Penyebab Lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

Rabu, 15 November 2023
Flex Free
Rabu, 15 November 2023
Flex Free

Lutut merupakan bagian tubuh yang kompleks dengan banyak komponen yang membentuknya. Komponen yang membentuk lutut, antara lain tulang, tulang rawan, ligamen dan tendon.

Dikarena lutut merupakan komponen yang kompleks, kadangkala dapat timbul permasalahan, seperti lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan.

Banyak faktor yang memungkinkan menyebabkan lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

Penyebab Lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan       

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan, antara lain:

1. Cedera

Lutut merupakan sendi terbesar di tubuh dan yang paling mudah mengalami cedera dikarenakan pada lutut banyak komponen yang membentuknya seperti tulang, tulang rawan, ligamen dan tendon.

Penyebab lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

sumber: Powerful Physical Therapy

Cedera merupakan penyebab utama yang paling sering menimbulkan keluhan nyeri lutut. Cedera yang dapat terjadi pada lutut antara lain, sebagai berikut:

  1. Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) dan PCL (Posterior Cruciate Ligament)

Cedera ACL dan PCL merupakan cedera yang paling sering terjadi pada lutut. Biasanya sering dialami pada atlet atau orang yang hobi berolahraga. Olahraga yang paling sering menyebabkan cedera ACL dan PCL adalah sepak bola, bola kaki atau basket. Cedera yang biasanya dialami ACL dan PCL adalah robekan pada ligamen tersebut.

  1. Robekan Meniskus

Meniskus merupakan lapisan tulang rawan yang memiliki fungsi sebagai pelindung serta stabilitas persendian yang ada pada lutut, sehingga menjadi alasan kenapa tulang paha dan tulang kering tidak mengalami gesekan saat menggerakkan lutut.

Meniskus dapat robek akibat cedera atau akibat perubahan degeneratif yang terjadi seiring berjalannya waktu.

Robekan pada meniskus umumnya terjadi akibat adanya gerakan-gerakan yang memaksa rotasi ketika kaki berada pada pijakan yang cukup kuat. Contohnya adalah aktivitas memutar yang dilakukan secara mendadak ketika seseorang berolahraga basket, tenis, sepak bola, dan lain sebagainya.

Cedera meniskus yang berhubungan dengan olahraga, sering terjadi bersamaan dengan cedera lutut lainnya, seperti  robekan ACL.

  1. Fraktur (Patah Tulang)

Penyebab lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

sumber: American Academy of Orthopaedic Surgeon

Tulang di sekitar lutut yang paling sering fraktur adalah patela (tempurung lutut). Ujung tulang paha dan tibia (tulang kering) tempat keduanya bertemu membentuk sendi lutut juga dapat mengalami fraktur. Biasanya patah tulang di sekitar lutut disebabkan oleh trauma, seperti jatuh dari ketinggian atau kecelakaan berkendara.

  1. Keseleo

Seseorang yang mengalami keseleo atau terkilir pada lutut dapat menyebabkan keluhan sakit lutut saat ditekuk dan diluruskan. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan keseleo terjadi karena gangguan pada ligamen, dimana ligamen berfungsi untuk menstabilkan sendi lutut sehingga seseorang dapat bergerak bebas.

Dengan demikian, ketika salah satu bagian ligamen pada lutut teregang atau sobek, maka dapat menimbulkan keluhan lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan.

2. Osteoarthritis (Pengapuran Sendi)

Pengapuran yang terjadi pada sendi juga dapat menyebabkan lutut sakit saat ditekuk. Pengapuran sendi atau yang disebut osteoarthritis ini menimbulkan penipisan pada bantalan sendi lutut sehingga lutut akan terasa kaku, nyeri, bahkan bisa menyebabkan pembengkakan.

Bukan hanya pada lutut saja, pengapuran sendi juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti tulang punggung, pinggul, dan tangan. Meskipun osteoartritis lebih sering terjadi pada usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini juga dapat menyerang siapapun meskipun belum berusia lanjut.

3. Patellofemoral pain syndrome

Penyebab lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan pada Runners Knee

sumber: Flex Free.com

Patellofemoral pain syndrome atau dikenal dengan runner's knee merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan nyeri yang berasal dari tempurung lutut dan tulang paha.

Patellofemoral pain syndrome biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan otot, ketegangan otot, dan gangguan kesejajaran pada kaki. Hal ini lah yang dapat menimbulkan keluhan lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan.

4. Bursitis

Bursitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada bursa atau kantong yang berisi cairan pelumas dan terletak di antara jaringan lunak dengan tulang.

Bursitis seringkali pada persendian yang sering digunakan, seperti sendi bahu, siku, pinggul, kaki, hingga lutut. Bursitis yang terjadi pada lutut dapat menimbulkan kekakuan pada lutut sehingga menimbulkan nyeri saat ditekuk.

Bursitis umumnya terjadi akibat penekukan lutut atau berlutut dalam waktu yang lama atau bisa juga disebabkan oleh cedera yang mengakibatkan benturan keras.

Apa yang harus dilakukan jika lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan?

Konsultasi segera ke dokter jika anda atau keluarga anda mengalami keluhan lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mengatasi Lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

Beberapa penangan berikut yang dapat membantu anda mengatasi keluhan lutut sakit dirumah, antara lain:

  1. Kompres Dingin

Kompres dingin untuk lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

sumber: Flexfree.com

Kompres dingin pada lutut anda yang mengalami nyeri 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Kompres dingin dapat membantu anda mengurangi keluhan lutut sakit dan bengkak pada lutut.

  1. Istirahatkan Lutut

Mengurangi atau bahkan menghentikan aktivitas yang memberat nyeri lutut dapat membantu mengurangi keluhan nyeri lutut. Hentikan aktivitas yang dapat memperberat keluhan,seperti mengangkat beban yang berat atau berlari.

  1. Kompresikan Lutut

Kompresi lutut ini dilakukan dengan cara melilitkan perban elastis pada lutut yang sakit. Kompresi lutut bertujuan untuk mengurangi nyeri lutut dan mencegahan pembengkakan pada lutut.

  1. Meninggikan Lutut

Meninggikan Lutut saat sakit

sumber: Flex Free.com

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan meninggikan lutut yang sakit. Cara ini bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak pada lutut yang sakit ketika ditekuk. Caranya, posisikan lutut di atas bantal yang posisinya lebih tinggi dari dada Anda.

  1. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan dapat membantu mengurangi keluhan nyeri lutut dan pembengkakan pada lutut.

Pilihan obat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi keluhan nyeri lutut,antara lain:

  • Golongan Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) COX-1: Ibuprofen, Asam Mefenamat, atau Piroxicam
  • Golongan Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) COX-2: Celecoxib, Etoricoxib

Efek samping yang sering ditimbulkan pada golongan obat ini adalah:

  • Reaksi Alergi (ruam kulit, mata bengkak, bibir bengkak, hingga sesak nafas)
  • Nyeri Perut
  • Gangguan saluran cerna
  • Pusing atau sakit kepala
  • Tekanan Darah Tinggi

Hati-hati dalam memilih obat anti nyeri golongan NSAID, karena mereka mempunyai efek samping dan efektivitas yang berbeda pada setiap penderita.

Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, agar mendapatkan obat yang tepat untuk kondisi anda.

Terapi Lutut sakit di Flex Free

Selain mengonsumsi obat-obatan, Klinik Flex Free dapat membantu anda mengatasi permasalahan nyeri lutut anda.

Pilihan terapi untuk mengatasi nyeri lutut tergantung dari penyebab nyeri lutut anda, berikut pilihan yang dapat dilakukan:

Terapi Injeksi Intra-Artikular

Injeksi intra-artikular (pemberian suntikan pada sendi) merupakan pilihan utama pada pengobatan pengapuran tulang akibat osteoarthritis. Injeksi intra-artikular diberikan tergantung dari keadaan penderita. Pilihan injeksi intra-artikular yang dapat dilakukan, adalah Injeksi Kortikosteroid atau Injeksi Hyaluronan.

Terapi Rehabilitasi Medik

Pilihan terapi rehabilitasi medik yang dapat dilakukan di Klinik Flex Free, antara lain:

  1. Terapi Ultrasound

Cara kerja dari terapi ultrasound adalah memberikan efek pemanasan terhadap bagian yang sakit dan efek non termal (efek pemijatan dan efek biologis yang dapat mempengaruhi proses yang terjadi di jaringan atau sel sehingga dapat mempercepat terjadinya pemulihan atau regenerasi jaringan).

Biaya terapi ultrasound di klinik Flex Free kurang lebih Rp.150.000,- per kali terapi.

  1. Terapi Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT)

Terapi Ultrasound untuk lutut sakit

sumber: Flex Free.com

ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy juga bisa digunakan untuk menangani nyeri lutut.

Terapi ini dikategorikan sebagai terapi non invasif. Prosedur terapi ESWT menggunakan gelombang kejut yang diarahkan ke bagian tubuh yang sakit.

Energi yang dialirkan dapat menstimulasi metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah dan mempercepat proses regenerasi dan perbaikan dari tulang, tendon dan jaringan lunak lainnya.

Biaya terapi ESWT di klinik Flex Free kurang lebih Rp.500.000,- per kali terapi.

 

 

 

 

Referensi:

  • American Academy of Orthopaedic Surgeon. Common Knee Injuries. 2022
  • American Academy of Orthopaedic Surgeon. Meniscus Tears. 2021
  • Flex Free. Penyebab Sakit Lutut di Usia Muda dan Cara Menyembuhkannya. 2023
  • Flex Free. Runners Knees. 2016
  • Web Md. Whats Causing My Knee Pain. 2023
  • Web Md. What are NSAIDs for Arthritis. 2022

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561