Terapi Lutut Sakit

Rabu, 10 November 2021
Klinik Flex-Free
Rabu, 10 November 2021
Klinik Flex-Free

Flex Free Clinic merupakan salah satu klinik terapi lutut sakit terpercaya. Klinik kami pun melayani berbagai keluhan sakit lainnya yang mengatasi kelainan otot, tulang, sendi dan saraf.

Bagi Anda yang sedang mengalami lutut sakit. Anda bisa lakukan pengobatan dengan cara terapi lutut sakit di klinik kami ini.

Pelayanan terapi untuk berbagai keluhan nyeri di klinik kami didampingi satu dokter spesialis di bidangnya. Sehingga pengobatan  lebih intens dan terpantau rapi. Sehingga bagi Anda para penderita lutut sakit bisa langsung mempercayakan saja kepada klinik kami.

Sebab kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik. Karena itulah banyak pasien yang selalu datang kembali ke klinik kami untuk mendapatkan pelayanan secara eksklusif. Baca artikel lengkapnya untuk mendapatkan informasi lebih tentang klinik kami.

Kenapa Harus Terapi Lutut Sakit Di Flex Free Clinic?

Flex Free Clinic tempat pengobatan kelainan dan keluhan muskuloskeletal ini sudah memiliki 2 cabang di kota besar, yakni Jakarta dan Bandung. Mempekerjakan staf profesional di bidangnya, yang mana memberikan dampak baik untuk setiap pasiennya.

   1.Fasilitas Mumpuni Untuk Pengobatan

Fasilitas yang diberikan kepada pasien haruslah yang terbaik. Mulai dari perawatan, alat-alat yang digunakan dan pelayanan lainnya. Hal ini kami berikan agar pelanggan merasa nyaman dan aman. Sehingga diharapkan pasien lebih cepat dalam proses penyembuhannya.

Fasilitas yang kami berikan pun beragam, mulai dari DTS, ESWT, Exercises, Fisioterapi, Layanan tindakan medis dan lainnya. Anda bisa langsung mengunjungi halaman resmi kami di Flex Free Clinic. Disana Anda akan menemukan berbagai fasilitasnya, dan kalau tertarik bisa langsung mencobanya saja.

Pertama, DTS merupakan salah satu metode  terapi lutut sakit yang bisa meringankan rasa sakit yang dialami. Terapi ini akan dilakukan dengan menggunakan pola tarikan.

Fasilitas yang kami sediakan tadi, membantu proses pengobatan pun berjalan dengan lancar. Sehingga, Anda dapat meringankan rasa sakit pada lutut dengan mudah.

Sebab kami memiliki cara unik dalam mengatasi keluhan setiap pasien. Sebelum melakukan terapi ini, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

   2. Ada Banyak Layanan yang Disediakan

Layanan menjadi salah satu hal yang bisa kami sediakan khusus bagi para pengunjung yang ingin melakukan terapi lutut sakit. Pihak kami selalu menyediakan layanan secara berkualitas agar hasil yang didapatkan pun memuaskan. Flex Free Clinic ini pun menyediakan reservasi pengobatan di klinik secara langsung.

Di Flex Free Clinic, ada beberapa layanan yang tersedia yaitu Scoliosis Treatment Centre, hingga USG Musculoskeletal.

Pertama, scoliosis Treatment Center merupakan salah satu layanan yang memudahkan pengunjung dengan memperbaiki kelainan tulang belakang.

Kenyamanan merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh pasien saat mengunjungi sebuah klinik, misalnya saat melakukan terapi lutut sakit di Flex Free Clinic. Kami selalu menjamin agar setiap ruangan yang kami sediakan tetap dalam keadaan bersih dan nyaman.

Kedua, USG Musculoskeletal ini merupakan alat bantu yang bisa digunakan untuk melihat kondisi janin di dalam rahim. Anda pun tetap bisa melihat berbagai organ tubuh lainnya di dalam perut.

Dalam mengobati para pasien yang mengidap penyakit sakit lutut, tentu Flex Free Clinic selalu menyediakan alat dengan teknologi canggih sebagai bentuk penanganannya. Sebelum digunakan kepada pasien, kami selalu memeriksa alat tersebut dan mengetesnya terlebih dahulu.

Dengan menggunakan USG Musculoskeletal, kami bisa mengetahui seberapa baik tubuh para pasien. Sebelum dilakukan tindakan pemeriksaan lanjutan.

Alat-alat medis yang dilengkapi teknologi terkini di kami. Tentunya digunakan oleh dokter dan staf Flex Free yang kompeten dibidangnya.  Karena para staf sudah dilatih secara khusus. Sehingga alat-alat medis digunakan sebagaimana fungsinya.

   Sebab Dilakukannya Terapi Lutut Sakit

Banyak orang menganggap sakit lutut hanya bisa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia saja. Tetapi kenyataannya sakit lutut bisa dialami oleh para remaja. Untuk mengetahui penyebab dilakukannya terapi lutut sakit. Perhatikan sebab-sebab di bawah ini.

    1. Mengalami Cedera Lutut

Penyebab pertama adalah cedera lutut yang bisa diakibatkan karena terlalu banyak bekerja atau melakukan kegiatan yang terlalu berat. Hal ini berdampak buruk pada otot atau tendon di lutut yang bisa mengalami nyeri, kaku, hingga ngilu.

Jika sudah terlalu sering mengalami lutut sakit. Kemungkinan Anda akan mengalami penyakit tendinitis dan bursitis, yakni dua kondisi yang bisa saja timbul karena nyeri lutut. Penyakit ini bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak bergerak.

Jadi, wajar saja jika nyeri tiba – tiba menghalangi aktivitas Anda. Kondisi ini pun bisa terjadi pada anak – anak, remaja hingga atlet muda.

Pada dasarnya lutut sakit terjadi karena melakukan latihan yang berlebih. Atau  memiliki rutinitas aktivitas yang buruk lainnya. Hal ini pun mengakibatkan salah satu sel otot bekerja lebih keras dibandingkan sel otot lainnya.

Kondisi ini dapat mengakibatkan tempurung lutut keluar dari posisinya. Akhirnya, bisa saja merasakan rasa sakit pada malam hari. Salah satu solusinya dari terapi lutut sakit, bisa mulai untuk mengurangi aktivitas yang berlebihan agar rasa sakit pada lutut dapat berkurang.

    2. Mengidap Sindrom Nyeri Patellofemoral

Apa itu sindrom nyeri patellofemoral? Sindrom ini merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan tulang rawan di bagian bawah tempurung rusak.

Sindrom ini juga rentan menyerang otot bagian lutut. Sehingga sindrom ini dikatakan sebagai penyebab kedua keluhan lutut sakit. Penyebabnya bisa karena kegiatan olahraga yang berlebihan baik pada pria maupun wanita. Selain nyeri, tentu sakit lutut bisa saja mengakibatkan iritasi hingga peradangan.

      3. Radang Sendi

Radang sendiri termasuk penyebab ketiga yang dapat terjadi jika lutut sakit. Sebelum melakukan terapi lutut sakit tentu Anda harus mengenal terlebih dulu apa itu radang sendi. Kondisi ini seringnya terjadi kepada orang – orang yang melakukan aktivitas secara berlebihan. Contohnya seperti atlet yang memiliki jadwal olahraga yang padat atau bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini tentu harus diwaspadai sebab radang sendi dapat terjadi di bagian pelindung tulang rawan.

      4. Runner’s Knee

Runner’s Knee bisa menjadi penyebab keempat yang mengakibatkan lutut menjadi cedera.  Keluhan ini bisa terjadi kepada siapa saja. Tidak hanya seorang pelari profesional.

Anda sebagai orang awam pun, jika cukup sering melakukan jogging bisa saja terkena runner’s knee, yang bisa menyebabkan terapi pada lutut Anda ketika sakit.

Salah satu gejala runner’s knee yaitu terjadi peradangan pada bagian tulang rawan di bagian bawah tempurung lutut.

Perlu diketahui tulang rawan merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah rapuh. Jika digunakan secara berlebihan untuk berkegiatan dapat mengakibatkan rasa nyeri yang tak tertahankan di sekitar tempurung lutut.

          5. Iliotibial Band

Iliotibial Band merupakan sindrom yang bisa saja terjadi setelah berlari yang berlebihan. Ciri – cirinya yaitu terdapat tendon yang mulai muncul dari bagian samping ke luar paha. Lalu berlanjut dari lutut sampai ke arah luar di bagian samping.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan lutut tiba – tiba merasakan nyeri tak karuan akibat kelelahan. Jika lutut mengalami kelelahan tentu harus diberikan waktu untuk berelaksasi. Hal ini dilakukan agar lutut tidak merasakan sakit berlebihan.

Cara mencegahnya pun bisa dengan cara mengganti sepatu. Usahakan jika merasa kurang nyaman lebih baik diganti saja dengan yang baru. Setidaknya sekitar 4 – 6 bulan, Anda harus mengganti sepatu dengan yang nyaman.

Terapi Lutut Sakit: Berikut Cara Penanganannya

Selain bisa menyebabkan nyeri, saat lutut sakit pun Anda akan mengalami pengapuran sendi. Alhasil mengakibatkan lutut menjadi ngilu bisa terjadi di usia dini. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Lalu, cara terapi lutut sakit yang kedua bisa dengan menjaga aktivitas secara stabil. Dalam melakukan aktivitas pun tidak boleh berlebihan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Untuk mengetahui seberapa banyak aktivitas yang dilakukan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan salah satu staf ahli kami. Staf kami akan memberitahu seberapa banyak porsi aktivitas yang harus Anda lakukan.

Cara lainnya bisa menggunakan pelindung lutut. Pelindung lutut ini mampu melindungi lutut Anda dari berbagai risiko cedera. Akan tetapi untuk kegiatan sehari-hari sepertinya tidak memungkinkan untuk menggunakan pelindung lutut ini. Kecuali Anda menggunakannya di saat akan melakukan olahraga.

Pastikan sebelum berolahraga, Anda melakukan pemanasan terlebih dulu guna mencegah keluhan lutut sakit.

Usahakan gunakan alas kaki yang cocok dalam berkegiatan olahraga. Lalu, mulailah melakukan latihan kaki agar kekuatan otot lutut bisa terjaga dengan baik.

   Cara Mengatasi Terapi Lutut Sakit yang Sudah Parah

Dalam mengatasi lutut yang sakit pun memerlukan perawatan maksimal. Ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan. Sebelum mengetahui tindakannya, pastikan untuk melakukan tindakan sesuai dengan langkah – langkah yang sudah tersedia di bawah ini.

    1. Memberikan Waktu Untuk Lutut Istirahat

Jika lutut tiba – tiba mengalami nyeri, Anda bisa langsung memberikan waktu istirahat kepada lutut. Setidaknya Anda bisa mengurangi aktivitas agar rasa nyeri yang dialami oleh lutut bisa berkurang. Tetapi hal ini hanya bisa terjadi bagi orang yang memiliki rasa nyeri ringan saja.

Berbeda dengan rasa nyeri yang berat bisa memulai untuk melakukan waktu pemulihan lebih lama. Misalnya seperti memberikan istirahat kepada lutut sekitar 5 – 7 hari. Langkah terakhir bisa langsung berkonsultasi saja kepada dokter kami yang terpercaya.

     2. Mengompres Dengan Es

Mengompres dengan es di bagian yang terasa nyeri bisa membantu untuk meredakan rasa sakitnya. Tetapi usahakan untuk memberikan istirahat kepada lutut agar lutut tidak mengalami rasa nyeri kembali. Kalau perlu, Anda bisa mengonsumsi obat yang sesuai dengan resep dari dokter.

    3. Melakukan Olahraga

Olahraga menjadi salah satu hal yang bisa membuat lutut merasa lebih baik. Tentu dalam melakukan olahraga harus melihat waktunya terlebih dahulu. Olahraga pun dipercaya sebagai salah satu hal yang bisa menyebabkan otot kembali kuat.

    4. Menggunakan Tongkat

Tongkat bisa menjadi penopang alternatif bagi Anda yang masih kesulitan dalam berjalan. Tetapi pilihlah tongkat yang memiliki bahan kokoh dan ringan. Hal ini berguna agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam berjalan saat menggunakan tongkat tersebut.

     5. Menjaga Berat Badan

Kenaikan berat badan secara drastis bisa saja menimbulkan rasa nyeri di lutut. Untuk itu, agar mengurangi rasa nyeri bisa menjaga agar berat badan tetap stabil. Jika memiliki berat badan berlebih, Anda bisa membuat target untuk menurunkan berat badan.

      6. Menjalani Akupuntur

Akupuntur termasuk cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit. Biasanya akan ada jarum – jarum kecil yang akan dimasukkan ke dalam kulit tubuh. Banyak penelitian mengatakan langkah ini bisa mengatasi nyeri lebih mudah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengunjungi layanan fisioterapis milik kami. Kami akan memberikan pelayanan terhadap Anda sesuai rasa sakit yang dirasakan. Pihak kami juga akan membantu Anda dalam melakukan terapi jika dibutuhkan.

    Olahraga Untuk Terapi Lutut Sakit

Olahraga menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menghilangkan rasa sakit. Dengan berolahraga tentu Anda bisa menguranginya dengan melakukan beberapa gesekan. Tentu kondisi seperti ini sering sekali terjadi di berbagai kalangan, salah satunya orang dewasa.

    1. Berenang

Berenang bisa menjadi olahraga ringan pertama yang bisa Anda lakukan. Adapun dengan berenang Anda bisa membakar banyak kalori di dalam tubuh. Perlu diketahui air ini memiliki kemampuan yang membuat tubuh menjadi ringan dari berat yang sesungguhnya.

     2. Bersepeda

Jika sulit menemukan kolam renang, maka alternatifnya adalah bersepeda. Bersepeda bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit di dalam tubuh. Dengan melakukan gerakan melingkar pun membantu agar otot mulai terbiasa dalam melakukan berbagai hal.

    3. Berjalan Kaki

Berikutnya, olahraga ringan yang ketiga adalah berjalan kaki. Berjalan kaki bisa Anda lakukan dimana saja, baik di jalan, di rumah atau tempat lainnya. Semakin cepat kaki Anda melangkah maka semakin berat pula tumpuan yang akan dirasakan.

Dengan jalan kaki tentu dipercaya bisa membakar kalori saat sedang melakukan jogging. Olahraga ini tidak membutuhkan alat sama sekali. Melainkan Anda hanya membutuhkan pijakan rata dan nyaman untuk berjalan kaki.

     4. Melakukan Jogging

Melakukan jogging bisa Anda lakukan jika Anda memiliki gejala sakit nyeri yang ringan. Jika memiliki gejala berat, lebih baik tidak perlu melakukan jogging. Sebab hal ini bisa saja berbahaya bagi lutut Anda dan bisa lebih parah.

     5. Melakukan Step Up

Step up tergolong ke dalam olahraga kardio dengan intensitas yang rendah. Pertama, Anda bisa memulai terlebih dulu untuk melakukan gerakan step up tersebut. Tetapi dalam melakukannya, Anda membutuhkan bantuan berupa kursi yang kokoh dengan ketinggian yang cukup tinggi.

Langkah selanjutnya, bisa dengan memijakkan kaki kanan kepada bangku. Lalu dorong tubuh ke bagian atas untuk menggunakan otot bokong. Selanjutnya, pastikan kaki dalam keadaan yang lurus. Berikutnya, kaki kiri harus terangkat dari tanah.

Berikutnya, Anda bisa menurunkan tubuh secara perlahan agar kaki bisa menyentuh kepada tanah. Untuk melakukannya, Anda bisa mengulangi kegiatan ini sebanyak 10 kali agar bisa menghasilkan kalori yang banyak. Sekarang dalam meringankan rasa sakit pada lutut bisa dengan melakukan berbagai cara di atas. Cara di atas pun terkenal keampuhannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba terapi lutut sakit melalui tips di atas. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada Flex Free Clinic terlebih dahulu. Agar bisa didampingi dengan ahlinya.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561