8 Cara Mengatasi Pundak dan Leher Kaku

Jumat, 15 Juli 2022
Flex Free
Jumat, 15 Juli 2022
Flex Free

Pundak dan leher kaku biasanya disertai oleh rasa nyeri bahu. Penyebabnya pun bisa karena beberapa faktor mulai dari adanya cedera pada bagian kepala dan leher, adanya gangguan pada persendian tulang leher, otot tegang, penyakit tertentu hingga saraf terjepit.

Kondisi tersebut pastinya tidak nyaman, sakit sehingga mengganggu aktivitas. Untuk itulah Anda harus segera menanganinya supaya tidak semakin berlarut-larut. Untuk itulah berikut akan dibawah mengenai cara mengatasi pundak dan leher kaku yang efektif.

Cara Mengatasi Pundak dan Leher Kaku

Meskipun masalah pundak dan leher kaku tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya namun Anda tidak boleh mengabaikannya. Oleh karena itu Anda bisa mencoba mengobati dan mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

  1. Kompres dengan Es

Cara pertama untuk mengatasi masalah pundak dan leher yang terasa kaku adalah dengan mengompresnya dengan es. Memang cara ini tidak akan langsung membuat pundak dan leher Anda langsung sembuh.

Meski begitu cara ini cukup efektif untuk mengurangi rasa kaku dan nyeri pada area pundak dan leher. Cara ini juga bisa membantu meredakan pembengkakan dan peradangan pada area pundak maupun leher Anda.

Untuk cara mengompresnya juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kantong es pertolongan pertama untuk melakukannya. Selanjutnya bungkus kantong es menggunakan kain supaya tidak terlalu dingin untuk tubuh Anda.

Jika sudah Anda bisa langsung menempelkan es pada bagian pundak dan leher Anda. Lakukan selama kurang lebih 20 menitan. Beri jeda paling tidak selama 20 sampai 30 menit sebelum Anda mulai mengkompres lagi

  1. Berendam Air Hangat

Air hangat dipercaya bisa menghilangkan rasa lelah dan melemaskan otot yang kaku di tubuh termasuk di bagian pundak dan leher. Bahkan air hangat juga bisa membantu meredakan rasa nyeri saat pundak dan leher kaku.

Untuk itulah berendam air hangat sangat disarankan saat Anda mengalami kondisi tersebut. Namun jika Anda sedang tidak ingin berendam air hangat Anda juga memanfaatkan bantalan pemanas.

Bantalan tersebut bisa Anda letakan pada bagian yang terasa kaku. Biarkan selama beberapa saat. Dengan begitu otot yang tegang bisa sedikit mengendur dan rasa kaku dan nyeri di pundak dan leher bisa berkurang.

  1. Melakukan Peregangan

Sebelumnya sudah disinggung jika pada dasarnya salah satu penyebab terjadinya kaku di bagian pundak dan leher adalah otot yang kaku. Untuk itulah Anda disarankan untuk melakukan peregangan ringan supaya rasa kaku yang dirasakan bisa berkurang.

Anda bisa mulai dengan mencoba meregangkan otot leher dan pundak dengan cara menggerakan kepala. Adapun gerakan ini harus dilakukan dengan perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Selain itu Anda juga bisa memutar bahu ke depan dan belakang.

Ingat peregangan ini harus dilakukan dengan pelan dan hati-hati. Apabila menyebabkan nyeri maka hentikan peregangan yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda memaksa untuk melanjutkan karena bisa berbahaya atau malah semakin parah.

  1. Mengubah Posisi Tidur

Perlu Anda tahu jika posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan leher dan pundak menjadi kaku dan nyeri. Untuk itulah Anda harus mengatur posisi tidur. Usahakan posisi kepala tidak terlalu tinggi saat tidur.

Selain itu Anda juga bisa tidur di kasur yang keras dengan posisi terlentang tanpa menggunakan bantal. Disamping itu Anda juga dapat memakai bantal khusus supaya ketegangan pada otot leher bisa berkurang.

  1. Mengkonsumsi Obat

Apabila  sudah tidak tahan dengan rasa nyeri dan kaku pada pundak maupun leher hingga kesulitan beraktivitas maka Anda obat mengkonsumsi obat. Saat ini ada beberapa pilihan obat yang ada di apotek untuk mengatasi masalah ini.

Jadi Anda bisa datang langsung ke apotek dan bertanya informasi obat yang ada. Selanjutnya Anda hanya perlu membeli dan mengkonsumsinya saja.

  1. Perbanyak Istirahat

Saat Anda mengalami pundak dan leher kaku, akan lebih baik jika Anda memperbanyak istirahat agar cepat sembuh. Apalagi jika kegiatan atau pekerjaan harian Anda mengharuskan selalu memandang layar komputer dengan posisi duduk, dimana keadaan tersebut bisa membuat bagian pundak dan leher jadi tegang dan kaku.

Untuk itulah ada baiknya Anda mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Apabila dirasa sudah mulai membaik baru Anda bisa beraktivitas atau bekerja seperti biasanya.

  1. Pijat Pundak dan Leher

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memijat bagian pundak dan leher yang terasa kaku. Metode rumahan yang satu ini dipercaya cukup efektif untuk mengurangi rasa kaku yang ada di pundak dan leher. Anda bisa memijat sendiri maupun meminta tolong anggota keluarga untuk melakukan pijatan ini.

  1. Pergi ke Klinik dan Periksakan Diri ke Dokter

Apabila Anda ingin cara yang tercepat dan yang paling aman maka Anda bisa langsung pergi ke klinik dan periksa ke dokter. Dengan begitu dokter bisa memeriksa keadaan Anda dan memberikan solusi maupun penanganan yang terbaik supaya kondisi Anda lekas membaik.

Adapun salah satu rekomendasi klinik yang ahli dalam masalah ini adalah Flex Free Clinic.

Mengatasi Masalah Pundak dan Leher Kaku Bersama Flex Free Clinic

Masalah pundak dan leher kaku Anda bisa segera tuntas jika menggunakan jasa kami Flex Free Clinic. Flex Free Clinic sendiri adalah sebuah klinik rehabilitasi medik yang mengkhususkan diri di bidang muskuloskeletal tulang sendi dan saraf.

Kami menangani semua masalah yang berhubungan dengan hal diatas termasuk masalah kaku di bagian pundak dan leher. Jika berkunjung dan menggunakan jasa kami maka Anda akan langsung ditangani oleh tim dokter spesialis.

Dokter spesialis itupun sudah terbukti profesional dan berpengalaman baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi akan kemampuannya. Selain melayani masalah pundak dan leher yang terasa kaku kami juga melayani beberapa masalah lain seperti:

  • Saraf yang kejepit seperti syaraf kejepit di area tangan, punggung, leher maupun pinggul
  • Masalah nyeri kaki dan lutut
  • Nyeri dibagian bahu
  • Cedera saat olahraga
  • Nyeri dibagian tangan
  • Nyeri pada bagian sendiri
  • Menangani kelainan tulang belakang seperti Skoliosis.

Tak hanya itu saja kami juga selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Untuk itulah kami juga menyediakan layanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis hingga penanganan.

Bahkan kami juga selalu sigap dalam memberi pelayanan pengobatan maupun pencegahan pada berbagai masalah kelainan otot, tulang, sendi dan lain sebagainya dengan tepat dan menyeluruh.

Disamping itu kami juga menyediakan fasilitas yang terbaik dan lengkap seperti ruang pemeriksaan USG untuk otot, tulang dan sendiri, ruang tindakan medis hingga ruang fisioterapi.

Lebih dari itu kami juga menyediakan ruang gym dan latihan untuk para pasien kami. Untuk info selengkapnya Anda Anda bisa menghubungi no Whatsapp kami atau mengunjungi laman website kami disini.

Selain itu Anda juga bisa langsung saja datang ke alamat kami di Ruko Italian Walk Blok J No 19 Mall Of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia. Bisa juga ke  JL Terusan Pasir Koja no 153/63 Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Bandung Jawa barat. Jadi tunggu apalagi segera hubungi kami dan atasi masalah pundak dan leher kaku Anda dengan cepat dan profesional hanya di Flex Free Clinic.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya