BERBAGAI MACAM CARA MENGATASI PENGAPURAN TULANG

Jumat, 05 April 2024
dr. Bella Pricylla J
Jumat, 05 April 2024
dr. Bella Pricylla J

Pengapuran tulang adalah kata-kata yang sering dengar sebagai keluhan atau penyakit yang sering dirasakan hampir banyak orang.

Tapi apa itu sebenarnya pengapuran tulang ?

Pengapuran tulang  merupakan proses terbentuknya jaringan baru pada tepi tulang atau bagian tertentu (menonjol) dari akibat dari proses deposit kalsium (penumpukan kalsium).

Proses deposit kalsium tidak hanya terjadi pada tulang saja tetapi juga terdapat di otak, gigi, ginjal, pembuluh darah, atau organ lainnya.

Pengapuran tulang dapat terhajadi di bagian tulang mana saja, tetapi paling sering terjadi pada tumit, lutut, ibu jari kaki, pergelangan tangan atau kaki, ataupun panggul.

Penyebab tersering pengapuran tulang adalah Osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan sendi, yang terjadi akibat bantalan sendi yang menulai menipis.

Berbagai macam cara mengatasi pengapuran tulang.

Simak berikut cara mengatasi pengapuran tulang yang dapat anda terapkan.

Faktor Risiko Pengapuran Tulang

Hal-hal berikut ini dapat meningkatkan risiko anda mengalami pengapuran tulang, seperti:

  1. Penggunaan sendi yang berlebihan atau mengalami cedera yang mengenai sendi
  2. Usia, seiring bertambahnya usia dapat meningkatkan risiko mengalami pengapuran tulang
  3. Jenis kelamin, wanita lebih sering mengalami pengapuran terutama diatas usia 50 tahun
  4. Obesitas, berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan pada sendi secara berlebihan, terutama pada sendi panggul dan lutut.
  5. Riwayat keturunan. Jika anda mempunyai keluarga dengan riwayat pengapuran tulang, anda juga berisiko mengalami hal ini
  6. Pengapuran tulang dibagian tubuh yang lain. Jika mengalami pengapuran tulang di bagian tangan, pengapurang tulang mungkin juga dapat berkembang pada lutut.

Tanda dan Ciri-ciri Mengalami Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang biasanya sering terjadi pada lutut akibat osteoarthritis. Tanda dan Ciri yang mungkin anda rasakan jika mengalami pengapuran tulang, seperti:

  • nyeri lutut saat beraktivitas seperti jongkok, menekuk lutut atau naik turun tangga
  • lutut terasa kaku di pagi hari
  • terdengar bunyi "krek" saat lutut bergerak
  • Lutut membengkak atau tampak merah

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Jika anda mengalami hal pengapuran tulang mungkin anda masih bingung bagaimana cara mengatasi pengapuran tulang yang  tepat.

Untuk mengetahui secara pasti pengapuran tulang, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter. Anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan penunjang, seperti Rontgen,  CT-Scan atau MRI. Pemeriksaan yang dianjurkan berdasarkan tingkat keparahan pengapuran tulang yang dialami .

Setelah dipastikan anda mengalami pengapurang tulang, berikut cara mengatasi pengapuran tulang yang mungkin dapat membantu anda, seperti:

  1. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat baik untuk memperbaiki pergerakan sendi dan untuk menguatkan otot di sekeliling sendi.

Aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk pengapuran tulang, seperti berenang, atau berjalan santai di permukaan yang rata.

Hindari aktivitas yang meningkatkan nyeri sendi seperti jogging atau aerobik dengan impact tinggi. Kategori olahraga yang termasuk termasuk impact tinggi, seperti basket, voli, sepak bola, atau lainnya

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai olahraga.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Jagalah berat badan anda dalam keadaan ideal, jika anda memiki berat badan yang berlebih segera untuk mengurangi berat badan. Berat badan yang berlebih dapat memberat gejala nyeri sendi.

  1. Terapi Fisik dan Alat Bantu

alat pelindung untuk pengapuran tulang

Terapi fisik misalnya latihan khusus untuk menstabilkan sendi dan mengurangi nyeri pada sendi. Selain itu Anda akan diajarkan untuk memodifikasi aktivitas untuk menghindari nyeri lutut.

Alat bantu seperti brace (penyangga) dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Alat penyangga juga dapat membantu anda untuk meminimalkan pergerakan dan mengurangi keluhan nyeri sendi akibat pengapuran tulang.

  1. Mengompres Dingin

Mengompres dingin pada sendi yang sedang mengalami peradangan atau pembengkakan dapat membantu anda mengatasi keluhan yang ditimbulkan oleh pengapuran tulang. Lakukan kompres dingin selama 15-20 menit.

  1. Mengonsumsi Obat Anti-Nyeri

Mengonsumsi obat anti nyeri dapat dilakukan, jika keluhan nyeri sendi sangat menganggu aktivitas. Obat yang dapat diminum, seperti obat golongan NSAID.

Selain mengonsumsi obat anti nyeri, mengoleskan zat yang mengadung Capsaicin atau anti-nyeri juga dapat membantu mengatasi pengapuran tulang .

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang di Klinik Flex Free

Klinik Flex Free dapat membantu anda mengatasi keluhan akibat pengapuran tulang.

Penanganan di Klinik Flex Free dilakukan oleh dokter rehabilitasi medik yang berkompeten, dan tindakan yang dianjurkan disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Rekomendasi Injeksi Intra-Artikular (Sendi)

Injeksi intra-artikular (pemberian suntikan pada sendi) merupakan pilihan utama untuk mengatasi pengapuran tulang akibat osteoarthritis.

Injeksi intra-artikular diberikan tergantung dari keadaan penderita. Berikut pilihan tindakan injeksi intra-artikular:

  • Tindakan Injeksi Anti Radang

injeksi lutut untuk pengapuran tulang

sumber: flexfree.com

Injeksi anti radang merupakan injeksi yang akan digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dengan cara menghambat proses peradangan akibat osteoarthritis. Injeksi anti radang ini disarankan untuk osteoarthritis yang sedang mengalami peradangan akut, kronik, dan efusi sendi.

Hasil penelitian menunjukkan injeksi anti radang intraartikular lebih efektif dalam menghilangkan nyeri daripada injeksi asam hialuronat dalam jangka pendek sampai 1 bulan, sedangkan injeksi asam hialuronat lebih efektif untuk terapi jangka panjang sampai 6 bulan.

Berapa Biaya Terapi Injeksi Anti Radang ?

Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali terapi injeksi kortikosteroid kurang lebih Rp.1.000.000,- Rp.1.500.000,- per kali injeksi.

Hyaluronan merupakan jenis sintetis cairan sendi alami yang biasanya digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang akibat osteoarthritis. Pemberian injeksi hyaluronan ini berfungsi sebagai anti-radang, pelumas sendi, dan anti-nyeri.

Injeksi hyaluronan ini sangat efektif sebegai terapi jangka panjang dalam pengobatan pengapuran tulang akibat osteoarthritis.

Anjuran injeksi yang diberikan, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis terkait.

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk Injeksi Hyaluronan?

Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali terapi injeksi hyaluronan kurang lebih Rp.3.000.000,- Rp.5.000.000,- per kali injeksi.

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang dengan Terapi Rehabilitasi Medik

  • Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS)

TENS menggunakan arus listrik bertegangan rendah, yang bertujuan untuk mengurangi nyeri sendi akibat pengapuran tulang. Terapi ini sangat membantu dalam jangka pendek bagi beberapa penderita dengan osteoartritis lutut dan pinggul.

Berapa Biaya Terapi TENS Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) ?

Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali terapi TENS adalah kurang lebih Rp.150.000,- per kali terapi.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561