Bowlegs (Kaki O) pada Anak

Jumat, 11 Agustus 2023
Flex Free
Jumat, 11 Agustus 2023
Flex Free

Bowlegs (genu varum) adalah kondisi di mana tungkai bawah anak melengkung ke luar. Ketika anak dengan bowlegs berdiri tegak, pergelangan kaki bersentuhan tetapi lutut tetap tidak saling bersentuhan.

Kondisi ini jarang serius dan biasanya akan menghilang tanpa memerlukan terapi. Bowlegs dianggap bagian dari pertumbuhan normal pada bayi dan balita. Bowlegs tidak menyebabkan nyeri atau rasa tidak nyaman, dan tidak mengganggu kemampuan anak untuk berjalan, berlari atau bermain.

Bowlegs lebih sering pada anak yang kelebihan berat badan, mulai berjalan pada usia yang lebih muda, dan memiliki anggota keluarga dengan kondisi yang sama.

Biasanya bowlegs akan menghilang setelah anak berusia 18–24 bulan. Pada kasus yang jarang, bowlegs dapat menjadi tanda adanya gangguan pertumbuhan.

Anak remaja terkadang mengalami bowlegs, pada sebagian besar kasus, penyebabnya adalah karena anak kelebihan berat badan.

Apa Penyebab Bowlegs (Kaki O) pada Anak?

Bow legs sering terjadi sebagai bagian dari pertumbuhan alami anak. Pada sebagian besar kasus, tungkai bawah anak akan lurus seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Beberapa kondisi lainnya, misalnya penyakit Blount’s disease, penyakit metabolik, dan kelainan bentuk tulang, dapat menyebabkan tungkai bawah anak melengkung.

Penyakit Blount, tulang kering (tibia) pada satu atau kedua tungkai tumbuh tidak normal, membentuk lengkungan tajam di bawah lutut. Akan tetapi tidak seperti bow legs, penyakit Blount akan semakin memburuk.

Beberapa penyakit metabolik, misalnya rickets, juga menyebabkan bow legs. Penyakit ini terjadi ketika anak tidak mendapatkan vitamin D yang cukup. Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang melemah, sehingga tungkai bisa melengkung.

Terkadang penyakit rickets diwarisi dalam keluarga karena masalah genetik yang mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan vitamin D.

Kondisi lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang di sekitar lutut yaitu cedera, infeksi, atau tumor.

Gejala Bowlegs (Kaki O) pada Anak

Kaki O paling jelas terlihat saat anak berdiri dan berjalan. Balita yang memiliki kaki O biasanya memiliki koordinasi yang normal dan tidak terlambat belajar berjalan.

Terkadang anak-anak dengan bowlegs berjalan dengan ujung kaki menghadap ke dalam.

Bowlegs tidak menimbulkan nyeri, tetapi bowleg yang menetap dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada panggul, lutut, dan/atau pergelangan kaki pada remaja karena tekanan tidak normal pada sendi akibat tungkai yang melengkung.

Bagaimana Dokter Memeriksa Kaki O (Bowlegs) pada Anak?

Dokter mungkin tidak akan melakukan pemeriksaan bila usia anak kurang dari 2 tahun, tampak sehat dan baik-baik saja, dan lengkung kedua kaki sama. Dokter akan memantau dan memastikan lengkung kaki membaik seiring dengan pertumbuhan anak.

Akan tetapi bila salah satu tungkai lebih melengkung, dokter mungkin akan meminta pemeriksaan rontgen, untuk memeriksa apakah anak menderita penyakit Blount atau rickets.

Sebagian anak perlu diperiksa oleh dokter bedah tulang bila:

  • tungkai tidak lurus seiring waktu
  • lengkung tungkai tidak simetris
  • ada gejala nyeri, pincang, kelemahan, atau masalah saat berlari

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki O?

Kaki O fisiologis tidak memerlukan penanganan, biasanya akan membaik seiring dengan pertumbuhan anak. Dokter akan mengobservasi untuk memastikan tungkai anak tumbuh lurus dengan sendirinya. Koreksi kaki O biasanya tercapai saat anak berusia 3 hingga 4 tahun.

Pilihan terapi awal diantaranya pemakaian sepatu khusus, pembidaian, brace atau penggunaan gips.

Apabila lengkungan tungkai tidak membaik atau disebabkan karena kondisi lain;

  • digunakan brace atau dilakukan pembedahan bila lengkung kaki disebabkan oleh penyakit Blount
  • pada penyakit rickets, kondisi ditangani dengan menambahkan vitamin D dan kalsium ke dalam makanan. Penyakit rickets karena kondisi genetika memerlukan penanganan khusus oleh dokter spesialis endokrinologi

Penentuan terapi anak dengan bowlegs (kaki O) bergantung pada berbagai faktor, yaitu:

  • usia anak, kondisi kesehatan umum, dan riwayat kesehatan
  • berat ringannya kondisi penyakit
  • penyebab kondisi
  • toleransi anak terhadap obat, prosedur atau terapi spesifik
  • kemungkinan kondisi kaki O mempengaruhi mobilitas anak di masa yang akan datang

Catatan untuk Orang Tua

Bila anak Anda memiliki kaki O yang disertai dengan gejala-gejala berikut ini, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter:

  • bowlegs yang terus memburuk setelah usia 2 tahun
  • lengkungan tungkai yang tidak simetris
  • pincang saat berjalan
  • nyeri lutut atau panggul
  • tinggi badan di bawah persentil ke lima (anak pendek)

 

 

 

Referensi:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22049-bow-legged#management-and-treatment
  • https://kidshealth.org/en/parents/bow-legs.html
  • https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/bowed-legs-blounts-disease/
  • https://www.childrenshospital.org/conditions/bowlegs

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561