Awas! Beberapa Hal Ini Sebabkan Lutut Sakit Saat Sujud

Rabu, 15 Juni 2022
Flex Free
Rabu, 15 Juni 2022
Flex Free

Lutut sakit saat sujud atau ditekuk adalah kondisi yang dialami banyak orang. Perasaan nyeri dan sakit ini biasa muncul secara tiba-tiba namun akan hilang dengan sendirinya. Tapi sebaiknya Anda jangan menyepelekan kondisi ini ya, karena bisa jadi lutut Anda terasa sakit karena suatu alasan.

Alasan Lutut Sakit Saat Sujud

Ada berbagai macam penyebab lutut sakit, berikut kami rangkumkan untuk Anda.

  1. Cedera

Cedera adalah salah satu penyebab lutut sakit saat sujud karena rusaknya tulang rawan, tendon, dan ligamen. Apabila salah satu dari tiga bagian itu mengalami ketegangan atau robek, maka lutut Anda akan terasa sakit.

  1. Meniskus Robek

Meniskus merupakan lapisan tulang rawan yang melindungi dan menstabilkan persendian lutut. Saat sendi lutut bergerak, lapisan meniskus berperan agar tulang paha dan tulang kering tidak mengalami gesekan satu sama lain.

Nah, bisa dibayangkan jika lapisan ini robek maka tulang-tulang akan bergesekan secara langsung. Tentunya, ini akan menyebabkan rasa sakit saat menekuk lutut. Robekan ini bisa terjadi jika Anda melakukan pergerakan yang menekan rotasi lutut pada saat kaki berpijak dengan kuat. Contohnya gerak maju atau mundur secara tiba-tiba saat sedang berolahraga.

  1. Sindrom Nyeri Patellofemoral

Sindrom ini adalah kondisi jika ada rasa nyeri pada sekitar lutut atau bagian belakang lutut. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena memakai lutut terlalu berlebih seperti berlari, berdiri, duduk, dan naik-turun tangga terlalu lama.

  1. Pengapuran Sendi

Pengapuran pada sendi atau osteoarthritis mengakibatkan tipisnya bantalan pada sendi sehingga menimbulkan kaku, rasa sakit, dan pembengkakan. Tak hanya lutut, kondisi ini juga dapat terjadi di pinggul, tangan, dan tulang punggung. Seseorang memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit ini jika mereka mempunyai berat badan berlebih, berusia lanjut, dan pernah cedera di sendi lutut.

  1. Bursitis

Bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian bursa. Bursa adalah kantong yang berisi pelumas untuk mencegah terjadinya gesekan antar tulang. Apabila jumlah cairan dalam bursa sedikit, peradangan akan terjadi dan mengakibatkan lutut sakit saat sujud.

Kondisi ini bisa terjadi pada bagian pinggul, lutut, siku, kaki, dan bahu. Rasa nyeri akan semakin bertambah jika Anda melakukan gerakan berulang.

  1. Peradangan Tendon

Lutut sakit saat sujud bisa juga diakibatkan peradangan pada tendon. Tendon adalah jaringan sendi yang menghubungkan tulang betis dan tempurung lutut. Apabila Anda melakukan gerakan melompat atau olahraga yang berlebih, maka tendon Anda akan membengkak. Hal inilah yang membuat peradangan pada tendon.

  1. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis adalah peradangan pada sendi karena sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringannya sendiri. Gangguan ini dapat terjadi pada seluruh sendi di tubuh dan bertambah parah dengan seiringnya waktu. Kondisi ini mempengaruhi lapisan sendi dan bisa mengakibatkan kaku, rasa nyeri kronis, erosi tulang, bengkak pada sendi, dan kelainan bentuk sendi.

Penyakit ini sering mengganggu pergelangan tangan, lutut, sendi tangan, dan kaki. Pada kasus yang jarang ditemui bisa juga mengganggu bagian-bagian tubuh seperti mata, paru-paru, pembuluh darah, saraf, kulit, dan jantung.

  1. Osgood Schlatter

Penyakit ini juga biasa disebut dengan penyakit tulang tibial tuberosity depan. Ini adalah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada tulang yang menonjol di bawah tempurung lutut. Penyakit ini biasanya dialami oleh remaja dan anak muda yang sering berolahraga secara intens. Tanda-tanda Anda mengalami penyakit ini adalah bengkak, nyeri, dan sakit di bagian bawah tempurung lutut.

  1. Asam Urat

Asam urat merupakan peradangan sendi yang diakibatkan kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi. Penyakit ini dapat tiba-tiba membuat membuat sendi bengkak, sakit, dan kemerahan. Asam urat bisa menimpa satu atau beberapa sendi pada saat bersamaan. Sendi yang terkena asam urat biasanya adalah lutut, kaki, siku, pergelangan tangan, dan tangan.

  1. Masalah Mekanis

Selain karena penyakit, lutut sakit saat sujud bisa juga disebabkan oleh masalah mekanis. Contohnya pergeseran tempurung atau dislokasi, mengubah cara berjalan, dan lain-lain.

Cara Mengobati Lutut Sakit Saat Sujud

Nah dari berbagai macam penyebab yang sudah disebutkan tadi, tentunya bisa disimpulkan bahwa rasa sakit pada lutut bukanlah hal yang sepele. Tapi tenang dulu, berikut kami ulas cara mengobati lutut yang sakit.

  1. Pijat Lutut

Pijat adalah cara paling ampuh untuk meredakan sakit pada lutut dan sendi. Apabila Anda memijat dengan minyak esensial, maka efeknya akan semakin bertambah. Minyak esensial yang terbuat dari jahe dan jeruk sangat bermanfaat untuk menghilangkan kaku dan mengurangi sakit di bagian lutut.

  1. Kompres Panas dan Dingin

Mengompres lutut dengan kompres panas atau dingin bisa mengurangi nyeri pada lutut. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis kompres dengan sakit yang Anda alami. Kompres panas sesuai untuk penyakit kronis seperti arthritis, sementara kompres dingin sesuai untuk cedera atau peradangan.

  1. Minum Cuka Apel

Beberapa penelitian mengungkapkan cuka apel sider mempunyai kandungan anti peradangan. Cuka apel juga membantu mengisi ulang lubrikasi pada persendian yang dapat mengurangi sakit dan memperlancar gerakan kaki. Anda bisa minum setengah cangkir cuka apel yang dicampur dengan air sebelum tidur.

  1. Mengkonsumsi Pereda Nyeri

Apabila menggunakan cara alami tidak mengurangi rasa nyeri Anda, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti Asam Mefenamat, dan Paracetamol. Tentunya pastikan Anda mengkonsumsi sesuai dengan anjuran yang tertera.

  1. Konsultasi ke Dokter

Jika semua cara di atas sudah ditempuh namun masih tidak ada perubahan, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan menanyakan gejala yang Anda alami, atau meminta melakukan sejumlah tes untuk mengetahui penyebab penyakit Anda. Dengan demikian Anda bisa menerima penanganan yang tepat.

Pilih Kami untuk Menangani Lutut Sakit Saat Sujud

Klinik Flex-Free menyediakan program dan fasilitas yang lengkap untuk menangani berbagai masalah sendi, otot, dan cedera akibat olahraga. Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah pemeriksaan ultrasonografi atau USG muskuloskeletal.

USG bekerja dengan memancarkan gelombang ultrasound lewat transducer dengan perantara gel. Gelombangnya akan dipantulkan kembali ke monitor dalam bentuk gambar. Cara ini dapat memberitahu kita kelainan organ-organ yang ditampilkan.

USG membantu menentukan bagian yang sakit serta tindakan medis yang harus diambil. Beberapa keunggulan USG adalah biaya yang lebih murah, pemeriksaan non-invasif dan non-radiasi, membutuhkan waktu yang lebih singkat, dan lain-lain. Tentunya dengan segala kelebihan ini, pemeriksaan dan perawatan yang kami berikan adalah yang terbaik untuk kondisi Anda.

Nah, itu dia beberapa penyebab lutut sakit saat sujud yang perlu Anda waspadai. Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut atau sekedar konsultasi, Anda bisa mengunjungi Klinik Flex-Free. Kami adalah klinik rehabilitasi yang sudah berpengalaman baik dalam negeri maupun luar negeri. Kami akan membantu kondisi Anda menjadi lebih baik.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel