Beberapa Kebiasaan Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang Kiri

31 Mei 2022 , Flex Free
31 Mei 2022
Flex Free

Ada begitu banyak kebiasaan kita yang tanpa kita sadari dapat menjadi penyebab saraf kejepit di pinggang kiri. Misalnya karena posisi tidur yang serampangan. Jika terjadi sekali dua kali tidak mengapa, tapi jika keterusan maka akan dapat mengganggu produktivitas Anda.

Lalu kebiasaan yang bagaimana yang dapat menyebabkan tekanan pada saraf? Apa yang harus dilakukan jika mengalami hal demikian? Mari kita cari tau tentang perkara tersebut dengan menyimak informasi yang kami bagikan di bawah ini.

Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang Kiri

Ada begitu banyak penyebab kenapa Anda sampai merasakan tidak nyaman di bagian tertentu pada tubuh Anda. Misalnya karena posisi tidur yang tidak benar serta kondisi kasur yang tidak memadai. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini:

  1. Faktor Usia

Usia bukan hanya angka. Ia menjadi salah satu definisi dari banyak hal, termasuk dalam segi Kesehatan dan kebugaran tubuh. Saat usia bertambah, maka Anda harus siap dengan berita-berita buruk tentang Kesehatan tubuh yang mengalami penurunan.

Salah satunya adalah bantalan pada tulang yang sudah aus dan berakibat pada saraf kejepit. Hal ini tentunya bisa juga termasuk menjadi penyebab saraf kejepit di pinggang kiri.

  1. Obesitas

Obesitas adalah momok bagi banyak orang, karena santer terdengar bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan rentan terserang berbagai komplikasi penyakit. Hal itu termasuk gangguan pada sistem saraf.

Saat lemak di dalam tubuh tidak dibakar secara rutin, maka akan menumpuk dan dapat menghalangi jalannya sistem saraf sebagaimana semestinya. Maka itulah mengapa perlu untuk menerapkan pola hidup sehat.

  1. Prilaku Sehari-hari

Prilaku disini maksudnya seperti penyebab cedera yang biasanya diderita oleh para olahragawan. Mereka menjadi lebih rentan terserang linu atau keseleo karena mereka terlalu bersemangat dalam menggerakkan persendian dalam tubuh. Atau pada  posisi tubuh yang salah baik duduk, bernaring atau mengangkat sesuatu.

Jika tidak dikelola dengan hati-hati, dapat menyebabkan masalah saraf. Untuk itulah mengapa Anda akan sering melihat para atlet kadang membutuhkan kompresan air dingin secara rutin.

Tindakan untuk Mengatasi Gangguan Sistem Saraf

Itulah tadi sekelumit penyebab dari gangguan pada sistem saraf. Selanjutnya mari kita ketahui apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab saraf kejepit di pinggang kiri misalnya.

  1. Jika Gejala Ringan

Gejala ringan disini misalnya rasa kesemutan. Rasa kesemutan akan mudah hilang dengan sendirinya. Biasanya dalam hitungan menit. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan bersabar dan menunggu sensasinya reda. Setelah itu, Anda akan kembali baik-baik saja.

Gejala ringan lainnya adalah rasa nyeri yang berlangsung beberapa jam saja. Untuk hal ini, Anda bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Namun jika tidak tahu, Anda bisa bertanya pada apoteker.

Ada juga dengan mengoleskan salep atau krim yang diformulasikan khusus dengan efek penenang untuk mengatasi saraf yang sedang tidak baik-baik saja. Salep tersebut biasanya bekerja dengan cepat untuk mengurai gangguan saraf.

  1. Gejala Mild

Gejala ini adalah gejala yang tidak terlalu parah tapi cukup mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendatangi tenaga ahli untuk mengetahui penyebab khusus terjadinya nyeri.

Termasuk untuk kasus saraf kejepit di pinggang kiri. Kondisi tersebut bisa saja terjadi karena kasur yang Anda gunakan untuk tidur terlalu keras/lembut atau posisi dan postur tubuh tidur Anda yang salah.

Langkah lain yang bisa ditempuh adalah dengan secara rutin melakukan latihan untuk melenturkan sendi tulang belakang atau menguatkan otot penunjangnya. Latihan ini bisa didapat dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang akan diajarkan oleh Fisioterapis.

  1. Gejala Berat

Gejala berat ini terjadi jika Anda kesusahan bergerak bahkan merasakan tekanan yang terlalu menyakitkan. Maka sangat disarankan untuk pergi ke instalasi kesehatan terdekat, misalnya mengunjungi FlexFree Clinic yang telah berpengalaman mengatasi berbagai masalah saraf.

Adapun Tindakan medis yang biasanya dilakukan untuk mengetahui secara pasti  bagian saraf yang terjepit dan penanganan yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Sinar X
  2. CT Scan
  3. MRI atau Magnetic Resonance Imaging
  4. Myelogram
  5. Pengobatan. Untuk jenis obat-obatan pereda nyeri yang kuat harus dari resep dokter untuk menjaga para orang tua Anda di rumah menjadi nyaman. Simak berikut ini:
  • Obat antinyeri
  • Pereda nyeri saraf
  • Muscle Relaxant atau pelemas otot
  • Suntik steroid epidural
  1. Fisioterapi adalah serangkaian terapi yang diterapkan pada tubuh penderita untuk menguraikan masalah gawat pada saraf manusia
  2. Terapi dekompresi spinal adalah salah satu jenis terapi non-operatif atau tanpa operasi dengan menggunakan suatu alat tarik khusus untuk mengurangi tekanan intra-diskal yaitu tekanan yang terdapat pada tulang belakang antara ruas tulang belakang dan diskus (bantalan tulang belakang). Alat yang kami gunakan sudah terkomputerisasi sehingga ritme dan kekuatan tarikan menyesuaikan dengan keluhan dan berat badan pasien. Proses terapi ini sangat nyaman dan terbukti hasilnya.
  3. Operasi. Operasi ini adalah Tindakan paling akhir dan jarang dilakukan. Namun jika kondisi sudah sangat genting, maka opsi operasi adalah yang paling terbaik untuk mengembalikan kenyamanan untuk mengetik misalnya atau untuk mengembalikan kebugaran akibat pinggang yang terkilir.

Pencegahan Gangguan Pada Sistem Saraf

Ada beberapa kebiasaan yang atau hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar sistem saraf Anda tetap sehat dan bugar. Apa sajakah itu? Simak beberapa poin-poin berikut:

  1. Salah satu penyebab saraf kejepit di pinggang kiri adalah Anda tidur dipermukaan yang terlalu keras atau terlalu lembut. Untuk itulah, disarankan untuk tidur di tempat yang lebih layak dan nyaman. Maka gantilah comforter Anda menjadi lebih tebal.
  2. Menjaga berat badan agar tetap stabil. Cara paling mudah adalah dengan melakukan diet, atau jika Anda tidak bisa jauh-jauh dari makanan, maka tambahlah durasi olahraga Anda.
  3. Tidak merokok.
  4. Benahi posisi duduk dan bangun tidur. Hal tersebut dimaksudkan supaya saat bangun di pagi hari, Anda tidak berakhir seperti orang-orang yang sudah kena syaraf kejepit.

Maka itulah tadi serba-serbi dari saraf kejepit yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mulai menerapkan pola hidup sehat.

Tentang FlexFree Clinic

Kami adalah klinik fisioterapi yang digawangi langsung oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas terapi yang kami sediakan.

Diagnosa kami didasarkan pada diagnosa ilmu kedokteran Barat, sehingga akan lebih tepat dan akurat dalam menangani keluhan yang Anda alami. Serta perlu diingat bahwa kami bukanlah klinik chiropractic.

Adapun untuk alat-alat terapi yang kami gunakan meliputi metode getaran, aliran listrik, infrared, paraffin bath, sinar, gelombang suara panas, tarikan, dan sebagainya yang bisa Anda dapatkan informasinya secara cepat dan jelas dengan menghubungi layanan pelanggan kami.

Menariknya, kami tidak hanya memberikan terapi-terapi yang diperlukan dengan alat-alat yang telah kami sebutkan sebelumnya. Kami juga akan memberikan masukan-masukan terkait segala aktivitas fisik yang bisa dijalankan untuk proses pemulihan lebih cepat.

Sejauh ini, cabang kami telah tersedia di dua kota besar di Indonesia. Yakni Jakarta dan Bandung. Jadi Anda bisa dengan mudah mengakses kami jika dibutuhkan untuk mengatasi cedera pada pergelangan tangan atau pinggang Anda.

Tunggu apalagi, kami tunggu kehadiran Anda. Namun, jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kami, silahkan kunjungi website kami di FlexFree Clinic ini.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Sendi adalah penghubung antar tulang. Sendi dan struktur di sekitarnya memungkinkan Anda untuk menekuk siku da

ARTIKEL KESEHATAN

Hampir semua orang mengetahui penyakit syaraf kejepit. Beberapa dari Anda mungkin bahkan pernah menderita peny

ARTIKEL KESEHATAN

Saraf kejepit adalah kondisi yang sering dialami, yang terjadi ketika ada tekanan berlebihan di saraf dari tul

ARTIKEL KESEHATAN

Hampir semua orang pernah merasakan nyeri sendi, terutama setelah melakukan aktivitas fisik yang tidak biasa d

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung