Tips Mencegah Sakit Punggung karena Berdiri Lama

Senin, 10 Juli 2023
Flex Free
Senin, 10 Juli 2023
Flex Free

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sakit punggung, salah satunya adalah karena berdiri terlalu lama. Bila Anda harus berdiri lama dan tidak bisa menghindarinya, apa yang bisa dilakukan?

Penyebab Sakit Punggung saat Berdiri

Ketika kita berdiri terlalu lama, panggul dapat bergeser ke depan, hal ini dapat menyebabkan otot-otot di punggung bawah mengencang.

posisi panggul saat berdiri

Hal ini dapat terjadi pada siapapun, tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami sakit punggung karena berdiri lama, yaitu:

  1. Menggunakan sepatu yang tidak mendukung. Terkadang pekerjaan tertentu menuntut karyawannya untuk menggunakan sepatu yang dapat meningkatkan kemungkinan sakit punggung, misalnya sepatu berhak tinggi.

Selain sepatu berhak tinggi, sepatu yang memiliki sol di bagian tumit lebih tebal dapat membuat tubuh kita condong ke depan dan menambah tekanan di punggung.

  1. Sciatica. Bila Anda menderita sciatica dan berdiri di satu posisi dalam waktu yang lama, otot dapat menjadi dingin di posisi tersebut. Ketika Anda mengganti posisi atau bergerak, otot-otot tersebut akan mendorong saraf sciatic dan memperburuk nyeri.
  2. Stress. Penelitian menyebutkan bahwa stress dapat meningkatkan risiko sakit punggung bawah hampir tiga kali lipat.
  3. Memiliki kondisi kaki datar (flat feet). Pada orang dengan flat feet, pergelangan kaki cenderung tergelincir sedikit ke arah dalam ketika berdiri, yang dapat mempengaruhi kesejajaran lutut dan panggul dan mencetuskan sakit punggung bawah.

Bagaimana Cara Meredakan Sakit Punggung karena Berdiri Lama?

Apabila Anda tidak dapat menghindari berdiri lama, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantu meredakan sakit punggung:

  • Banyak bergerak. Olahraga ringan, termasuk berjalan kaki dapat meregangkan otot-otot dan meningkatkan aliran darah.
  • Melakukan squat. Gerakan squat menggerakkan pergelangan kaki, lutut dan panggul, dan menghilangkan tekanan dari tulang belakang lumbal dengan memiringkan panggul ke posisi lebih ke depan.
  • Kompres hangat. Kompres hangat dapat meningkatkan aliran darah dan merelaksasi otot, yang dapat membawa lebih banyak nutrisi ke area yang sakit untuk menstimulasi penyembuhan.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri. Anda dapat mengkonsumsi obat seperti parasetamol, atau ibuprofen (baca aturan pakai, dosis dan kontraindikasi obat dengan baik) untuk membantu meredakan sakit punggung.
  • Mengikuti terapi fisik. Terapi fisik dapat membantu Anda untuk menguatkan dan meregangkan otot-otot punggung yang sakit.
  • Tidur di alas yang menopang punggung dengan baik.
  • Melatih otot-otot core yang membantu menopang punggung, dan
  • Mengurangi berat badan/menjaga berat badan tetap normal, dapat membantu terhindar dari sakit punggung

Tips Mencegah Sakit Punggung karena Berdiri Lama

  1. Perhatikan cara Anda berdiri. Apakah Anda berdiri dengan menempatkan beban berat badan di satu kaki? sedikit membungkuk? atau dengan perut menonjol?

Postur tubuh yang tidak baik yang dipertahankan dalam waktu lama dapat membuat punggung Anda sakit.

  1. Anda dapat mengubah-ubah posisi tumpuan berat badan dengan menekuk lutut bergantian, dengan catatan tidak menahan di satu lutut dalam waktu yang lama.

Cara lain untuk memindahkan berat badan adalah dengan berjinjit dan bertumpu pada tumit bergantian, lakukan beberapa kali.

  1. Berdiri pada permukaan yang lebih lembut. Bila memungkinkan, coba untuk tidak berdiri di permukaan yang keras, misalnya batu, aspal, atau beton terlalu lama. Cari permukaan yang lebih lembut seperti rumput, tanah, karpet (atau bahkan keset yang tebal) di dalam ruangan.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Beberapa orang mengalami sakit punggung hanya setelah beberapa menit berdiri. Hal ini dapat mengindikasikan adanya masalah pada tulang belakang, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui penyebab sakit punggung dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Selain itu, bila setelah mencoba cara-cara meredakan sakit punggung yang disebutkan di atas tetapi sakit tidak mereda, atau sakit menetap lebih dari beberapa minggu atau menjalar ke tungkai bawah, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Referensi:

  • https://www.hingehealth.com/resources/articles/back-pain-from-standing/
  • https://www.lispine.com/blog/stand-long-periods-without-getting-back-pain/
  • https://www.sapnamed.com/blog/tips-for-managing-back-pain-due-to-standing-for-long-time-periods/

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561