Cara Mengobati Syaraf Kejepit di Pinggang

Rabu, 23 Februari 2022
Flex Free
Rabu, 23 Februari 2022
Flex Free

Syaraf kejepit bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk di daerah pinggang. Penyebabnya pun bermacam-macam.

Pada kasus ringan, syaraf kejepit dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu, sedangkan pada kasus yang lebih berat, diperlukan penanganan medis oleh dokter ahli.

Apabila Anda mengalami syaraf kejepit ringan, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk penanganan awal. Bila keluhan Anda tidak membaik atau justru bertambah berat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8 Cara Mengobati Syaraf Kejepit di Pinggang

  1. Istirahat dengan Cukup

Penderita syaraf kejepit di pinggang membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk segera memulihkan kondisinya. Pasalnya, tidur menjadi bagian penting dalam proses penyembuhan suatu penyakit termasuk untuk penyakit syaraf.

Pada saat tidur, tubuh melakukan perbaikan dirinya sendiri. Dengan demikian, proses penyembuhan syaraf kejepit dapat lebih cepat.

Tidak sedikit juga para penderita syaraf kejepit di pinggang bisa sembuh sendiri hanya dengan memaksimalkan waktu istirahat yang dimiliki. Selain itu, dapat dibantu dengan menghindari kegiatan-kegiatan berat selama proses penyembuhan.

posisi tidur

Posisi tidur telentang yang benar

Namun, posisi tidur yang dilakukan juga jangan sembarangan. Jangan sampai Anda tidur di posisi yang bisa menambah tekanan pada saraf.

  1. Menyesuaikan Postur Tubuh

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengobati syaraf kejepit di pinggang adalah dengan menyesuaikan postur tubuh. Salah satunya adalah dengan memperbaiki cara duduk atau berdiri guna mengurangi rasa sakit dari syaraf kejepit.

postur tubuh yang baik

Gunakan posisi senyaman mungkin ketika Anda berdiri maupun duduk, dan gunakan waktu sebanyak mungkin pada posisi yang Anda anggap nyaman serta tidak menimbulkan rasa sakit akibat syaraf kejepit.

  1. Melakukan Peregangan

Cara mengobati syaraf kejepit di pinggang selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan yang Anda lakukan harus secara perlahan dan lembut sehingga dapat meringankan tekanan pada syaraf yang kejepit. Ingat, jangan sampai Anda melakukan peregangan terlalu kuat yang justru bisa menimbulkan rasa sakit terlalu banyak.

Kondisi berat atau tidaknya peregangan yang dilakukan, umumnya ditandai dengan rasa sakit yang mulai bermuncul atau keadaan yang menjadi kurang nyaman. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka kurangi peregangan sebab gerakan-gerakan kecil memiliki dampak cukup signifikan sebagai obat penyembuh syaraf kejepit.

  1. Kompres dengan Bantalan Pemanas

Selain beberapa cara pengobatan mandiri di atas, Anda juga bisa memanfaatkan kompres dengan bantalan pemanas untuk membantu mengatasi syaraf kejepit. Bantalan panas memiliki fungsi untuk mengendurkan otot-otot tegang yang berada di sekitar area yang mengalami syaraf kejepit.

Panas dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga semakin membantu proses penyembuhan syaraf kejepit.

Anda bisa membuat bantalan hangat sendiri dengan memasukkan beras ke dalam kaos kaki katun kemudian dimasukkan pada microwave, atau bisa membeli bantalan panas praktis di apotik terdekat.

Sementara, cara penggunaannya bisa dilakukan dengan menekan area yang mengalami syaraf kejepit tadi menggunakan bantalan panas selama 10 sampai 15 menit.

  1. Angkat Kedua Kaki

Angkatlah kedua kaki Anda dengan sudut 90 derajat di bagian lutut dan pinggul selama beberapa saat. Cara ini bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami syaraf kejepit di bagian pinggang guna mendukung proses penyembuhannya.

Dengan mengangkat kaki melalui cara yang sudah disebutkan, maka bisa memberikan dampak berupa pengurangan rasa nyeri secara berangsur-angsur dan bisa juga mengembalikan syaraf kejepit dalam kondisi semula untuk beberapa kondisi syaraf kejepit ringan.

  1. Memanfaatkan Kompres Es

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan kompres es untuk menyembuhkan syaraf kejepit di pinggang. Cara ini dianggap menjadi salah satu cara cukup mudah sebab tidak perlu membutuhkan banyak alat maupun bahan.

Kompres es sendiri dipercaya dapat mengurangi adanya pembengkakan hingga peradangan akibat penyakit syaraf kejepit di bagian pinggang.

Sedangkan untuk caranya sendiri tentu sangat mudah. Yakni hanya dengan membungkus es menggunakan handuk atau kain, kemudian tempelkan pada bagian syaraf yang kejepit selama 10 sampai 15 menit.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Di samping melakukan beberapa cara di atas yang bisa dianggap sebagai cara untuk menyembuhkan syaraf kejepit di pinggang, hal lain yang wajib Anda perhatikan juga adalah perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup di sini bisa diartikan sebagai melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti olahraga.

Olahraga yang dilakukan oleh para penderita syaraf kejepit sebaiknya dibedakan dengan olahraga yang dilakukan secara normal. Yakni hindari terlebih dahulu olahraga-olahraga berat yang menguras banyak tenaga.

Sementara ini, lakukan terlebih dahulu olahraga-olahraga ringan seperti berenang, bersepeda, jalan kaki, dan lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur, maka selain sehat, juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat syaraf kejepit.

  1. Berdiri di Sela-Sela Jam Kerja

Terkadang, seseorang akan merasa bingung ketika berada proses penyembuhan syaraf kejepit namun dirinya tidak bisa meninggalkan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Nah, cara penyembuhan yang bisa Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut adalah dengan memanfaatkan kesempatan untuk sesekali berdiri di sela-sela jam kerja.

Apalagi, jika pekerjaan Anda menyangkut kegiatan yang membutuhkan waktu lama untuk duduk di depan komputer. Maka berdiri di sela-sela jam kerja menjadi wajib jika ingin sembuh dari syaraf kejepit di pinggang.

Jika tidak diijinkan untuk sesekali berdiri di sela-sela jam kerja, maka usahakan untuk melakukan kegiatan jalan-jalan santai di sekitar tempat kerja saat jam istirahat tiba.

Bukan hanya untuk mengobati saja, melainkan cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah syaraf kejepit di pinggang. Selain menyempatkan berdiri di sela-sela jam kerja, lakukan juga kegiatan seperti membatasi aktivitas berulang yang salah, batasi latihan kekuatan berlebihan, pertahankan berat badan sehat, dan pertahankan posisi yang baik guna menghindari syaraf kejepit menjadi semakin berat.

Pengobatan Syaraf Kejepit di Pinggang oleh Dokter

Jika Anda sudah mencoba mengobati syaraf kejepit di pinggang seperti yang sudah disebutkan di atas namun tidak membaik sama sekali, segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter.

Klinik kami, Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, terdiri dari tim yang profesional dan ahli, dengan dokter-dokter spesialis berpengalaman di bidangnya dan terapis yang terampil.

Kami dengan senang hati akan membantu Anda mengatasi keluhan syaraf kejepit yang Anda alami, dengan berbagai layanan dan terapi yang tersedia di klinik kami, tanpa operasi.

Silakan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561