Beberapa Pilihan Terapi Nyeri Sendi Lutut

Jumat, 25 Maret 2022
Flex Free
Jumat, 25 Maret 2022
Flex Free

Seiring dengan bertambahnya usia, potensi nyeri pada lutut akan lebih tinggi, sehingga membuat gerakan melambat dan menghambat aktivitas sederhana seperti duduk, bangun dan berjalan. Terlebih aktivitas yang lebih kompleks seperti berlari, berolahraga, atau bekerja.

Pada umumnya para lansia mengalami nyeri lutut yang meningkat secara perlahan dan bertahap, lalu diikuti dengan adanya pembengkakan.

Terkadang kaki menjadi agak bengkok sewaktu dijadikan tumpuan beban tubuh ketika berdiri. Hal ini disebabkan lapisan tulang rawan (pada ujung tulang) yang menipis atau bahkan sudah hilang sebagian sehingga ketika tulang bergesekan setiap kali bergerak akan menimbulkan rasa nyeri, yang akan terasa semakin hebat di malam hari.

Gejala tersebut diatas merupakan gejala radang sendi, dengan tingkat keparahan dari satu sampai empat.

Terapi nyeri sendi pada saat ini masih ditujukan untuk meringankan rasa nyeri, sehingga pasien masih dapat beraktivitas.

Terapi Nyeri Sendi Lutut Jangka Pendek

Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini sebelum berobat ke dokter sebagai pertolongan pertama.

  • Mengistirahatkan sendi

Istirahatkan tungkai Anda bila mulai terasa nyeri untuk mengurangi risiko cedera lebih lanjut.

Mengistirahatkan kaki bukan berarti menghentikan semua aktivitas dan gerakan, karena hal itu malah akan membuat otot kaku. Hindari gerakan berlebihan, dan lebih banyak beristirahat.

Letakkan tungkai di atas bantalan dengan posisi lutut lebih tinggi dari jantung ketika beristirahat, agar bengkak berkurang.

  • Kompres dengan air dingin atau dengan air hangat

Anda bisa menggunakan kompres dingin dan hangat secara bergantian. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

nyeri lutut

Jangan langsung meletakkan es di sendi yang sakit, gunakan kain atau handuk untuk membungkus es. Kemudian letakkan pada sendi yang sakit kurang lebih 20 menit. Lakukan beberapa kali sehari.

Kompres hangat dapat memberikan efek melancarkan peredaran darah dan  melemaskan otot sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

  • Stretching atau peregangan

Lakukan latihan peregangan otot-otot di sekitar sendi yang sakit, untuk membantu menguatkan dan mengurangi sakit pada sendi.

Terapi Nyeri Sendi Lutut di Klinik Flex Free

Nyeri sendi lutut ringan mungkin dapat diatasi dengan cara-cara di atas.

Akan tetapi bila nyeri sendi lutut Anda berat, atau tidak membaik setelah beberapa hari dan bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter.

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic merupakan klinik yang memfokuskan pada penanganan penyakit atau masalah pada otot, tulang, sendi dan saraf, dan termasuk juga memberikan terapi nyeri sendi lutut.

Flex Free Clinic terdiri dari tenaga medis profesional, dengan dokter spesialis yang ahli dan sudah berpengalaman menangani masalah pada otot, tulang, sendi dan saraf.

Selain itu kami didukung dengan terapis yang terlatih dan terampil dalam membantu penanganan berbagai penyakit di klinik kami.

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri sendi lutut dan datang ke klinik kami, Anda akan mendapatkan pemeriksaan menyeluruh dan penanganan yang maksimal dari tim kami, tanpa operasi bila memungkinkan.

Selain itu, Anda juga akan diajarkan bagaimana memodifikasi aktivitas Anda sehari-hari agar keluhan tidak muncul kembali dan tidak bertambah berat. Anad juga akan diajarkan latihan atau gerakan-gerakan yang dapat membantu menguatkan otot di sekitar lutut dan melatih sendi.

Dengan demikian, Anda dapat bergerak kembali dengan bebas dan leluasa tanpa rasa nyeri, sehingga kualitas hidup Anda menjadi lebih baik.

Beberapa terapi nyeri sendi lutut yang diberikan di klinik kami misalnya:

  1. Obat-obatan. Untuk mengatasi nyeri dan peradangan yang berlangsung, dokter akan memberikan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Obat dapat berupa obat minum atau obat yang disuntikkan langsung ke lutut Anda.

Kandungan obat suntik juga berbeda-beda bergantung pada keluhan Anda. Suntikan dapat berupa steroid, atau injeksi regeneratif.

  1. Fisioterapi atau terapi fisik. Terapi ini dilakukan bila penyebab nyeri lutut berkaitan dengan tendon dan ligamen. Fisioterapi dapat membantu mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas lutut seperti saat sebelum cedera dan dapat membantu mempercepat penyembuhan.

terapi nyeri sendi lutut

Terapi fisik yang dilakukan di Flex Free Clinic misalnya dengan terapi ultrasound atau dengan terapi ESWT.

Akan tetapi bila keluhan nyeri sendi lutut Anda disebabkan oleh masalah yan gberat, misalnya robekan tendon atau ligament, atau ada bagian tulang yang patah, Anda memerlukan penanganan lebih lanjut dengan pembedahan atau operasi.

Dokter kami akan merujuk Anda ke dokter bedah tulang untuk penanganan selanjutnya.  

Bagaimana Cara Mencegah Nyeri Sendi Lutut?  

Berikut ini beberapa langkah atau cara yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya nyeri lutut.

  1. Menjaga Berat Badan

Penting bagi lansia untuk menjaga berat badan, selain untuk kesehatan anggota tubuh lainnya, juga mencegah terjadinya nyeri lutut. Berat badan berlebih pada lansia akan mempercepat kerusakan sendi. Selain itu juga meningkatkan risiko osteoarthritis sebagai salah satu penyebab nyeri lutut.

Hindari obesitas dengan menjaga pola makan, dan mengatur nutrisi makanan agar seimbang akan dapat membantu memelihara berat badan.

Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat (buah dan sayuran), dan batasi makanan berlemak (daging dan turunan produk hewani).

Jika Anda merasa bingung mengatur pola makan yang sesuai, Anda dapat meminta bantuan ahli gizi untuk membuat rencana diet.

Dengan demikian Anda bisa mencegah berat badan agar tidak terus bertambah. Penurunan berat badan meski hanya sedikit, dapat meringankan nyeri yang Anda rasakan.

  1. Olahraga Ringan

Olahraga ringan dapat melemaskan otot-otot di persendian sehingga dapat menunda penyebab nyeri lutut pada lansia. Lakukan gerakan olahraga sederhana dalam keadaan santai, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga.

Rutin berolahraga dapat memperkuat persendian lutut, dan fisik yang aktif dapat menjaga jaringan tulang rawan.

Jika Anda mengalami nyeri lutut dan ingin mendapatkan terapi nyeri sendi lutut, Anda dapat menghubungi kami.

Di Flexfreeclinic.com, Anda akan mendapatkan informasi mengenai berbagai masalah otot, tulang dan sendi secara menyeluruh dan tepat.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561