegal hingga pundak.

Jika merasakan hal tersebut maka cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan balsem pada pundak yang terasa pegal. Sensasi panas yang ditimbulkan oleh balsem umumnya akan membuat otot jadi lebih nyaman dan pegal menghilang.

Cara ini hanya efektif untuk pundak terasa pegal dengan gejala yang ringan saja. Berbeda dengan kondisi pegal atau nyeri yang sudah kronis akan lebih baik jika segera diperiksakan ke rumah sakit atau klinik terpercaya seperti Flex-Free Clinic.

  1. Memanfaatkan Garam Epsom

Garam Epsom ternyata bisa Anda manfaatkan untuk  mengatasi pundak terasa pegal. Adapun cara penggunaanya adalah dengan melarutkannya pada air hangat. Selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk berendam.

Perlu Anda tahu jika Garam epsom ini nantinya akan terurai menjadi sulfat dan magnesium. Nah senyawanya itulah yang nantinya akan menjaga kesehatan otot Anda secara alami.

Hal ini termasuk mengendurkan masalah otot yang tegang, sendi kaku hingga rasa pegal pada pundak . Garam yang satu ini akan membuat tubuh Anda terhidrasi. Selanjutnya air akan bergerak merata keseluruh bagian sistem yang ada di tubuh Anda.

Dengan begitu penggunaan garam ini akan meredakan peradangan, membuang racun, menyuplai nutrisi otot dan menghilangkan rasa pegal di tubuh maupun pundak.

  1. Kompres Dingin dan Air Hangat

Untuk mengatasi pundak terasa pegal Anda juga bisa mengompresnya menggunakan es maupun air hangat. Caranya juga sangat mudah untuk kompres dingin menggunakan es Anda bisa memasukannya pada kantung es lalu gunakan kain untuk melapisinya dan langsung letakan saja di bagian pundak yang pegal.

Apabila menggunakan Air hangat Anda bisa menggunakannya untuk kompres maupun untuk mandi. Air hangat secara efektif mampu merilekskan otot yang tegang dan membuat rasa pegal jadi berkurang.

  1. Pijat

Pijat bisa mengatasi masalah pegal yang ada di pundak. Bahkan cara yang satu ini sudah sering dipraktekan oleh kebanyakan orang. Untuk pijat ini Anda bisa melakukannya sendiri dengan memijat bagian yang terasa pegal.

Disamping itu Anda juga bisa meminta tolong pada anggota keluarga atau orang terdekat untuk melakukannya. Bisa juga menggunakan jasa orang lain yang ahli memijat.

  1. Meditasi

Meditasi dan yoga ternyata bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi pundak terasa pegal. Kedua olahraga tersebut memiliki gerakan yang bisa melenturkan otot dan menghindari terjadinya cedera.

Gerakan yang ada dalam meditasi maupun yoga bisa merilekskan otot tubuh dan menguatkannya. Dengan begitu rasa pegal yang dialami tubuh maupun pundak bisa diatasi dengan kedua olahraga tersebut.

Anda bisa melakukan meditasi dan yoga paling tidak seminggu sekali. Hal itu dilakukan supaya otot yang tegang dan pundak yang pegal bisa rileks dan membaik.

  1. Mengkonsumsi Obat

Saat ini sudah banyak sekali obat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi pegal. Anda hanya perlu membelinya saja di apotek atau toko obat terdekat yang ada disekitar rumah .

  1. Berobat ke Klinik atau Rumah Sakit Khusus

Apabila dirasa tidak membaik dan semakin parah maka Anda bisa memeriksakan diri ke rumah sakit atau klinik khusus yang terpercaya seperti Flek-Free Clinic.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan perawatan dan solusi yang tepat untuk masalah pundak terasa pegal. Misalnya saja perawatan dengan teknik ESTW.

Adapun teknik ESWT sendiri merupakan sebuah tindakan terapi yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri atau pegal pada pundak Anda. Terapi dengan teknik ESWT ini dilakukan dengan memanfaatkan gelombang kejut dari bagian luar tubuh.

Teknik ESWT ini umumnya dilakukan untuk menangani masalah nyeri dan pegal di sistem muskuloskeletal otot dan daging termasuk bagian pundah. Dengan teknik ini rasa pegal hingga nyeri bisa hilang. Adapun untuk prosedurnya sendiri juga aman dan tidak akan menimbulkan rasa sakit. 

Mengatasi Pundak Terasa Pegal Dengan Flek-Free Clinic

Flex-Free Clinic merupakan sebuah klinik rehabilitasi medik khusus untuk menangani masalah kelainan pada nyeri otot, sendi, tulang dan saraf hingga rasa pegal pada pundak.

Anda akan ditangani langsung oleh para tim dokter spesialis yang sudah handal dan berpengalaman. Jadi masalah Anda bisa segera ditangani dengan baik dan tepat supaya lekas sembuh.

Tunggu apalagi segera saja datang langsung ke alamat kami supaya masalah pundak terasa pegal cepat sembuh dan nyaman kembali. Namun jika Anda ingin bertanya atau mencari informasi lebih dulu Anda bisa menghubungi kami via Whatsapp atau bisa juga melihatnya di website ini.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel