Terapi Sakit Pinggang tanpa Operasi

Selasa, 14 Februari 2023
Flex Free
Selasa, 14 Februari 2023
Flex Free

Keluhan sakit pinggang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diperkirakan lebih dari 80% orang pernah menderita sakit pinggang minimal satu kali seumur hidupnya. 

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti misalnya:

  • masalah otot
  • kelainan tulang belakang (skoliosis atau kifosis)
  • Hernia Nucleus Pulposus /HNP (jepitan syaraf akibat pecahnya bantalan tulang belakang)
  • Spondylolisthesis (pergeseran tulang belakang)
  • Penyakit degeneratif (penyakit akibat penuaan)
  • Cedera dan fraktur kompresi vertebra. 

Walau jarang menyebabkan kematian, dampak sakit pinggang terhadap kualitas hidup penderitanya sangat besar karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga produktivitas menjadi berkurang.

Menentukan Penyebab Sakit Pinggang

Penentuan diagnosis dan penyebab sakit pinggang sangat penting karena terapi yang diperlukan juga berbeda-beda. Untuk penentuan diagnosis, data yang didapat dari keluhan pasien, riwayat dan perjalanan penyakit selama ini serta pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter merupakan langkah awal untuk penentuan pemeriksaan lanjutan berikutnya.

  • Rontgen, MRI atau CT scan. Biasanya dokter dapat meminta pasien menjalankan pemeriksaan foto rontgen, MRI atau CT-Scan, tergantung dugaan penyakitnya.
  • Ultrasonografi. Saat ini pemeriksaan dengan Ultrasonografi (USG) juga dapat dilakukan. Pemeriksaan USG memiliki keunggulan dapat langsung dilakukan di tempat periksa (bagi fasilitas kesehatan yang memiliki USG), tidak ada efek radiasi dan untuk beberapa bagian tubuh yang membutuhkan pemeriksaan ketika bergerak.

Terapi Sakit Pinggang Tanpa Operasi

Terapi tanpa operasi adalah pilihan penanganan pertama untuk sakit pinggang. Operasi dilakukan bila keluhan sakit pinggang sudah menyebabkan gangguan syaraf yang hebat atau terapi tanpa operasi sudah tidak efektif.

Beberapa terapi tanpa operasi yang dilakukan misalnya dengan:

  • edukasi postur dan aktivitas,
  • olahraga dan latihan terapeutik,
  • modalitas terapi fisik,
  • ortotik (alat penyangga),
  • dan obat-obatan.

Tatalaksana yang baik harus mencakup penyembuhan gejala, mengatasi penyebab baik itu postural, aktivitas atau kelainan biomekanik dan edukasi pencegahan.

Untuk penyembuhan gejala yang akut, obat-obatan dapat diberikan. Sementara untuk sakit pinggang kronis, terapi fisik latihan terapeutik dan edukasi postur dapat membantu.

Terapi modalitas fisik yang dapat membantu antara lain:

  • terapi laser,
  • terapi infrared,
  • ultrasound diatermi,
  • TENS (Transcutaneous Electric Nerve Stimulation)
  • traksi.

Kemajuan teknologi menciptakan perkembangan untuk terapi-terapi tersebut, salah satunya pada terapi traksi. Decompression Traction System (DTS) merupakan salah satu perkembangan terkini untuk terapi traksi.

terapi sakit pinggang tanpa operasi

DTS adalah traksi yang diatur dengan komputer, sehingga pengaturan tarikan dan relaksasi dapat lebih terkontrol. Selain itu DTS juga dilengkapi oleh meja yang terpisah sehingga mengurangi friksi dan dengan pengaturan kemiringan bed traksi sehingga traksi dapat lebih menitik beratkan pada area yang abnormal. 

Terapi modalitas fisik termasuk terapi yang lebih aman dari efek samping dibandingkan dengan obat-obatan atau operasi. Walaupun demikian, terapi obat-obatan juga tetap diperlukan pada beberapa kasus.

Untuk sakit pinggang yang disebabkan postur dan kelainan tulang belakang, alat penyangga (ortosis) memegang peranan penting. Pada skoliosis atau kifosis, koreksi postural dan rebalancing otot tulang belakang harus dilakukan karena sakit pinggang terutama juga disebabkan oleh kontraksi otot pinggang yang tidak seimbang.

Ortosis untuk skoliosis selama ini menggunakan brace besi yang justru membuat kesulitan untuk melakukan latihan, selain itu juga tidak nyaman terutama bila beraktivitas.

korset skoliosis

Dynamic brace merupakan perkembangan terkini untuk skoliosis yang menggunakan konsep gerakan korektif. Dengan dynamic brace, otot pinggang dikondisikan pada kontraksi yang paling seimbang dan normal sehingga postur yang normal dapat tercipta secara alami melalui kontraksi otot yang lebih seimbang. 

Jangan menunda untuk mengkonsultasikan keluhan sakit pinggang Anda karena takut dioperasi. Dokter akan menentukan terapi yang tepat sesuai dengan masalah Anda, dan tidak semua masalah sakit pinggang diselesaikan dengan tindakan operasi.

Anda dapat menghubungi klinik kami, Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang menyeluruh dari dokter-dokter ahli kami.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel