Apa Sih Sebenarnya Penyebab Lutut Ngilu?

Rabu, 22 Juni 2022
Flex Free
Rabu, 22 Juni 2022
Flex Free

Apa Anda sadar, bahwa setiap hari Anda akan melakukan aktivitas yang tidak lepas dengan pergerakan. Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang mana tidak henti-hentinya bergerak. Lalu, pernahkan Anda mengalami ngilu pada bagian lutut? Jika iya, apa sih yang menjadi penyebab lutut ngilu tersebut?

Aktivitas berlebih atau banyaknya beban berat yang diangkat seringkali menjadi sebab lutut sakit. Tapi, apa iya hanya itu saja yang menjadi penyebabnya? Bagaimana jika ada hal lain yang menyebabkan datangnya rasa ngilu pada lutut Anda? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini!

Seperti Inilah Beberapa Penyebab Lutut Ngilu yang Perlu Anda Mengerti

Saat lutut terasa ngilu, Anda pasti merasa kesulitan untuk berdiri. Lutut Anda akan mengalami kondisi yang tidak stabil dan membuatnya sulit untuk menyangga tubuh agar berada dalam keadaan yang normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu tahu, apa yang menjadi penyebabnya.

Berikut ini ialah penyebab dari lutut yang terasa ngilu, simaklah dengan seksama!

  1. Terjadinya Cedera Lutut

Lutut yang terasa ngilu, seringkali disebabkan karena adanya cedera pada lutut. Jaringan penyusun lutut, seperti tulang rawan bisa saja mengalami gangguan ketika Anda mengalami cedera lutut. Adapun beberapa gangguan yang dapat ditimbulkan karena terjadinya cedera lutut, berikut ini :

  • Terkilirnya ligamen atau jaringan yang berada di antara tulang dan sendi lutut.
  • Robeknya ligamen karena cedera ligamen lutut anterior.
  • Robeknya tulang rawan.
  • Terjadinya bursitis.
  • Terjadinya dislokasi tulang tempurung pada lutut.
  • Patahnya tulang tempurung lutut.
  • Patahnya tulang paha.
  • Patahnya tulang kering.
  • Dan terjadinya sindrom nyeri patellofemoral.
  1. Adanya Penyakit Tertentu yang Diderita

Selain karena cedera pada bagian lutut, penyakit tertentu juga seringkali menjadi penyebab lutut ngilu. Penyakit apa sajakah itu? Inilah beberapa daftar penyakit yang menimbulkan rasa ngilu pada lutut :

  • Rheumatoid arthritis
  • Osteoarthritis
  • Asam urat atau penyakit gout
  • Infeksi pada lutut
  • Penyebaran kanker yang mencapai sendi lutut
  • Osgood-Schlatter
  1. Memiliki Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Selain pernah mengalami cedera pada lutut atau menderita penyakit tertentu, memiliki berat badan yang berlebih, atau sering disebut obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab lutut terasa ngilu. Fungsi lutut yang cukup berat dalam menopang berat badan, membuatnya mengalami rasa ngilu ketika Anda memiliki berat badan yang berlebih.

  1. Memiliki Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan aktivitas yang cukup mengganggu kesehatan. Salah satunya ialah menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah pada kaki. Ketika hal tersebut terjadi, tidak menutup kemungkinan kalau Anda akan mengalami rasa ngilu yang luar biasa pada lutut.

  1. Seringnya Melakukan Aktivitas Berat

Selain mengangkat tubuh yang memiliki berat badan berlebih, keseringan melakukan aktivitas berat juga bisa menjadi penyebab lutut ngilu. Pekerjaan yang mengharuskan Anda sering berlutut dan mengangkat benda-benda berat sangatlah beresiko membuat lutut terasa ngilu. Seperti pekerjaan yang dilakukan oleh olahragawan dan pekerja bangunan misalnya.

Cukup beragam hal-hal yang menjadi penyebab lutut ngilu. Mulai dari yang paling ringan hingga yang paling parah. Tapi apakah Anda tahu, kalau lutut sakit seringkali dibarengi dengan beragam gejala lainnya. Apakah gejala-gejala tersebut?

Inilah Gejala-gejala Lutut Ngilu!

Lutut yang sakit dan terasa ngilu tidak hanya memiliki beragam penyebab. Ada juga beberapa gejala lain yang menyertainya. Gejala ini bisa saja menjadi pertanda bahwa ngilu pada lutut Anda sudah berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada sebelumnya, karena berjalannya waktu.

Simaklah ulasan mengenai beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita lutut ngilu berikut ini!

  1. Rasa Kaku pada Lutut

Lutut yang terasa ngilu, biasanya juga akan terasa kaku dan sulit untuk dikendalikan. Bahkan, Anda juga akan merasa kalau lutut serta kaki Anda benar-benar berat dan sama sekali tidak bisa digerakkan, meski hanya digeser sedikit.

  1. Warna Kemerahan, Bengkak, dan Rasa Hangat pada Lutut

Ngilu yang terjadi pada lutut Anda, apalagi yang disebabkan oleh cedera atau aktivitas berat, seringkali akan dibarengi dengan gejala bengkak, tampaknya warna kemerahan, hingga lutut yang terasa hangat. Ketika hal ini terjadi, lutut Anda akan tampak seperti sempat mengalami benturan dalam jangka waktu yang dekat.

  1. Rasa Lemah, Tidak Stabil, dan Sulitnya Lutut untuk Diluruskan

Karena ngilu yang terasa di bagian lutut, kaki Anda akan merasa sangat lemah dan tidak stabil. Bahkan, Anda akan kesulitan untuk meluruskan kaki, apalagi bergerak dengan berjalan atau melakukan aktivitas berat, tentu akan sangat terasa lemah.

  1. Timbul Suara Kretek-kretek

Ketika merasa lelah, seringkali bagian tubuh kita akan menimbulkan suara kretek-kretek atau gemeretak saat digerakkan. Hal ini juga menjadi salah satu gejala yang mengiringi lutut ngilu. Jadi, Anda bukannya merasa lega, harusnya Anda merasa khawatir ketika lutut Anda menimbulkan suara-suara gemeretak tersebut.

Nah, itulah beberapa gejala yang biasa terjadi berdampingan dengan ngilu pada lutut yang mana banyak varian penyebab lutut ngilu tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan ketika mengalami ngilu pada lutut?

Atasi Penyebab Lutut Ngilu dengan Tepat di Flex-Free Clinic Sekarang Juga!

Flex-Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, atau yang sering disebut Flex-Free Clinic ialah klinik rehabilitasi medik yang khusus bergerak di bidang muskuloskeletal dengan tujuan mengatasi masalah kelainan dan nyeri pada otot. Kami sudah mengantongi izin resmi dari pihak terkait dan pemerintah untuk beroperasi.

Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkan risiko yang bisa saja terjadi ketika berobat di klinik kami. Selain itu, kami juga sudah melakukan rehabilitasi khusus ini dengan jangka waktu yang lama. Pengalaman yang panjang sudah kami miliki sebagai bukti terjaminnya reputasi klinik dan berkualitasnya pengobatan yang ada.

Setiap pasien yang datang ke klinik kami dengan beragam masalah nyeri, selalu kami upayakan untuk pulang dengan keadaan yang jauh lebih baik. Mulai dari nyeri pada sendi dengan berbagai macam penyebabnya, hingga ngilu pada otot dengan penyebab lutut ngilu yang sudah dibahas sebelumnya, bisa kami tangani dengan berbagai macam rehabilitasi yang tersedia.

Untuk nyeri lutut, kami memberikan pelayanan berupa pemeriksaan dan bantuan tindakan medis dengan USG muskuloskeletal. Agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif.

Apa Itu USG Muskuloskeletal?

USG atau ultrasonografi ialah alat bantu diagnostik yang biasa digunakan untuk melihat kondisi organ-organ dalam perut. Gelombang ultrasound dipancarkan melalui transducer dengan perantara berupa gel. Selanjutnya gelombang tersebut akan dipantulkan kembali dalam bentuk gambar ke layar monitor.

Dengan melakukan USG muskuloskeletal, maka kelainan dan gangguan yang terjadi sehingga menyebabkan nyeri akan lebih mudah untuk diketahui dan dilakukan penanganan.

Selanjutnya akan dilakukan pelayanan berupa rehabilitasi muskuloskeletal untuk meningkatkan dan memulihkan kapasitas fungsional, mengurangi gejala, hingga membawa pasien ke aktivitas normal yang sebelumnya dilakukan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan dari pasien tersebut.

Kami tidak sembarangan dalam melakukan rehabilitasi. Setiap pelayanan diberikan oleh tenaga spesialis yang sudah ahli dan tersertifikasi secara legal. Anda bisa buktikan secara langsung dengan melakukan rehabilitasi di Flex-Free Clinic sekarang juga!

Masalah lutut yang sakit dengan berbagai penyebab lutut ngilu akan teratasi dengan maksimal ketika Anda menggunakan layanan kami. Hubungi kontak yang tersedia di website resmi berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Flex-Free Clinic.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561