Terapi Radang Sendi Lutut (Osteoarthritis Lutut)

Selasa, 01 November 2022
Flex Free
Selasa, 01 November 2022
Flex Free

Apa itu Radang Sendi Osteoarthritis (OA)?

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis penyakit rematik yang bersifat kronis yang dapat menyebabkan nyeri, bengkak, kekakuan dan perubahan bentuk pada persendian. Osteoarthritis sering disebut juga dengan “pengapuran sendi”

Apa yang Terjadi pada OA?

radang sendi osteoartrhitis

  • Terjadi perlunakan tulang rawan sendià tulang rawan menjadi pecah dan terkikis
  • Terjadi pertumbuhan tulang rawan sendi dan tulang baru pada tepi persendian (osteofit)à perubahan bentuk sendi
  • Celah sendi menyempit
  • Cairan pelumas sendi berkurang
  • Densitas atau kepadatan tulang juga menurun à tulang menjadi rapuh

Siapa yang Berisiko Menderita Radang Sendi (OA)?

  • Usia >40 tahun
  • Jenis kelamin. Wanita > pria
  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Riwayat pekerjaan atau aktivitas dengan banyak berlutut/berjongkok, mengangkat, menaiki tangga atau berjalan lama dan pekerjaan yang memberikan stress berulang pada satu atau sekelompok sendi.
  • Kerusakan atau cedera pada tulang dan sendi sebelumnya, karena suatu hal (kecelakaan, penyakit tulang, penyakit saraf, penyakit metabolik seperti kencing manis dsb)
  • Adanya riwayat OA dalam keluarga.
  • Adanya Osteoporosis (pengeroposan tulang)
  • Faktor genetik dan kelainan bentuk tulang bawaan (kaki x atau o)

Sendi Mana Saja yang Dapat Terkena?

radang sendi lutut

Semua sendi dapat terkena tetapi yang paling sering terkena adalah sendi lutut, sendi panggul dan sendi tulang belakang. Angka kejadian terbanyak adalah sendi lutut, hampir 50% pada usia 55 tahun dan 100% pada usia ≥75 tahun.

Mengapa Sendi Lutut yang Paling Sering Mengalami OA?

  • Sendi lutut adalah sendi penopang tubuh secara keseluruhan. Pada waktu berjalan beban yg diterima lutut kita adalah 3 kali lipat berat badan kita, waktu kita berlari menjadi 6 kali lipat, pada saat naik turun tangga beban lutut kita menjadi 9 kali lipat berat badan di atas lutut kita.
  • Adanya beban berlebih pada sendi lutut akibat pemakaian dengan aktivitas berlebih, gerakan-gerakan yang salah maupun pada obesitas, akan memicu kerusakan tulang rawan sendi yang berujung pada terjadinya OA.

Apa Komplikasi yang Sering Terjadi?

Adanya pembengkakan, perubahan bentuk sendi dan rasa nyeri akan membuat penderita membatasi gerakannya. Penderita tidak dapat bekerja dan beraktivitas secara maksimal, sehingga memicu timbulnya stress dan depresi.

Apa Terapi Radang Sendi Lutut (OA lutut)?

Secara garis besar penanganan dibagi menjadi:

  1. Penanganan secara non operatif
  2. Penanganan secara operatif diikuti dengan penanganan secara non operatif

Salah satu terapi non operatif yang menjadi pilhan saat ini adalah “Injeksi Pelumas Sendi”.

Apakah Injeksi Pelumas Sendi itu?

Suatu terapi dengan menyuntikan sebuah zat yang berfungsi sbagai pelumas yaitu zat Hyaluronic acid (asam hyaluronat). Secara normal, tubuh akan memproduksi sendiri zat pelumas tersebut, namun dengan adanya kerusakan sendi pada OA, maka jumlah zat yang diproduksi tidak mencukupi untuk menjaga elastisitas sendi tersebut.

Apakah Fungsi Injeksi Pelumas Sendi (Asam Hyaluronat)?

  • Sesuai fungsinya, asam Hyaluronat  berfungsi menjaga elastisitas sendi, sehingga dengan penambahan zat ini, diharapkan elastisitas sendi yang berkurang akibat OA dapat teratasi.
  • Sebagai Shock Absorber, yang akan melindungi sendi dari trauma berlebih
  • Memiliki efek anti radang dan anti radikal bebas
  • Memperbaiki nutrisi pada sendi
  • Merangsang pembentukan cairan sendi oleh tubuh secara alami (merangsang pembentukan Hyaluronan atau Hyaluronic acid endogen).

Injeksi pelumas sendi akan mengurangi tingkat keparahan OA yang terjadi dan mengurangi keluhan nyeri sehingga penderita dapat beraktivitas kembali dengan optimal.

Apakah Penderita OA Lutut perlu Injeksi Pelumas Sendi?

Sendi lutut merupakan sendi yang paling aktif membantu pergerakan. Gangguan pada sendi lutut akan menghambat aktivitas utama manusia yaitu bergerak.

Pada penderita OA didapatkan penurunan jumlah dan kekentalan cairan sendi serta penurunan konsentrasi/kadar asam hyaluronat sehingga akan menurunkan elastisitas sendi. Gerakan sendi menjadi kaku dan kerusakan tulang rawan sendi akan terus berlanjut. Hal ini akan semakin memperparah keluhan nyeri dan gangguan aktivitas terlebih sendi lutut adalah sendi penopang tubuh yang utama.

Amankah Terapi Radang Sendi Lutut dengan Injeksi?

  • Sangat aman, karena merupakan terapi lokal, yaitu langsung diberikan pada sendinya dan tidak memiliki efek sistemik
  • Injeksi pelumas sendi bukan steroid atau anti radang steroid, sehingga aman diberikan sampai beberapa kali dan tidak menimbulkan ketergantungan dan efek samping steroid (pengeroposan tulang)
  • Efek samping sangat ringan, dan akan hilang dalam beberapa hari, seperti nyeri pada tempat suntikan, terasa ada sesuatu yang mengganjal pada sendi dan sedikit pembengkakan akibat jumlah cairan sendi yang berlebih.

Pemberian injeksi ini dapat diulang beberapa kali sesuai dengan jenis zat yang diberikan (berat molekul rendah dan berat molekul tinggi)

Efektivitas dari injeksi ini tergantung banyak faktor diantaranya adalah terapi lain yang dijalankan, berat ringannya derajat OA yang terjadi, aktivitas fisik sehari-hari yang membebani sendi tersebut, dll.

Siapa yang Boleh Melakukan Prosedur Injeksi Pelumas Sendi?

Injeksi harus diberikan oleh Dokter Spesialis yang sudah terlatih atau kompeten dalam memberikan injeksi intra-artikuler atau injeksi ke dalam sendi.

dokter radang sendi

Bila anda penderita OA lutut dan ingin mengetahui lebih banyak tentang terapi ini, hubungi kami di Flex free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, kami dengan senang hati akan membantu mengatasi keluhan Anda, dokter-dokter spesialis kami akan membantu memberikan terapi yang terbaik untuk Anda.

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel