4 Olahraga Ringan yang Bisa Dijadikan Terapi Lutut Sakit

Rabu, 16 Februari 2022
Klinik Flex-Free
Rabu, 16 Februari 2022
Klinik Flex-Free

Nyeri pada sendi memang bisa dialami oleh semua orang. Salah satu bagian tubuh yang rawan mengalami nyeri adalah bagian lutut. Untuk mengurangi nyeri pada lutut, maka diperlukan adanya terapi lutut sakit. Olahraga juga bisa menjadi salah satu terapi yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tersebut.

Tidak sembarangan olahraga yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada lutut. Melainkan hanya olahraga yang ringan dan perlu dilakukan secara rutin. Yuk, ketahui berbagai metode terapi lutut pada artikel berikut!

  Terapi Lutut Sakit Bisa Dilakukan Dengan 4  Olahraga Ringan

Sebagian masyarakat pernah mengalami nyeri pada lutut. Nyeri seperti ini biasanya sering dirasakan oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun faktanya, tidak hanya orang yang lanjut usia saja melainkan juga bisa remaja hingga orang dewasa. Penyebabnya tentu saja berbeda-beda. Mulai dari adanya cedera, radang sendi, masalah mekanika dan masih banyak lagi.

Apabila rasa nyeri tidak kunjung membaik, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Untuk nyeri yang tidak terlalu parah dan bisa diobati secara mandiri, maka Anda bisa melakukan terapi lutut dengan cara berolahraga. Olahraga yang dilakukan pun termasuk olahraga dengan intensitas ringan.

Tentunya olahraga ringan yang kami sebutkan di bawah ini harus dilakukan dengan rutin agar lutut Anda yang sakit bisa segera pulih. Simak ulasan di bawah ini untuk gerakan olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan ketika bagian lutut terasa sakit :

1. Olahraga dengan  Berjalan Kaki

Melakukan aktivitas olahraga memang dibutuhkan oleh semua orang. Mulai dari sejak masih anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia perlu adanya olahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan mudah adalah jalan kaki. Kegiatan olahraga seperti ini juga bisa dijadikan sebagai terapi lutut sakit.

Berjalan kaki tidak akan mempengaruhi persendian Anda. Untuk itu, olahraga ini cocok dilakukan saat Anda mengalami nyeri pada bagian lutut. Saat Anda olahraga dalam keadaan lutut yang sakit, maka durasi untuk berjalan kaki harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai Anda terlalu lama berjalan kaki, karena hal tersebut justru mengakibatkan lutut semakin sakit.

Anda bisa melakukan gerakan olahraga ini selama 15 menit, kemudian dilanjutkan esok hari dengan penambahan durasi Anda saat melakukan olahraga ini. Hal yang paling penting saat melakukan olahraga yaitu dilakukan secara rutin dan berkala, sehingga kekuatan lutut bisa meningkat.

2. Olahraga Yoga dan Pilates

Jenis olahraga yang bisa dijadikan sebagai terapi lutut sakit terbaik adalah olahraga yoga dan juga pilates. Kedua jenis olahraga ini sangat ringan untuk dilakukan. Tidak hanya itu saja, melainkan juga bisa menjadikan tubuh Anda semakin rileks dan tenang. Manfaat dari melakukan olahraga ini adalah dapat meningkatkan ketahanan otot, memperkuat tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan masih banyak lagi.

Proses melakukan olahraga yoga dan pilates harus dilakukan di bawah pengawasan oleh orang yang profesional. Karena jika Anda asal mencobanya dan dilakukan secara sembarangan, maka bisa mengakibatkan sakit pada bagian punggung. Akan lebih baik jika Anda mengikuti kelas yoga dan pilates khusus untuk mendapatkan pendampingan dari instruktur yang ahli.

3. Olahraga Berenang

Olahraga lain yang juga bisa dilakukan untuk terapi lutut sakit adalah olahraga berenang. Aktivitas olahraga ini sama sekali tidak akan memberikan tekanan ada bagian lutut. Anda tetap bisa berolahraga tanpa harus memberikan tekanan pada lutut Anda, sehingga tubuh tetap sehat dan rasa sakit pada bagian lutut perlahan berkurang.

4. Olahraga Bersepeda

Gerakan olahraga bersepeda dapat melatih otot tendon yang berada disekitar lutut Anda, sehingga bisa melatih sendi yang ada di lutut. Saat Anda merasa sakit pada bagian lutut, maka jangan bersepeda dengan durasi yang lama. Anda juga perlu bersepeda 3 hingga 4 kali dalam waktu satu minggu.

Berolahraga secara rutin memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Untuk keadaan sakit pada bagian tubuh tertentu, maka durasi untuk berolahraga harus dikurangi. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memilih olahraga yang ringan agar tidak semakin parah sakitnya. Lakukan olahraga di atas, agar lutut Anda segera membaik.

 Obat Tradisional Untuk Terapi Lutut Sakit

Sakit pada persendian di bagian tubuh tertentu memang bisa saja terjadi semua orang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka bisa dilakukan dengan memijat ataupun melakukan olahraga tertentu. Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa obat tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri pada tubuh Anda, tidak terkecuali pada bagian lutut Anda yang sakit?

Obat tradisional yang kami sebutkan di bawah ini bisa dijadikan sebagai salah satu metode terapi lutut sakit yang bisa Anda lakukan saat berada di rumah. Tentunya obat tradisional ini bisa dengan mudah untuk Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah.

Di bawah ini terdapat obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada lutut.

1. Kunyit

Obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada sendi adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat antiradang, dan dapat mengurangi rasa nyeri serta meredakan pembengkakan pada lutut Anda. kandungan kurkumin tersebut bekerja dengan cara menghambat sitokin dan enzim pemicu inflamasi yang lainnya.

2. Sari Jahe

Tanaman jahe memang bagus untuk menghangatkan tubuh, sehingga tubuh bisa lebih tenang dan rileks. Selain hal tersebut, sari jahe juga dapat mengobati nyeri yang terjadi di lutut Anda. Kandungan gingerol pada jahe berupa antiradang yang mampu mengurangi rasa nyeri. Anda bisa mengonsumsi sari jahe 2 kali dalam sehari dan dilakukan secara rutin.

3. Minyak Kelapa

Mengatasi lutut yang sakit juga bisa dilakukan dengan cara melakukan pemijatan pada area lutut yang mengalami radang. Oleskan minyak kelapa  pada area sendi lutut secara merata. Kemudian pijatlah dengan perlahan. Melakukan hal ini cukup ampuh untuk meredakan nyeri, inflamasi, dan juga dapat mengurangi tekanan pada sendi lutut.

4. Cabe Rawit

Cabe rawit memiliki kandungan capsaicin yang dapat menghilangkan rasa sakit yang terjadi di area lutut. Untuk menggunakan cabe rawit sebagai obat mengurangi rasa sakit pada lutut, maka Anda perlu mencampurkan cabe rawit dengan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada area lutut yang sakit secara perlahan dan lembut.

Penggunaan obat tradisional memang bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh lutut Anda yang sakit. Adanya pengobatan seperti ini bisa dilakukan apabila Anda mengalami nyeri lutut yang tidak terlalu parah. Namun, jika Anda menemukan bahwa rasa sakit pada lutut Anda tidak kunjung sembuh, maka segera periksa ke dokter.

Dokter akan memberikan terapi lutut sakit yang tepat untuk Anda. Anda bisa melakukan pengobatan hanya dengan mengunjungi website kami melalui link berikut. Tidak hanya akan ditangani dengan dokter terbaik, kami juga memiliki perlengkapan yang lengkap. Sehingga Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan keluhan Anda.

Mari mendapatkan terapi lutut sakit hanya di Flex Free Clinic!


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel