Sakit Tulang Belikat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi

27 Juni 2022 , Flex Free
27 Juni 2022
Flex Free

Tulang belikat merupakan tulang yang terletak di bahu dan menjadi penghubung antara tulang selangka dengan tulang lengan atas. Namun pernahkah Anda merasakan masalah sakit tulang belikat? Rasa sakit yang timbul ini memang sering dianggap lumrah dan umum terjadi. Namun, hal tersebut jangan sampai dianggap remeh oleh Anda, karena dapat mengganggu aktivitas hingga sakit yang diderita semakin parah.

Rasa sakit yang dirasakan biasanya ditandai dengan munculnya nyeri di bagian atas punggung atau di antara tulang belikat. Anda bisa mencoba memeriksakan kondisi sakit pada tulang belikat dengan aman dan tepat hanya di kami Flex-Free Clinic .

Tidak ingin masalah kesehatan Anda tersebut semakin parah bukan? Berikut kami sajikan penyebab munculnya sakit ini dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat di bawah ini.

Penyebab Munculnya Sakit Tulang Belikat

Penyebab munculnya sakit tulang belikat yang Anda rasakan, dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik yang bersifat ringan hingga berat. Namun tahukah Anda bahwa munculnya rasa sakit tersebut dapat menjadi pertanda tubuh Anda sedang mengalami peradangan yang menyebabkan nyeri bahu?

Peradangan tersebut karena terjadinya ketegangan otot ringan dan termasuk penyebab yang bersifat ringan. Untuk penyebab yang bersifat berat, sakit ini dapat menjadi pertanda bahwa terjadinya masalah pada organ jantung, paru-paru, hingga kanker.

Jika rasa sakit yang Anda rasakan hanya di satu sisi kanan tulang belikat saja, hal tersebut dapat menandakan tubuh sedang mengalami masalah kantong empedu. Selain itu jika yang dirasakan sakit pada sisi kiri saja, bisa jadi terdapat masalah pada jantung Anda.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai penyebab munculnya sakit pada tulang tersebut, Anda dapat menyimak informasi di bawah ini:

  1. Cedera dan Ketegangan Pada Otot

Cedera dan ketegangan pada otot ini dapat disebabkan karena mengangkat beban yang berat, posisi tubuh yang salah, olahraga berlebihan, bekerja di depan komputer secara berlebihan, posisi tidur yang salah, robekan pada rotator cuff aktivitas yang berlebihan.

Tidak hanya itu saja, penggunaan lengan atau bagian tubuh bagian atas secara berlebihan, dapat menyebabkan terjadinya cedera dan ketegangan otot sehingga menimbulkan munculnya rasa sakit pada tulang belikat ini. Bahkan dapat menyebabkan mempengaruhi otot lain pada bahu hingga punggung.

  1. Mengalami Tendonitis

Tendonitis merupakan peradangan pada otot dan tendon  yang mengelilingi area sendi bahu. Tendonitis dapat terjadi jika Anda tidur dengan posisi bertumpu pada bahu dan lengan atas sehingga menyebabkan rasa sakit pada area tulang belikat hingga menjalar ke punggung.

  1. Terjadi Masalah Pada Tulang dan Sendi

Masalah pada tulang dan sendi dapat disebabkan seperti patahnya tulang belikat karena jatuh atau kecelakaan. Meskipun patah tulang belikat kemungkinan kecil terjadi, tetapi Anda juga harus tetap waspada. Jika tulang belikat patah, Anda bisa saja merasakan nyeri, memar, hingga munculnya bengkak di area tulang tersebut. Hingga yang lebih parah, Anda tidak mampu untuk mengangkat lengan pada bagian tulang belikat yang patah. Selain itu, penyakit osteoporosis, arthritis, dapat menyebabkan rasa sakit pada area bahu, tulang belikat, atau leher.

  1. Penyakit Jantung

Mungkin dari sebagian Anda yang mengidap penyakit jantung, dapat merasakan rasa sakit pada area tulang belikat sisi kanan saja. Seperti pada penyakit diseksi aorta, penyakit yang terjadi karena pembuluh darah yang mengarah ke jantung robek sehingga menyebabkan rasa nyeri yang menusuk hingga ke tulang belikat.

  1. Penyakit Herpes

Penyakit herpes dapat disebabkan karena infeksi virus yang menyebabkan cacar air hingga timbulnya rasa sakit pada tulang belikat. Rasa sakit yang dirasakan bisa seperti terbakar hingga kesemutan.

  1. Masalah Pada Perut dan Panggul

Terlihat sepele tetapi ternyata jika Anda mengalami masalah kesehatan pada perut dan panggul dapat menyebabkan sakit pada tulang belikat ini. Hal tersebut karena terjadinya iritasi saraf yang melewati dasar diafragma yang menyebabkan munculnya rasa sakit yang terasa hingga pada bahu atau tulang belikat bagian kanan ini.

Penyebab munculnya sakit pada perut dan panggul ini dapat disebabkan karena munculnya masalah kesehatan seperti batu empedu, tukak lambung, refluks asam, hingga penyakit hati.

