Tips Mencegah Saraf Kejepit di Punggung

29 November 2022 , Flex Free
29 November 2022
Flex Free

Saraf kejepit adalah kondisi ketika saraf mendapat tekanan berlebihan dari jaringan di sekitarnya, misalnya tulang, tulang rawan, otot atau tendon.

Saraf bisa terjepit di berbagai area di tubuh, misalnya di tulang belakang. Saraf di tulang belakang yang terjepit dapat menimbulkan gejala nyeri yang menjalar ke belakang tungkai bawah.

Sebagian besar penderita saraf kejepit sembuh dalam beberapa hari atau minggu dengan istirahat dan penanganan sederhana, tetapi terkadang diperlukan operasi untuk mengatasi saraf kejepit.

Penyebab Saraf Kejepit

Selain karena tekanan jaringan di sekitar saraf, saraf juga bisa terjepit pada:

  • cedera
  • penyakit rheumatoid arthritis
  • tekanan akibat gerakan berulang
  • aktivitas olahraga atau hobi
  • obesitas

Bila saraf hanya terjepit dalam waktu singkat, biasanya tidak terjadi kerusakan yang permanen. Bila tekanan dihilangkan, fungsi saraf akan kembali normal. Akan tetapi, bila saraf terjepit dalam waktu yang lama, bisa terjadi nyeri kronis dan kerusakan permanen.

Penanganan di Rumah untuk Saraf Kejepit di Punggung

  • Bila saraf kejepit terjadi akibat herniasi diskus, ada beberapa posisi yang dapat mengurangi tekanan dan beban pada diskus yang menonjol, sehingga tekanan pada saraf juga berkurang. Berbaring tengkurap, dan lakukan push up. Gerakan melebarkan tulang belakang lumbal ini dapat bermanfaat, tetapi mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang.
  • Bila saraf kejepit terjadi akibat stenosis spinal, lakukan gerakan atau posisi yang mendekatkan kedua lutut ke dada. Gerakan ini membuka saluran saraf sehingga terdapat ruang lebih untuk saraf.

Selain itu, istirahat cukup, latihan ringan, dan obat pereda nyeri juga dapat membantu menangani saraf kejepit di rumah.

Penanganan di rumah tidak boleh dilakukan untuk sindroma Cauda Equina.

Tips Mencegah Saraf Kejepit di Punggung

Apakah Anda membaca artikel ini sambil duduk membungkuk di kursi? Segera duduk dengan tegak.

Postur tubuh yang baik, cara mengangkat beban yang benar, dan menjaga otot core tetap kuat, dapat membantu mengurangi kemungkinan saraf kejepit.

Bila Anda harus duduk dalam waktu yang lama, gunakan penopang punggung, dan jaga kepala di atas bahu sambil menjaga bahu tetap di belakang. Bila memungkinkan, istirahatlah dengan teratur setiap beberapa waktu.

Jangan duduk atau berbaring di satu posisi dalam waktu yang lama, jangan menyilangkan kedua kaki.

Selain itu, untuk mengurangi risiko terkena saraf kejepit, kurangi berat badan terutama bila Anda obesitas.

Lakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas dengan teratur. Latihan atau olahraga yang menguatkan otot-otot di sekitar saraf yang terjepit dapat membantu mengurangi tekanan saraf. Sebagai contoh, bila Anda mengalami saraf kejepit di punggung bawah, menguatkan otot punggung bawah, perut, dan panggul, dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit.

Olahraga berjalan kaki berisiko rendah dan baik untuk hidrasi diskus di tulang belakang. Untuk mengurangi beban, Anda dapat berjalan kaki di dalam air.

Bila berjalan membuat punggung bawah Anda terasa tidak nyaman, Anda dapat mencoba untuk berenang atau olahraga air lainnya. Bergerak dalam air dapat membuat Anda merasa rileks dan tenang.

Yoga baik untuk menjaga fleksibilitas dan menguatkan otot-otot core, akan tetapi pada saraf kejepit akut, istirahat lebih diutamakan untuk menghindari perburukan.

Anda juga dapat mencoba Tai Chi. Gerakan pada Tai Chi dapat melatih kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan. Pada sebuah penelitian disebutkan, Tai Chi secara signifikan mengurangi sakit punggung bawah.

 

 

 

Referensi:

  • https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2021/11/pinched-nerve.php
  • https://www.spineuniverse.com/wellness/exercise/best-exercises-pinched-nerve-neck-lower-back

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Syaraf kejepit atau Hernia Nucleus Pulposus atau biasa disingkat HNP adalah kondisi ketika bantalan antar tula

ARTIKEL KESEHATAN

Saat mengalami urat kejepit di pinggang Anda pastinya akan merasakan nyeri. Rasa nyeri itupun jika dibiarkan b

ARTIKEL KESEHATAN

HNP atau kepanjangan dari (Herniated Nucleus Pulposus) yang terjadi pada bagian tulang ekor memang bisa mengga

ARTIKEL KESEHATAN

Saraf kejepit dapat terjadi di berbagai area tubuh, dan gejala yang muncul bergantung pada lokasi saraf yang t

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung