Terapi Punggung Nyeri untuk Produktivitas Lebih Baik

Senin, 31 Januari 2022
Flex Free
Senin, 31 Januari 2022
Flex Free

Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita nyeri punggung dapat mengganggu produktivitas, terlebih lagi jika sudah dirasakan selama bertahun-tahun, tentu tidak dapat dianggap remeh.

Penanganan nyeri yang tepat perlu dilakukan, agar penderitanya dapat kembali beraktivitas dengan normal dan bebas nyeri.  

Berbagai Cara Terapi Punggung Nyeri

Terapi punggung nyeri yang dilakukan oleh pasien tidaklah sama, bergantung pada penyebab sakit, dan tingkat keparahan yang diderita. Oleh karena itu, penderitanya perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nyeri punggung terbagi dalam dua kelompok yaitu akut dan kronis. Akut artinya nyeri punggung yang belum lama diderita, sementara kronis maksudnya sudah menahun.

Penanganan Terapi Punggung Nyeri Akut

Penderita dapat melakukan terapi punggung nyeri akut secara sederhana di rumah. Dengan memperbaiki posisi tubuh diperkirakan dapat mengurangi rasa sakit yang mendera.

  • Melakukan Pengompresan

Cara yang pertama ketika nyeri tersebut timbul adalah melakukan pengompresan dengan menggunakan kompres dingin ataupun hangat pada bagian yang sakit. Anda dapat menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat atau es yang dibungkus dengan handuk (jangan menempelkan langsung ke kulit).

Jika memungkinkan, Anda dapat juga mandi atau berendam dalam bathtub yang berisikan air hangat. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada punggung.

  • Aktivitas Ringan

Salah satu terapi punggung nyeri yang biasanya dihindari adalah melakukan aktivitas yang ringan. Karena dengan rasa sakit yang mendera, penderita biasanya hanya ingin berbaring untuk meringankannya. 

Meskipun mengalami nyeri punggung, menderita tetap harus selalu melakukan aktivitas yang ringan, sehingga tidak memperburuk nyeri. Tetap lakukan olahraga ringan yang terjadwal untuk mempercepat pemulihan.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan misalnya berjalan santai, dapat mengurangi intensitas rasa sakit. Walaupun pada awalnya, penderita harus beradaptasi dengan ketidaknyamanan yang timbul.

Pada permulaan masa penyembuhan, akan timbul sedikit rasa nyeri yang membuat penderita tidak nyaman. Lama kelamaan tubuh akan mampu beradaptasi.

  • Pereda Nyeri

Terapi punggung nyeri lain adalah mengkonsumsi obat pereda sakit yang dijual bebas, misalnya parasetamol, untuk mengurangi intensitas rasa sakitnya. 

Anda dapat juga mengkonsumsi pereda nyeri lainnya yang telah diresepkan oleh dokter. Jika memutuskan menggunakan obat bebas, selalu perhatikan cara pemakaian atau dosis dan kontraindikasi obat tersebut.

  • Gaya Hidup

Salah satu pemicu timbulnya nyeri punggung adalah postur tubuh yang salah. Tanpa disadari sering kali banyak aktivitas yang dapat menyebabkan nyeri punggung. Misalnya membungkuk atau duduk terlalu lama, memberikan beban pada punggung yang berlebihan.

Gaya hidup modern yang cenderung tidak banyak bergerak, menyulitkan sejumlah pekerja yang biasa beraktivitas di belakang meja. Hal inilah yang membuat mereka memiliki potensi yang lebih besar untuk mengalami nyeri punggung.

Memperbaiki posisi duduk yang tepat, beban yang merata pada punggung, dan olahraga yang teratur akan membantu mengurangi risiko yang timbul.

  • Posisi Tidur

Posisi tidur yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab nyeri punggung akut. Mengubah posisi tubuh pada saat beristirahat malam, dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung, yang akhirnya akan meredakan nyeri.

Jika Anda terbiasa tidur telentang, maka dapat menaruh bantal pada bawah lutut untuk mengurangi rasa nyerinya. Untuk yang terbiasa tidur menyamping, disarankan mengangkat tungkai lutut ke arah dada, tempatkanlah bantal di antara kedua tungkai.

Posisi keduanya dapat membantu menjaga tulang dan postur punggung pada posisi normal. Jangan lupakan pemilihan kasur yang tepat. Pilihlah bahan yang dapat menopang punggung sehingga tidak terbeban.

  • Pilates

Olahraga pilates disebut dapat membantu mengurangi nyeri punggung. Pada pilates, penderita akan belajar bagaimana memiliki postur tubuh yang tegak dan sejajar, sehingga dapat menyangga tulang belakang dengan sempurna.

Proses pensejajaran ini akan memberikan jarak yang tepat antar ruas tulang belakang, sehingga rasa nyeri yang timbul dapat dikurangi. Rasa sakit yang dirasakan terjadi karena jarak antar ruas tulang memendek dan menjepit saraf yang ada.

yoga dan pilates untuk terapi punggung nyeri

Sumber gambar: www.letsstartpilates.com

  • Yoga

Berlatih yoga disebut dapat membantu penderita melepaskan ketegangan pada otot yang akhirnya akan meringankan nyeri punggung. Anda disarankan untuk  berkonsultasi pada guru yoga yang profesional untuk mengatasi nyeri punggung ini.

Terapi Punggung Nyeri Kronis

Jika ternyata terapi nyeri punggung di atas tidak dapat membantu, maka penderita disarankan agar berkonsultasi dokter. Sehingga mendapatkan penanganan yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri punggung.

  • Fisioterapi

Terapi nyeri punggung yang disarankan pertama adalah fisioterapi. Dengan pendampingan dari terapis, Anda akan melakukan latihan fisik yang merupakan bagian dari terapi untuk mengurangi rasa nyeri.

Fisioterapi yang lakukan akan berbeda-beda untuk setiap individu. Biasanya, latihan fisik yang akan dijalankan akan menyesuaikan dengan gejala dan kondisi kesehatan penderita.

  • Olahraga

Selain fisioterapi, Anda akan mendapatkan saran untuk melakukan olahraga yang ringan. Misalnya latihan aerobik untuk menguatkan tubuh serta memperbaiki posturnya. 

Anda bisa mendapatkan serangkaian tes untuk mengetahui seberapa besar tubuh dapat memberikan toleransi terhadap rasa sakit. Dengan demikian, terapis dapat memberikan saran jenis olahraga yang tepat.

  • Prosedur Operasi

Prosedur operasi merupakan jalan terakhir jika penyebab nyeri punggung Anda adalah penyakit yang sudah berat dan sudah tidak dapat diatasi dengan terapi lainnya.

  • Operasi Dekompresi Tulang Belakang

Operasi ini akan disarankan untuk meredakan nyeri punggung yang timbul karena adanya tekanan yang terjadi pada saraf. Prosedurnya adalah menghilangkan pressure pada saraf tulang belakang ruas yang menyebabkan tekanan pada saraf.

  • Operasi Penyatuan Tulang Belakang

Pada prosedur ini, dokter akan menyatukan sendi yang berfungsi untuk memisahkan tulang belakang penyebab timbulnya nyeri punggung. Dengan demikian tulang belakang menjadi lebih stabil.

Agar keluhan Anda segera berkurang dan masalah tidak bertambah berat, segera konsultasikan keluhan Anda pada dokter yang terpercaya. Anda dapat mengunjungi klinik kami: Flex free Clinic untuk mendapatkan terapi punggung nyeri yang tepat untuk Anda.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561