Cara Aman Pengobatan Lutut Sakit Untuk Sembuh Optimal

19 Mei 2022 , Flex Free
19 Mei 2022
Flex Free

Lutut memiliki fungsi sebagai penyangga dan penahan tubuh. Apabila lutut sakit, tentu akan menyulitkan Anda berjalan maupun berdiri. Untuk mengatasinya ada berbagai cara pengobatan lutut sakit sesuai dengan penyebab dan gejalanya.

Lutut sakit pemicunya bermacam-macam. Bisa disebabkan cedera pada ligamen, tulang rawan robek, bursitis, tendonitis, dislokasi dan fraktur. Penyebab lainnya karena penyakit seperti osteoarthritis, gout, infeksi pada lutut dan rheumatoid arthritis.

Pengobatan Lutut Sakit

Penanganan atau pengobatan lutut sakit bergantung penyebab dan gejala yang Anda rasakan.

Jika tergolong ringan, Anda dapat mencoba melakukan penanganan di rumah. Jika gejala berat, pastikan Anda mendapatkan pengobatan dari tenaga medis profesional.

Berikut ini pengobatan sakit lutut dengan gejala ringan yang dapat Anda lakukan di rumah dengan metode PRICE:

  • Lindungi lutut dari cedera lebih lanjut (Protect)

Misalnya dengan menggunakan brace.

  • Istirahatkan lutut (Rest)

Langkah penanganan yang pertama adalah mengistirahatkan lutut Anda dari aktivitas fisik. Istirahat yang cukup akan membantu memulihkan lutut Anda yang terasa nyeri. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, setidaknya tidur 8 jam dalam satu hari.

  • Kompres lutut dengan es (Ice)

Langkah kedua, kompres bagian lutut yang terasa sakit atau nyeri dengan menggunakan air dingin atau es. Lakukan pengompresan setiap dua jam sekali selama 20 menit.

Air dingin atau es ini berfungsi membantu meredakan peradangan. Selain itu juga mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.

  • Berikan sedikit tekanan (Compression)

Bebat lutut yang nyeri dengan perban elastis atau brace lutut. Membebat dengan memberikan sedikit tekanan akan mencegah terjadinya pembengkakan. Tetapi jangan melilitkan perban terlalu kencang agar aliran darah pada lutut tidak terhambat.

  • Tinggikan lutut yang sakit (Elevation)

Berbaringkan dengan posisi lutut lebih tinggi. Letakkan lutut di atas bantal lebih tinggi dari posisi dada. Melakukan elevasi lutut ini berfungsi meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah.

Selain metode PRICE, cara lainnya yaitu dengan:

  • Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk membantu meredakan nyeri, terutama pada nyeri akut, Anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas di apotek. Baca aturan pakai, kontraindikasi dan efek samping yang mungkin ditimbulkannya.

Perlu Anda ingat, obat antinyeri sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu lama karena bisa memiliki efek samping yang buruk.

Pengobatan Lutut Sakit dengan Gejala Berat

Segeralah ke dokter jika nyeri lutut Anda tidak kunjung sembuh dan dirasakan semakin berat, terutama bila Anda sampai tidak bisa berdiri. Waspadai juga jika lutut terasa lemas, nyeri lutut disertai demam dan lutut mengalami perubahan bentuk.

Di Flex Free untuk pengobatan lutut sakit dilakukan beberapa terapi dan tindakan sebagai berikut :

  • Ultrasound

Terapi ultrasound (US) adalah terapi dalam bidang ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang menggunakan alat dengan getaran tingkat tinggi dari gelombang suara.

Gelombang suara dengan frekuensi tersebut dimasukkan ke dalam tubuh yang dapat mencapai kedalaman 2-5 cm dari permukaan kulit.

Terapi ini memberikan efek thermal yang mampu mempercepat regenerasi jaringan.

Pengobatan lutut sakit dengan terapi ultrasound dapat mengatasi peradangan dan nyeri pada sendi atau jaringan lunak sekitar sendi. Selain itu terapi ini juga dapat menstimulasi pertumbuhan tulang pada fraktur atau patah tulang.

Terapi Ultrasound tidak dapat diberikan pada pasien yang menderita tumor, kanker, dan gangguan perdarahan. Selain itu wanita hamil juga dilarang melakukan terapi ini.

Frekuensi terapi ultrasound bergantung pada penyakit/keluhan dan respons dari penderita. Umumnya, efek terapi ultrasound mulai Anda rasakan setelah 1-3 kali terapi.

  • Terapi Shock Wave (ESWT)

ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy adalah terapi non invasif yang bertujuan untuk meredakan nyeri. ESWT menggunakan gelombang kejut (shockwave) bertekanan tinggi pada bagian tubuh yang sakit.

ESWT menghantarkan energi ke titik pusat nyeri dan jaringan tulang atau otot yang mengalami kondisi kronis. Terapi ini biasanya dilakukan jika pengobatan lain sudah tidak mampu mengurangi nyeri pada lutut.

Energi gelombang yang dihasilkan dapat mempercepat metabolisme, menstimulasi regenerasi dan perbaikan dari tulang, tendon dan jaringan lunak lainnya. Selain itu juga dapat memperbaiki sirkulasi darah.

Akan tetapi meskipun terapi ini terbukti bermanfaat, ESWT tidak boleh  digunakan pada sembarang pasien. Pasien yang memiliki riwayat sakit jantung. anak-anak dan wanita hamil tidak disarankan untuk menggunakan metode terapi ini.

ESWT relatif aman walaupun terdapat efek samping yang ringan. Efek samping yang mungkin terjadi misalnya memar, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar area yang diterapi. Namun sebagian besar efek samping ini akan hilang setelah beberapa hari.

  • Terapi Injeksi

Terapi injeksi merupakan pilihan pengobatan lutut sakit yang cukup berat. Ada beberapa jenis injeksi yang biasa diberikan, yaitu:

  • Injeksi Kortikosteroid

Injeksi kortikosteroid merupakan jenis suntikan yang paling sering diberikan pada pasien yang mengalami peradangan pada sendi. Steroid mampu menghambat terbentuknya senyawa-senyawa yang muncul saat jaringan mengalami cedera. 

Pemberian injeksi kortikosteroid umumnya disertai dengan suntikan obat bius lokal. Hal ini bertujuan menghambat rangsang nyeri sehingga lutut cepat berfungsi secara normal setelah penyuntikan.

  • Injeksi Asam Hyaluronat

Injeksi asam hialuronat berfungsi sebagai pengganti pelumas sendi alami yang habis akibat rusaknya tulang rawan. Kurangnya produksi pelumas menyebabkan nyeri pada sendi lutut.

Selain meredakan nyeri, asam hyaluronat juga dapat digunakan untuk memulihkan sendi yang mengalami robek. Pemberian suntikan ini harus dilakukan secara berkala, karena seiring waktu asam hyaluronat sintetis pun bisa habis terserap oleh tubuh.

  • Injeksi Proloterapi

Proloterapi merupakan pengobatan dengan menyuntikan larutan gula pekat ke dalam sendi lutut. Larutan gula berfungsi merangsang penyembuhan lutut yang meradang.

Penyuntikan larutan gula akan menghasilkan sel-sel darah putih. Sel ini berfungsi membersihkan sisa-sisa jaringan mati dan merangsang regenerasi sel baru di tempat yang mengalami peradangan.

Untuk hasil maksimal penyuntikan harus diulang beberapa kali. Hal ini dilakukan agar jaringan baru dapat tumbuh optimal.

  • Operasi/Pembedahan

Operasi atau pembedahan merupakan pilihan terakhir apabila pengobatan lain tidak efektif dan cedera yang dialami berat.

Terdapat beberapa pilihan operasi yang dapat dilakukan. Antara lain bedah lutut artroskopi, penggantian lutut parsial, atau penggantian lutut total dengan sendi buatan.

Temukan Cara Terapi Terbaik Pengobatan Lutut Sakit di Klinik Flex Free

Untuk mengetahui pengobatan lutut sakit yang tepat sesuai dengan masalah lutut Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, dan mungkin perlu pemeriksaan tambahan, misalnya rontgen.

Anda dapat mengkonsultasikan masalah lutut sakit Anda ke klinik kami, Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic. Dokter-dokter dan terapis kami akan dengan senang hati membantu mengatasi keluhan lutut Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai klinik kami, layanan dan cara pendaftaran di klinik kami dengan membuka website flexfreeclinic.com.

Sumber referensi:

  • https://flexfreeclinic.com/artikel/detail/375?title=4-suntikan-sendi-lutut-pilihan-manfaat-dan-risiko-kortikosteroid-pelumas-sendi-dan-terapi-regenerasi
  • https://www.caringmedical.com/nerve-release-injection-therapy/
  • https://www.klikdokter.com/penyakit/sakit-lutut#:~:text=Istirahatkan%20lutut.%20Istirahat%20bermanfaat%20untuk%20memulihkan%20peradangan%
  • https://www.honestdocs.id/penyebab-sakit-lutut-dan-cara-mengobatinya

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri lutut sering dikaitkan dengan orang tua atau lansia, tapi tahukah Anda, keluhan nyeri lutut juga bisa di

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: www.thatvideogameblog.com Meskipun olahraga renang adalah olahraga yang relatif aman karena

ARTIKEL KESEHATAN

Osteoarthritis sering disebut pengapuran sendi, meskipun bukan pengapuran yang sesungguhnya, melainkan berkura

ARTIKEL KESEHATAN

Seperti bagian tubuh lainnya, sendi panggul juga dapat mengalami peradangan. Bila sudah meradang, rasa sakit y

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
CABANG JAKARTA
CABANG BANDUNG