Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Syaraf Kejepit di Pinggang

Senin, 10 Januari 2022
Flex Free
Senin, 10 Januari 2022
Flex Free

Pengobatan syaraf kejepit di pinggang bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada gejala dan tingkat keparahannya.

Untuk Anda yang mulai merasakan gejala syaraf kejepit di bagian pinggang, Anda bisa membaca lebih lanjut informasi di bawah ini seputar gejala, penyebab, dan juga pengobatannya.

Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Syaraf Kejepit di Pinggang

Syaraf kejepit di pinggang terjadi ketika ada bagian syaraf di pinggang yang terjepit atau tertekan oleh jaringan di sekitarnya, bisa berupa otot, tendon, tulang rawan, atau ligamen.

Tekanan inilah yang akhirnya membuat syaraf menjadi iritasi dan akhirnya terasa sakit.

Gejala Syaraf Kejepit di Pinggang

Syaraf kejepit di area pinggang bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup berat, berikut adalah beberapa gejalanya:

  • Rasa sakit dari area pinggang, bokong, paha bagian dalam sampai selangkangan, terkadang rasa sakit bahkan bisa mencapai lutut
  • Rasa sakit terasa semakin berat saat berjalan atau bergerak
  • Kesemutan dan/atau kebas di pinggang ke bawah sampai kaki
  • Kram di otot pinggang
  • Kaki dan pinggang di bagian yang sakit sulit digerakkan

Rasa sakit yang mengiringi syaraf kejepit di pinggang ini bisa berupa rasa sakit yang konstan tapi ringan atau rasa sakit yang tajam dan terasa seperti terbakar.

Penyebab Syaraf Kejepit di Pinggang

Syaraf kejepit di pinggang bisa diakibatkan oleh banyak hal, di bawah ini adalah beberapa penyebab yang paling umum terjadi:

  • Berada dalam satu posisi dalam waktu yang terlalu lama, sehingga pinggang mengalami banyak tekanan. Contohnya, duduk, berjalan, atau berdiri dalam waktu lama
  • Cedera karena jatuh, kecelakaan, atau aktivitas olahraga
  • Tidur dengan posisi yang salah
  • Berolahraga tanpa pemanasan dan peregangan

Selain penyebab-penyebab di atas, Anda juga akan bisa berisiko lebih tinggi untuk menderita syaraf kejepit di pinggang jika mengalami situasi-situasi di bawah ini:

  • Hamil
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengalami syaraf terjepit di bagian tulang belakang
  • Mengalami pertumbuhan tulang
  • Menderita radang sendi di pinggang

Salah satu cara yang paling penting dalam mencegah syaraf kejepit di pinggang adalah dengan menjaga berat badan yang ideal dan rutin berolahraga.

Pengobatan Syaraf Kejepit di Pinggang

Setelah mempelajari tentang gejala dan penyebabnya, sekarang saatnya masuk ke poin penting lain, yaitu pengobatan syaraf kejepit di pinggang.

Kabar baiknya adalah, pengobatan syaraf kejepit di pinggang ini tidak sulit, dan Anda memiliki peluang besar untuk bisa kembali sembuh seperti sedia kala.

  1. Olahraga

Alternatif pengobatan syaraf kejepit di pinggang yang pertama adalah dengan melakukan olahraga dan peregangan di rumah.

Ini bisa efektif untuk mengurangi rasa sakit atau bahkan menyembuhkan syaraf kejepit yang Anda rasakan.

Anda sebaiknya memilih jenis olahraga yang ringan terlebih dulu untuk melihat apakah tubuh Anda akan sanggup menahannya atau tidak, langsung hentikan jika mulai terasa sakit yang tidak wajar.

Jika fleksibilitas Anda terasa sudah bertambah, barulah Anda bisa pelan-pelan meningkatkan intensitas olahraga yang Anda lakukan.

  1. Obat-obatan

Jika syaraf kejepit di pinggang Anda menimbulkan rasa sakit yang cukup berat, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit.

Kebanyakan obat penghilang rasa sakit yang banyak beredar di pasaran tanpa resep dokter biasanya sudah cukup untuk membantu mengurangi rasa sakit Anda. Baca aturan pakai atau dosisnya, dan perhatikan kontraindikasi penggunaan obat tersebut.

Beberapa jenis obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan iritasi lambung, sehingga bila Anda memiliki masalah lambung sebaiknya menghindarinya.

Jika gejala tidak membaik atau bertambah buruk, segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Kompres Dingin dan Panas

Kompres dingin dengan es batu bisa membantu mengurangi pembengkakan pada area yang sakit. Sementara untuk kompres panas atau penggunaan heat pad bisa digunakan untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit.

Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa bergantian mengaplikasikan kompres dingin dan panas.

  1. Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya atau pola hidup juga bisa menjadi bagian dari pengobatan syaraf kejepit yang efektif.

Untuk syaraf kejepit di area pinggang, Anda sebaiknya memperhatikan aktivitas harian Anda yang berhubungan dengan berbagai penyebab yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hindari berada dalam satu posisi terlalu lama, entah itu duduk atau berdiri. Usahakan untuk bergerak, merubah posisi, atau melakukan peregangan setiap beberapa menit sekali supaya otot Anda tidak tegang.

Syaraf kejepit di bagian pinggang cukup banyak terjadi pada pekerja kantoran atau mereka yang setiap harinya bekerja dalam posisi duduk untuk waktu yang lama.

Saat duduk di kursi untuk waktu yang lama, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk mendapatkan posisi duduk yang baik dan tidak membebani tubuh:

posisi duduk yang benar

Posisi Duduk yang Benar

Sumber gambar: ssep.com.au

  • Sandarkan punggung pada sandaran kursi, pastikan bagian tulang belakang juga bersandar
  • Pilih kursi yang memposisikan pinggang Anda sedikit di atas lutut saat duduk
  • Pilih meja yang tegak lurus dengan posisi lengan atau tangan
  • Beri jarak antara bagian belakang lutut dan kursi
  • Pastikan kaki tetap menapak di lantai saat sedang duduk

Selanjutnya, pastikan Anda tidak tidur dalam posisi yang salah untuk waktu yang lama, misalnya semalaman.

Sebelum tidur, posisikan tubuh Anda secara nyaman dan jangan sampai ada bagian atau area tubuh yang tertekan atau tertarik dengan posisi yang tidak wajar.

Seringkali, posisi Anda akan berubah ketika tidur, untuk menghindari ini Anda bisa meletakkan bantal untuk menjaga supaya posisi Anda tidak banyak berubah.

Pemilihan tempat tidur dan bantal juga merupakan faktor penting yang bisa membantu Anda untuk bisa tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak.

Yang terakhir, pastikan Anda melakukan pemanasan dan peregangan setiap akan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Lakukan pemanasan pada otot di seluruh bagian badan supaya memperkecil risiko cedera atau syaraf terjepit.

  1. Pengobatan dengan Dokter Terpercaya

Jika Anda masih ragu atau takut mencoba beberapa cara pengobatan syaraf kejepit di atas, Anda selalu bisa untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan saran cara pengobatan yang lebih efektif.

Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter yang sudah profesional dan berpengalaman supaya pengobatan syaraf kejepit Anda bisa berjalan dengan lancar.

Tidak perlu khawatir karena sebagian besar kasus syaraf kejepit di pinggang bisa sembuh dan kembali normal setelah perawatan.

Anda juga bisa semakin mempercepat penyembuhannya dengan banyak melakukan olahraga dan peregangan.

Pengobatan Penyakit Syaraf, Tulang, Otot, dan Sendi Bersama Klinik Flex Free

Klinik Flex Free bisa membantu Anda mengatasi berbagai penyakit dan keluhan pada bagian tulang, otot, sendi, dan syaraf.

Kami bisa membantu mengatasi syaraf kejepit Anda di bagian tubuh manapun tanpa perlu operasi. Beberapa bagian tubuh yang sering kami tangani karena keluhan syaraf kejepit di antaranya adalah leher, punggung, pinggang, dan tangan.

Terapi DTS untuk pengobatan syaraf kejepit

Penanganan Syaraf Kejepit dengan DTS di Flex Free Clinic

Khusus untuk penanganan syaraf kejepit, klinik Flex Free memiliki alat khusus yaitu dengan DTS atau Spinal Decompression Treatment.

Tidak perlu ragu lagi, pilihan terbaik Anda untuk pengobatan syaraf kejepit secara menyeluruh, klinik Flex Free tempatnya.

Kunjungi website kami di link berikut untuk informasi lebih lanjut.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561