Terapi Lutut Tidak Bisa Ditekuk

29 September 2022 , Flex Free
29 September 2022
Flex Free

Tidak akan terhitung rasanya berapa kali lutut Anda ditekuk per harinya. Sebab, hampir semua kegiatan yang dilakukan mengandalkan kinerja lutut. Lalu bagaimana jika lutut cedera? Apakah terapi lutut tidak bisa ditekuk adalah solusinya?

Masalah lutut tidak bisa ditekuk ada banyak sekali penyebabnya, entah karena penuaan maupun cedera. Untuk mengetahui apa saja penyebab hal tersebut, simak artikel berikut ini.

Penyebab Lutut Tidak Bisa Ditekuk

Lutut yang sakit, tidak memungkinkan bisa diajak berkegiatan seperti biasanya. Sebab, Anda pastinya akan sangat merasa terganggu oleh rasa nyeri yang dialami.

Apakah nyeri karena lutut tidak bisa ditekuk, maupun nyeri ketika lutut hendak diluruskan. Oleh sebab itu, ketahuilah beberapa penyebab terjadinya nyeri lutut tersebut di bawah ini:

  1. Bursitis

Keluhan ini terjadi saat kondisi bursa lutut. Bursa merupakan sebuah pada lapisan bawah kulit yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya gesekan antar tulang. Tentu saja saat sendi banyak digunakan untuk bergerak.

Akan terjadi iritasi di bursa lutut ketika Anda terjatuh atau terlalu banyak kegiatan menekuk. Iritasi pada bursa seperti ini dikenal pula dengan istilah preacher’s knee.

  1. Sindrom Patellofemoral

Sindrom ini merupakan rasa nyeri yang terjadi pada bagian depan lutut yang memburuk. Biasanya kan terasa sangat nyeri ketika dibawa berlari, terlalu lama duduk maupun diajak naik turun tangga.

Nyeri yang dirasakan pada saat seperti ini terasa tumpul. Sindrom ini dikenal pula dengan nama runner’s knee. Biasanya sering ditemukan pada seseorang yang sering berolahraga lari.

Meskipun penyebab pasti keluhan ini masih belum ditemukan. Namun para ahli menyimpulkan ada beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya sindrom ini.

Penyebab tersebut adalah akibat overuse atau pemakaian sendi yang berlebih, otot tidak seimbang dan cedera. Memiliki riwayat pernah melakukan operasi pun dapat mengalami sindrom Patellofemoral.

  1. Meniskus Robek

Tulang rawan pada lutut yang memiliki bentuk seperti huruf C adalah Meniskus. Fungsinya yaitu sebagai bantalan agar lutut tetap aman.  Terkadang, cedera yang terjadi pada lutut menyebabkan meniskus jadi robek.

Robekan tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi. Sebab, ujung meniskus yang kasar bisa tersangkut pada sendi. Akibatnya, sendi terasa sulit untuk digerakkan, bahkan terasa nyeri karena ada yang menyangkut.

  1. Dislokasi Lutut

penyebab lutut sakit ketika ditekuk bisa saja akibat terjadinya dislokasi. Biasanya kondisi ini ditandai oleh tempurung lutut yang tampak bergeser pada sebuah lokasi yang tidak semestinya.

Akibatnya, terjadi pembengkakan dan menyebabkan lutut nyeri. Para ahli menyebut masalah ini dengan nama dislokasi patella.

  1. Osteoarthritis

Keluhan ini kerap menjadi penyebab terjadinya nyeri lutut saat usia telah menginjak 50 tahun. Selain itu, riwayat cedera yang dimiliki pun dapat menjadi faktor risiko adanya osteoarthritis.

Biasanya, penderita osteoarthritis memiliki sendi lutut yang bengkak. Apalagi jika di pagi hari, lutut akan terasa sangat kaku sekali.

  1. Penyakit Osgood-Schlatter

Penyakit Osgood-Schlatter dapat memicu rasa nyeri pada lutut. Biasanya terjadi saat bagian lain dari lutut dan tulang rawan masih berubah di usia muda. 

Biasanya akan memicu benjolan yang nyeri di bagian tempurung & tendon lutut ketika bertemu tulang tibia.

Tidak hanya itu saja, olahraga yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit Osgood-Schlatter. Akan tetapi, keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

  1. Arthritis

Memiliki arti radang sendi, arthritis bisa saja terjadi di seluruh bagian sendi. Akibatnya sendi akan terasa kaku dan sakit. Apabila Anda saat ini sedang mengalami lutut yang tidak bisa diluruskan maupun ditekuk, boleh jadi dipicu oleh arthritis.

  1. Patellar Tendonitis

Keluhan ini juga dapat menjadi salah satu penyebab lutut sakit ketika hendak ditekuk. Tendon sendiri merupakan jaringan yang kuat di sendi.

Apabila Anda melakukan olahraga yang berlebih, maka tendon akan terasa nyeri dan meradang. Bisanya Anda akan merasakan nyeri yang tajam di area tempurung lutut.

  1. Fraktur

Patah tulang atau disebut juga sebagai fraktur dapat menyebabkan nyeri lutut. Sebab  penyusun lutut seperti tempurung juga bisa mengalami kerusakan atau fraktur.

Penyebab terjadinya kerusakan ini bisa diakibatkan oleh usia yang memiliki tulang lemah karena osteoporosis. Bisa juga terjadi akibat kecelakaan lalu lintas.

  1. Keseleo

Mengalami keseleo atau terkilir pada bagian ligamen yang memiliki fungsi untuk menstabilkan lutut juga bisa menjadi penyebab nyeri

Biasanya terjadi ketika ada salah satu ligamen lutut Anda yang meregang atau sobek. Saat inilah Anda akan merasakan nyeri ketika lutut akan diluruskan atau ditekuk.

Rasa sakit yang muncul akan tergantung pada seberapa besar tingkat kerusakan ligamen. Jadi, jika ligamen mengalami rusak parah rasa nyeri pun akan semakin tidak terkendalikan.

Terapi lutut Tidak Bisa Ditekuk

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi lutut yang terasa nyeri ketika ditekuk? Semua penanganannya akan berbeda tergantung dari penyebab dasarnya. Akan tetapi, Anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini sebagai penanganan dini:

  1. Istirahatkan lutut Anda

Menghentikan semua aktivitas yang bisa memicu terjadinya nyeri pada saat lutut akan ditekuk. Sebaiknya hindari pula  mengangkat beban yang akan menambah beban di lutut.

  1. Mengompres dengan air dingin

Mengompres lutut menggunakan air dingin juga dapat meredakan rasa nyeri. Lakukan pengompresan lutus menggunakan air dingin selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Lakukan berulang kali hingga rasa nyeri berkurang.

  1. Memberikan sedikit tekanan

Melilitkan perban elastis pada lutut juga dapat  mencegah terjadinya pembengkakan. Tekanan inilah yang menghambat terjadinya lutut bengkak akibat rasa nyeri yang dialami.

Meskipun begitu, Anda tidak diperkenankan melilit perban terlalu kencang. Sebab, hal tersebut dapat menghambat aliran darah dan bisa saja memperparah kondisi nyeri.

  1. Meninggikan posisi lutut

Membuat posisi lutut lebih tinggi daripada dada nampaknya dapat meredakan pembengkakan. Jadi, cara ini bisa Anda pilih sebagai salah satu pereda rasa nyeri akibat lutut bengkak.

  1. Mengkonsumsi pereda nyeri

Pereda nyeri dapat Anda konsumsi jika diperlukan dan mendesak. Sebab, jika nyeri yang Anda alami sangat kuat, semua cara di atas tidak akan terasa atau mempan mengatasinya.

Ketika Anda mengalami nyeri pada area lutut ketika akan ditekuk atau diluruskan, Anda bisa konsultasikan pada dokter spesialis kami. Anda bisa mendapatkan terapi lutut tidak bisa ditekuk di klinik Flex Free.

Kunjungi website kami sekarang juga untuk mengetahui info lainnya di Flexfreeclinic.com. Anda akan mendapatkan terapi yang komprehensif untuk mengatasi keluhan lutut Anda.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Keluhan sakit di tempurung lutut merupakan satu hal yang sering membawa seorang pasien ke praktik dokter.

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri lutut sering dikaitkan dengan orang tua atau lansia, tapi tahukah Anda, keluhan nyeri lutut juga bisa di

ARTIKEL KESEHATAN

Sendi lutut adalah salah satu sendi yang menopang berat tubuh. Sendi lutut dilengkapi dengan berbagai liga

ARTIKEL KESEHATAN

Rasa sakit di lutut bisa berasal dari struktur tulang lutut, seperti tempurung lutut, ligamen, sendi lutut, da

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung