Nyeri Lutut Mengganggu, Periksakan Diri ke Dokter yang Tepat

Kamis, 03 Februari 2022
Flex Free
Kamis, 03 Februari 2022
Flex Free

Nyeri pada bagian lutut bisa dialami oleh siapa saja.

Pada nyeri lutut ringan, Anda bisa mengatasinya dengan perawatan sederhana, yang biasanya dapat membaik dalam waktu tiga hari.

Akan tetapi jika nyeri tidak kunjung hilang, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa lutut Anda mengalami masalah yang serius. Cara mengatasinya tentu tidak bisa dilakukan secara mandiri, melainkan membutuhkan bantuan dari tenaga medis.

4 Tanda Nyeri Lutut yang Perlu Diwaspadai

Segala aktivitas sehari-hari tidak terlepas dengan peran penting dari lutut. Bagian tubuh yang satu ini bisa digunakan untuk segala aktivitas seperti lari, berjalan, berdiri dan lain sebagainya.

Pada saat lutut mengalami nyeri, maka segala aktivitas tidak bisa dilakukan dengan normal. Hal ini tentunya dapat menghambat aktivitas keseharian Anda.

Nyeri lutut tidak hanya bisa dialami oleh orang lanjut usia saja. Anak-anak, remaja dan juga orang dewasa juga bisa mengalami nyeri pada lutut. Penyebabnya juga beragam, mulai dari cedera, kecelakaan, faktor usia dan lain sebagainya.

Apabila nyeri lutut tidak berkurang meskipun sudah dilakukan perawatan di rumah, sudah saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter yang tepat.

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter?

  1. Nyeri Secara Tiba-tiba

Lutut yang terasa nyeri lebih dari 3 hari perlu untuk Anda waspadai. Apalagi jika lutut terasa nyeri secara tiba-tiba. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa lutut Anda mengalami masalah yang serius.

Jika tidak segera memeriksakan diri ke dokter, ada risiko nyeri pada lutut semakin berat.

  1. Lutut Terasa Lemas

Ketika lutut nyeri, biasanya penderitanya akan enggan menggerakkan lutut untuk menghindari rasa sakit, sehingga lutut terasa lemas.

Akan tetapi jika Anda merasakan lutut sangat lemas hingga sulit untuk digerakkan, atau bahkan hingga tidak dapat bergerak sama sekali, hal ini bisa menjadi salah satu tanda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter karena mungkin ada gangguan atau masalah pada lutut yang lebih serius.

  1. Lutut yang Sulit Ditekuk

Tanda dari lutut sakit dengan kondisi yang cukup serius salah satunya adalah lutut yang sulit untuk ditekuk. Kebanyakan nyeri pada area lutut memang menyebabkan lutut sulit untuk ditekuk. Namun yang membedakan dari nyeri ringan dan nyeri yang cukup serius salah satunya adalah masalah waktunya.

Keadaan lutut yang sakit dengan kondisi serius dalam jangka waktu yang lama merupakan tanda yang paling mudah diketahui. Selain itu juga ditandai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan pada area lutut Anda.

Kondisi seperti ini tentunya menyulitkan Anda untuk bergerak, untuk itu Anda perlu melakukan terapi tertentu ke dokter yang sudah ahli dalam bidangnya.

  1. Lutut Membengkak

Tidak semua nyeri pada lutut disertai pembengkakan, dan tidak semua pembengkakan berarti ada masalah yang serius pada lutut.

Pada kasus ringan, pembengkakan umumnya tidak terlalu besar, dan dapat menghilang setelah lutut diistirahatkan dan dikompres dengan air dingin.

Pada kasus yang lebih berat, pembengkakan terjadi sangat cepat, dan tidak merespons terhadap penanganan di rumah. Hal ini menandakan adanya luka atau cedera di dalam lutut yang masih terus berlangsung.

Bila Anda mengalami masalah ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat dengan melakukan konsultasi bersama dokter dari Flex Free Clinic. Untuk melakukan konsultasi, Anda hanya perlu menghubungi nomor whatsapp yang sudah tertera di website kami melalui link berikut.

Dapatkan Penanganan untuk Nyeri Lutut di Flex Free Clinic

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah klinik dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis yang menangani keluhan atau penyakit pada otot, tulang, sendi dan saraf.

Salah satu keluhan yang dapat ditangani di klinik kami adalah nyeri lutut. Tim kami terdiri dari dokter spesialis yang ahli dibidangnya dan terapis yang ahli dalam membantu menangani berbagai masalah pada otot, tulang, sendi dan saraf.

Untuk menangani masalah nyeri lutut, dokter akan melakukan anamnesis (mewawancarai) Anda mengenai gejala yang dirasakan dan melakukan beberapa pemeriksaan lutut secara langsung, untuk menentukan penyebab, diagnosis dan terapi yang tepat untuk Anda.

Beberapa terapi nyeri lutut yang bisa Anda dapatkan di klinik kami antara lain:

  1. Terapi ultrasound.

Terapi ultrasound (US) adalah terapi yang menggunakan gelombang suara.

terapi nyeri lutut dengan ultrasound

Terapi ultrasound dapat memberikan efek pemanasan dalam maupun superfisial, dan efek mekanik, yang dapat berfungsi untuk memasukan jenis obat tertentu, efek pemijatan dan efek biologis yang dapat mempengaruhi proses yang terjadi di jaringan atau sel sehingga dapat mempercepat terjadinya pemulihan atau regenerasi jaringan.

  1. Terapi ESWT.

ESWT atau extracorporeal Shock Wave Therapy adalah salah satu pilihan terapi untuk meredakan nyeri.

Prosedur terapi ESWT menggunakan gelombang suara yang menghantarkan energi tinggi ke titik nyeri dan jaringan tulang-otot yang mengalami kondisi subakut, subkronis dan kronis.

Energi yang dialirkan dapat menstimulasi metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah dan mempercepat proses regenerasi dan perbaikan dari tulang, tendon dan jaringan lunak lainnya.

  1. Terapi Injeksi.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi injeksi, misalnya:

  1. Kortikosteroid.

Kortikosteroid digunakan untuk membantu mengurangi gejala radang sendi dan dapat meredakan nyeri selama beberapa bulan.

Akan tetapi kortikosteroid tidak selalu efektif untuk semua kasus nyeri lutut.

  1. Asam hyaluronat.

Cairan ini serupa dengan cairan sendi. Digunakan untuk memperbaiki pergerakan dan meredakan nyeri sendi.

  1. Platelet-rich Plasma (PRP).

PRP mengandung konsentrasi sejumlah faktor pertumbuhan yang dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. PRP cenderung lebih bermanfaat bagi pasien yang mengalami nyeri sendi akibat robekan sendi, terkilir atau cedera.

Selain terapi di atas, Anda mungkin akan diberikan terapi atau latihan fisik untuk membantu mengembalikan kekuatan sendi dan otot di sekitar lutut, untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mencegah nyeri lutut kembali kambuh.

Hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal konsultasi dokter dan lainnya. Semakin cepat Anda melakukan konsultasi, maka semakin cepat pula Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi nyeri lutut dengan dokter kami di Flex Free Clinic.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel