Adakah Cara Cepat Mengobati Frozen Shoulder? Berikut Pembahasannya

Jumat, 18 Februari 2022
Flex Free
Jumat, 18 Februari 2022
Flex Free

Frozen shoulder atau adhesive capsulitis, merupakan kondisi kaku serta nyeri yang terjadi pada bahu. Gejala dari gangguan ini terjadi secara bertahap dan memburuk seiring waktu.

Penyebab dari kakunya bahu tidak diketahui secara pasti. Pada frozen shoulder, jaringan halus dari kapsul bahu akan mengeras, menebal dan meradang disertai timbulnya perlengketan antara kapsul bahu dengan tendon-tendon otot yang berada di sendi bahu.

frozen shoulder

Hal ini umumnya terjadi akibat peradangan yang berlangsung cukup lama yang dipicu cedera ringan karena pemakaian berulang ataupun karena faktor lain seperti pada penyakit kronis. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi frozen shoulder? Bisakah diobati di rumah? Berikut ini penjelasannya.

Adakah Cara Cepat Mengobati Frozen Shoulder?

Gangguan ini umumnya bisa sembuh dalam satu hingga tiga tahun usai memburuk. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk bisa sembuh lebih cepat dari waktu kesembuhan yang umumnya ditaksirkan.

Selain itu, perawatan yang tepat dan cepat juga semakin membuka lebar peluang kesembuhan lebih singkat bagi para penderita frozen shoulder.

Untuk mendukung proses penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk membantu mengatasi frozen shoulder.

  1. Latihan Bahu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menunjang proses penyembuhan frozen shoulder adalah dengan latihan bahu secara rutin. Dokter umumnya akan menyarankan kepada penderita untuk melakukan latihan bahu. Hindari aktivitas atau posisi yang membuat bahu menjadi pasif atau tidak menggerakkan bahu sama sekali.

Pasalnya, kondisi seperti itu justru dapat memperlambat penyembuhan frozen shoulder dan membuatnya menjadi semakin berat. Guna menghilangkan rasa kaku dan nyeri, maka sebisa mungkin pertahankan rentang gerakan bahu sebanyak-banyaknya.

  1. Memperbaiki Posisi Tidur

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk membantu proses penyembuhan frozen shoulder adalah dengan memperbaiki posisi tidur.

Posisi tidur menjadi salah satu bagian penting dalam pemulihan bahu yang mengalami rasa nyeri bahkan kaku.

Disarankan, bagi Anda para penderita frozen shoulder, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk melakukan posisi tidur dengan telentang. Bisa juga dilengkapi dengan mengganjal sisi bahu yang mengalami masalah menggunakan bantal dengan ketinggian sedang atau tidak terlalu tinggi.

Kemudian, Anda bisa meletakkan tangan supaya bisa beristirahat dengan maksimal di atas perut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan posisi tidur menyamping ke sisi bahu yang dianggap lebih sehat. Di samping itu, merangkul bantal di depan dada menggunakan tangan Anda yang berada di sisi bahu dengan masalah frozen shoulder tadi.

Melalui cara ini, pemulihan frozen shoulder bisa berjalan dengan lancar sebab posisi tidur yang Anda lakukan, merupakan posisi tidur yang mendukung proses penyembuhan bahu yang bermasalah.

  1. Kompres dengan Es

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan es. Anda bisa melakukan kompres dengan memasukkan es ke dalam kain atau kantung kompres, kemudian tempelkan pada bagian bahu yang bermasalah.

Cara ini bisa dikatakan cukup sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri maupun kaku yang diakibatkan oleh frozen shoulder yang diderita.

  1. Istirahat dengan Cukup

Meskipun dalam kondisi frozen shoulder membuat seseorang harus melatih gerakan bahu dengan sebanyak mungkin, namun bukan berarti dirinya tidak boleh memiliki waktu istirahat dengan cukup.

Istirahat cukup dapat mengurangi stres sehingga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Tentunya hal ini semakin membantu proses penyembuhan frozen shoulder yang diderita.

Melalui istirahat yang cukup dengan posisi istirahat atau posisi tidur dilakukan dengan benar sebagaimana yang dianjurkan, maka dapat membuat kondisi bahu Anda akan semakin membaik dalam kurun waktu yang lebih cepat.

  1. Hindari Rokok

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan frozen shoulder adalah dengan menghindari rokok.

Pasalnya, merokok dapat menghambat proses penyembuhan frozen shoulder sehingga menjadi lebih lama.

  1. Jalankan Pola Hidup Sehat

Guna mendukung proses penyembuhan frozen shoulder supaya bisa sembuh lebih cepat, maka jangan lupa untuk terus melakukan pola hidup sehat. Selain dengan beristirahat secara cukup, menghindari rokok, dan lain sebagainya sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat melakukan pola hidup sehat lainnya supaya kondisi tubuh tetap fit dan semakin pulih.

Di antaranya adalah dengan olahraga ringan, makan makanan sehat dan bergizi, perbanyak minum air putih, hindari stres, dan lain sebagainya.

Melalui cara ini, kondisi tubuh Anda bisa menjadi lebih fit dan siap untuk melawan frozen shoulder yang menyiksa selama ini.

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Apabila cara-cara di atas belum dapat meredakan nyeri dan kaku bahu Anda, Anda dapat mengkonsultasikan keluhan Anda dengan dokter.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis (Sp.KFR) untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Di Flex Free Clinic, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari tim dokter kami yang profesional dan ahli di bidangnya. Termasuk untuk masalah frozen shoulder, karena klinik kami fokus mengatasi masalah pada otot, tulang, sendi dan saraf.

Jadi, tunggu apa lagi, datangi klinik kami untuk proses penyembuhan frozen shoulder dengan tepat hanya di Flex Free sekarang juga.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561