  1. Kanker Paru-paru dan Emboli

Bagi Anda yang mengidap penyakit kanker paru-paru, biasanya akan merasakan sakit pada bahu, tulang belikat, dan lengan. Tidak hanya, emboli paru-paru juga dapat menyebabkan rasa sakit pada tulang belikat tersebut. Penyakit emboli ini disebabkan karena terjadinya penyumbatan di pembuluh darah paru-paru karena terlepasnya gumpalan darah di tungkai dan terbawa hingga ke area paru-paru. Jika Anda memiliki penyakit emboli, Anda akan merasakan rasa nyeri yang sangat menusuk di area tulang belikat.

  1. Jenis Kanker Lainnya

Tidak hanya karena kanker paru-paru yang menyebabkan sakit tulang belikat ini¸ tetapi jenis kanker lainnya juga dapat menyebabkan rasa sakit pada tulang tersebut. Kanker tersebut seperti kanker perut, kanker kerongkongan, kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati atau pankreas.   

Bagaimana Cara Mengatasi dan Sakit Tulang Belikat Dengan Tepat dan Efektif Secara Mandiri?

Untuk dapat mengatasi rasa sakit pada tulang belikat ini, Anda dapat mengatasinya secara mandiri. Seperti pada pembahasan di bawah ini:

  1. Beristirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat mengatasi rasa sakit pada tulang belikat. Istirahat yang cukup ini dapat mempercepat proses pemulihan pada masalah kesehatan Anda dengan tepat.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat mengatasi masalah kesehatan ini dengan efektif. Setidaknya Anda harus mengkonsumsi makanan yang seperti buah-buahan, sayur-sayuran. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, dapat mengatasi rasa sakit tersebut dengan efektif.

  1. Mengkompres Tulang Belikat

Mengkompres tulang belikat dengan air dingin maupun hangat ternyata dapat mengatasi sakit pada tulang belikat. Untuk mengkompresnya, Anda dapat melakukannya selama 15 menit dan diulangi lagi setiap 4 jam sekali.

  1. Memijat di Area Tulang Belikat

Lakukanlah pijatan dengan lembut di area tulang belikat yang terasa sakit pada tubuh Anda. Pijatan tersebut dapat membuat otot yang sebelumnya kaku menjadi lebih rileks dan juga meredakan rasa sakit di area tulang tersebut.

  1. Olahraga dan Peregangan Dengan Rutin serta Tepat

Lakukanlah olahraga dan peregangan atau stretching dengan rutin serta tepat untuk dapat mengatasi sakit tersebut. Anda bisa melakukan olahraga dan peregangan seperti push up, pull up, sit up, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut dapat membuat otot-otot menjadi lebih kuat di bagian punggung dan perut, meredakan rasa sakit, hingga  memperbaiki aliran darah ke otot dan sendi.

Jika kondisi kesehatan tulang belikat Anda masih belum kunjung membaik hingga terasa semakin memburuk, maka segeralh untuk memeriksanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat.

Selain itu, jika Anda mengalami sakit pada tulang belikat dan sedang dalam kondisi di bawah ini segeralah untuk memeriksanya ke dokter:

  1. Nyeri dada dan sesak napas yang berlebih
  2. Detak jantung yang tidak beraturan hingga kesulitan berbicara
  3. Berkeringat dan demam berlebih
  4. Kaki terasa nyeri dan menjadi bengkak
  5. Batuk berdarah
  6. Penglihatan terganggu
  7. Kesadaran menurun
  8. Sebagian tubuh menjadi lumpuh

Gunakan Jasa Kami Flex-Free Clinic untuk Mengobati Sakit Tulang Belikat Anda Dengan Tepat!

Kami Flex-Free Clinic  mampu membantu Anda dalam mengobati sakit tulang belikat dengan tepat dan efektif. Untuk pengobatan tulang belikat Anda yang sakit ini, Anda bisa menggunakan layanan kami seperti ESWT. Terapi ESWT menggunakan gelombang kejut yang dapat menghantarkan energi tinggi ke titik tulang belikat Anda yang sakit. Energi yang dialirkan tersebut dapat menstimulasi metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah, mempercepat proses regenerasi dan perbaikan tulang serta jaringan lunak Anda dengan maksimal.

Kami merupakan klinik rehabilitasi medik khusus di bidang muskuloskeletal yang dapat mengatasi kelainan dan nyeri otot, tulang sendi dan saraf dengan penanganan yang profesional. Kami telah dilengkapi dengan tim dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) dengan peminatan Muskuloskeletal yang berpengalaman baik di dalam maupun luar negeri.

Setelah menggunakan layanan kami, akan memastikan Anda mendapatkan kepuasan dengan maksimal. Tidak hanya itu saja, kami akan menjaga kepercayaan Anda kepada kami dengan baik, karena kami selalu mengedepankan kepuasan Anda.

Tunggu apa lagi? Segera percayakan mengatasi sakit tulang belikat Anda hanya kepada kami Flex-Free Clinic  untuk penanganan dengan tepat oleh tim dokter kami.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Pada lengan atas terdapat otot biceps yang berfungsi menggerakkan dan memutar lengan bawah (seperti saat menga

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: www.sharecare.com Penderita osteoarthritis mungkin takut untuk berolahraga karena akan menye

ARTIKEL KESEHATAN

Tulang belakang tersusun dari beberapa tulang kecil yang saling menumpuk yang memungkinkan tubuh dapat membung

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: http://muscleandjoint.ca/scoliosis/ Postur tubuh yang baik dibentuk oleh tulang belakang dan

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung