Mengenal Penyebab dan Terapi Lutut Sakit

Jumat, 11 Maret 2022
Flex Free
Jumat, 11 Maret 2022
Flex Free

Rasa sakit di lutut bisa berasal dari struktur tulang lutut, seperti tempurung lutut, ligamen, sendi lutut, dan tulang rawan. Penyebabnya sangat beraga,, mulai dari cedera, hingga beberapa penyakit.

Berikut ini beberapa penyebab lutut sakit:

  • Cedera. Sering kali, lutut sakit disebabkan karena jatuh di tempat kerja, saat bermain olahraga dengan intensitas tinggi (sepak bola, tenis, dan lain-lain). Lutut yang cedera akan mengalami robekan di tendon dan ligamen.
  • Arthritis (Rematik). Penyakit rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri. Walaupun tidak berbahaya, tetapi gejala seperti rasa sakit, panas, kaku, dan pembengkakan sendi dapat menghambat aktivitas. Selain itu, juga menimbulkan rasa sakit di dada.
  • Osgood-Schlatter. Penyakit ini disebabkan oleh cedera lutut saat lutut belum berkembang secara sempurna. Penderita akan merasakan nyeri, iritasi, dan bengkak.
  • Baker Cyst. Kondisi ini terjadi saat ada penumpukan cairan di belakang lutut. Memang kondisi ini tidak menimbulkan sakit, hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, saat kista terbuka, Anda akan merasakan sakit akut diringi memar dan pembengkakan.
  • Infeksi. Penyakit infeksi juga dapat menyerang lutut dan menyebabkan gejala sakit lutut. Anda akan merasakan nyeri di tulang lutut serta jaringan lain.

Mengenal Tempat Terapi Lutut Sakit Terbaik, Flex Free Clinic

Ketika rasa sakit di lutut datang, hal paling penting adalah mengetahui penyebabnya.

Misalnya setelah berolahraga dengan gerakan menyamping, akan timbul menimbulkan gejala nyeri pada lutut. Setelah aktivitas olahraga tersebut dihentikan selama kurang lebih 2 hingga 6 minggu, maka gejala nyeri lutut dapat hilang dengan perlahan.

Bila gejala sakit lutut berat, bertambah atau tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter.

Anda dapat datang ke klinik kami untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh.

Kami memiliki tenaga profesional, seperti dokter spesialis dan terapis. Semua tenaga profesinal kami bisa membantu Anda mengatasi keluhan lutut sakit, tanpa operasi.

Secara umum, klinik kami mengkhususkan penanganan pada rehabilitasi muskuloskeletal, yakni penanganan nyeri dan masalah pada otot, sendi, saraf hingga tulang. Termasuk juga cedera yang terjadi saat olahraga.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di Flex Free Clinic. Dalam website tersebut tersedia banyak informasi yang berkaitan dengan layanan kami.

Layanan Terapi Lutut Sakit di Flex Free Clinic

Sebagai sebuah klinik rehabilitasi medis khusus di bidang muskuloskeletal, kami memberikan pelayanan kepada Anda yang memiliki berbagai kelainan dan gejala nyeri otot, sendi, tulang, dan saraf.

Beberapa terapi lutut sakit yang bisa Anda dapatkan di klinik kami misalnya:

  1. Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT)

ESWT adalah tindakan terapi non invasif untuk meredakan berbagai rasa nyeri pada tubuh. Layanan ini menggunakan gelombang kejut untuk mengatasi nyeri pada jaringan lunak.

Prinsip kerja ESWT adalah dengan menghantarkan energi tinggi ke titik nyeri sekaligus jaringan tulang-otot yang tengah mengalami kondisi subkronis, subakut, dan kronis.

terapi lutut sakit

Terapi Lutut Sakit di Flex Free Clinic

Energi yang dialirkan akan menstimulasi metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah, memperbaiki tulang, jaringan lunak, dan tendon, serta mempercepat proses regenerasi.

Proses ESWT di Klinik kami dilakukan dengan cara:

  • Pasien tidur berbaring.
  • Terapis akan mencari titik nyeri dengan cara menekan jaringan lunak tubuh.
  • Saat area nyeri ditemukan, gel selanjutnya akan dioleskan agar gelombang dapat diarahkan ke tubuh tanpa menghilangkan energi yang ada.
  • Terapi ini dilakukan dengan cara gerakan memutar.

Keunggulan terapi ESWT:

  • ESWT adalah tindakan non invasif yang dilakukan tanpa anestesi.
  • Mampu menyembuhkan nyeri yang selama ini tidak dapat disembuhkan oleh tindakan konservatif lainnya.
  • Hampir tidak ada efek samping, sehingga dapat meminimalisir terjadinya komplikasi penyakit.
  • Pasien dapat kembali beraktifitas seperti biasa dalam waktu yang cukup singkat. Durasi tindakan tercepat antara 5 hingga 10 menit.
  • ESWT dapat bereaksi langsung ke jaringan saraf yang nantinya akan menghilangkan nyeri.
  1. Fisioterapi

Fisioterapi adalah perawatan yang dapat membantu memulihkan gerakan sekaligus fungsi anggota tubuh ketika seseorang tersebut mengalami sakit, cacat, dan cedera. Fisioterapi juga berguna untuk mengurangi risiko cedera di masa mendatang.

Penderita sakit lutut sering kali membutuhkan fisioterapi untuk mengatasi sakit. Ini akan melibatkan evaluasi dan penilaian secara menyeluruh terhadap ekstremitas bawah, yakni mulai dari pinggul hingga kaki.

Sebagai terapis profesional, kami akan memberikan perawatan yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menilai nyeri lutut yang Anda alami dan menganjurkan untuk melakukan latihan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Terapi Platelet Rich Plasma

Terapi ini menggunakan plasma yang memiliki konsentrasi trombosit tinggi. Terapi ini bermanfaat untuk mengatasi kerusakan sendi serta jaringan sekitarnya.

Walau secara umum PRP bukanlah sebagai pengobatan lini pertama, tetapi dapat menjadi alternatif pengobatan setelah perawatan lainnya gagal.

Dengan terapi ini, proses penyembuhan dapat terjadi secara alami. Cairan PRP akan disuntikkan ke area yang sakit, seperti ligamen, sendi dan tendon. Melalui suntikan ini, perbaikan jaringan akan lebih cepat sembuh dan nyeri pun tidak ada lagi.

Pasien kami yang telah menjalani terapi ini dapat kembali beraktivitas setelah 4 hingga 6 minggu terapi lutut sakit. Hasilnya, nyeri pun kembali musnah.

  1. Rehabilitasi Musculoskeletal (Otot-Tulang-Sendi)

Rehabilitasi Musculoskeletal adalah program terapi yang dirancang khusus untuk membantu Anda yang sedang mengalami masalah cedera atau nyeri otot, ligamen, tendon, dan sendi.

Di klinik Free-Flex, program Rehabilitasi Musculoskeletal kami tidak hanya untuk mengurangi nyeri. Melainkan juga untuk mengembalikan fungsi sekaligus pergerakan bagian tubuh yang tengah bermasalah. Sehingga, Anda dapat kembali beraktivitas tanpa hambatan.

Klinik kami memberikan terapi khusus sesuai dengan keluhan pasien. Misalnya, terapi skoliosis untuk mengatasi kelainan pada tulang belakang Anda yang miring ke kiri atau ke kanan, dan lain-lain. Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan adanya salah penanganan.

Kami memastikan Anda mendapatkan terapi dari dokter spesialis kami yang berpengalaman.

Cara Mengatasi Sakit Lutut Pasca Operasi

Pada sakit lutut yang berat, terkadang diperlukan pembedahan atau operasi. Setelah operasi, biasanya pasien masih akan merasakan sakit di bagian lutut akibat pembedahannya.

Untuk mengatasi sakit lutut pasca operasi, Anda dapat melakukan cara-cara berikut:

  1. Rutinlah Melakukan Terapi

Lawan rasa takut Anda untuk menghasilkan kondisi yang lebih baik. Dokter maupun terapis kami akan membantu Anda melakukan terapi. Tujuannya agar melancarkan peredaran darah di kaki Anda.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Setelah operasi tubuh akan kehilangan zat besi dalam darah. Sementara, zat besi sangat dibutuhkan untuk pemulihan pasca operasi lutut. Zat besi ini dapat memicu produksi hemoglobin yang membuat sel darah merah mengedarkan oksigen (O2) dari paru-paru ke seluruh tubuh.

  1. Bergerak Tanpa Memaksa

Cobalah untuk bergerak dan jangan memaksa. Anda dapat berjalan secara perlahan dalam jarak pendek. Cara ini jika Anda lakukan secara rutin akan mampu mengurangi nyeri dan mengembalikan kekuatan otot kaki.

  1. Persiapan Kamar yang Kondusif

Jangan lupa untuk mempersiapkan area kamar menjadi lebih kondusif. Selama pemulihan, kami sarankan agar tinggi kasur Anda setidaknya 40 sampai 50 cm di atas lantai. Tidak lupa juga untuk jangan terlalu banyak bergerak. Anda bisa meletakkan barang-barang penting di dekat kasur.

Bagi Anda yang sedang mengalami keluhan seperti di atas, khususnya lutut sakit segera hubungi kami di website resmi www.flexfreeclinic.com. Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut sebelum melakukan terapi.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561