SERING MENGALAMI NYERI SIKU ? APA KIRA-KIRA PENYEBABNYA ?

Senin, 22 Juli 2024
dr. Bella Pricylla J
Senin, 22 Juli 2024
dr. Bella Pricylla J

Nyeri siku adalah keluhan yang hampir sering dialami pada hampir semua orang  tanpa memandang jenis kelamin serta usia.

Nyeri siku adalah kondisi sederhana yang  biasanya keluhan tersebut dapat berkurang dalam waktu beberapa hari, tetapi ada juga kondisi yang memerlukan waktu untuk penyembuhannya.

Penyebab nyeri siku sendiri bervariasi, dapat bersifat ringan hingga menyebabkan kondisi yang berat hingga menganggu aktivitas sehari-hari anda.

Sering mengalami nyeri siku perlu dievaluasi dan dicari tahu penyebab nyeri siku lebih lanjut.

Untuk mengetahui kemungkinan penyebab nyeri siku anda, bacalah lebih lanjut artikel ini.

Mengenal Anatomi Suki dan Nyeri Siku

anatomi sendi siku untuk menegtahui penyebab nyeri siku

sumber: https://stanfordhealthcare.org

Siku merupakan salah satu bagian sendi tubuh yang memiliki peran sangat penting dalam pergerakan tubuh, seperti melempar, mengangkat, berputar, meraih benda, dan gerakan lainnya.

Melakukan semua gerakan seperti itu bukanlah suatu hal yang sederhana, butuh fungsi sendi siku yang baik dan stabil.

Sendi siku terbentuk dari tulang yang bersusun secara bersama-sama, yaitu tulang lengan atas yang disebut dengan Humerus, dan dua tulang lengan bawah yang disebut dengan Radius dan Ulna.

Adanya pertemuan tiga tulang ini lah yang membentuk sendi siku serta membantu sendi siku menjalankan fungsinya dengan baik.

Setiap tulang yang terhubung ini, memiliki tulang rawan di ujungnya, yang membantu mereka bergerak satu sama lain dan menyerap guncangan yang diterima.

Tulang-tulang tersebut terikat oleh jaringan kuat yang disebut dengan ligamen.

Selain itu, pada sendi siku terdapat tendon yang menghubungkan tulang ke otot , sehingga memungkinkan anda untuk menggerakkan

Dan tendon Anda menghubungkan tulang ke otot untuk memungkinkan Anda menggerakkan lengan dengan berbagai cara.

Apa saja Penyebab Nyeri Siku ?

Penyebab nyeri siku sendiri bervariasi, mulai dari disebabkan oleh peradangan ataupun disebabkan oleh trauma. Jenis dan tingkat keparahan nyeri sendi yang dirasakan bergantung dari penyebab nyeri siku yang dialami.

Penyebab nyeri siku umumnya melibatkan salah satu dari hal berikut ini:

  • Otot lengan
  • Ligamen siku
  • Tendon
  • Tulang di lengan
  • Bantalan sendi (Bursa)

Umumnya penyebabnya nyeri siku disebabkan oleh hal-hal berikut ini, meliputi :

Tendinitis

penyebab nyeri siku paling sering (tennis elbow dan golf elbow)

sumber: https://www.gleneagles.com.sg

Tendinitis merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan tendon. Tendon adalah suatu jaringan yang menghubungan otot dan tulang.

Penyebab tendinitis tersering umumnya disebabkan oleh penggunaan sendi siku yang berlebihan, penggunaan sendi siku yang berulang-ulang, akibat gerakan yang tiba-tiba seperti mengayunkan dan memelintirkan lengan bawah anda.

Jenis tendinitis yang sering dialami, seperti Tennis Elbow dan Golfer Elbow.

Artritis

Artritis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada sendi. Pada penyebab nyeri siku akibat radang sendi dapat menyebabkan jenis-jenis radang sendi yang bervariasi, meliputi :

  • Osteoarthritis

Radang sendi yang umumnya terjadi. Radang sendi ini dimulai dengan berkurangnya struktur ruling rawan, yang merupakan lapisan pelindung tulang di dalam sendi. Dengan adanya kondisi ini, tubuh merespon membentuk taji tulang di dalam sendi serta adanya peningkatan cairan di dalam ruang sendi. Kondisi ini dapat tidak menimbulkan keluhan ataupun juga menimbulkan keluhan yang menganggu, seperti nyeri siku, pembengkakan dan kekakuan pada sendi.

Osteoartritis pada sendi siku umumnya jarang terjadi kecuali anda mempunyai riwayat cedera sebelumnya yang mengenai siku.

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis umumnya nyeri siku yang terjadi akibat reaksi autoimun. Rheumatoid arthritis umumnya menimbulkan keluhan nyeri siku, siku bengkak, dan kekakuan.

Radang Bursa

radang bursa penyebab nyeri siku

sumber: https://orthoinfo.aaos.org

Pada setiap sendi siku terdapat kantung kecil yang berisi cairan,  yang disebut dengan bursa. Kantung ini berfungsi sebagai bantalan diantara sendi anda. Kantung ini dapat mengalami peradangan dan menyebabkan nyeri siku, pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Area kulit siku yang terkenan umumnya juga terasa hangat jika disentuh.

Mengalami cedera

Cedera adalah salah satu penyebab nyeri siku yang cukup sering terjadi. Ada berbagai jenis cedera yang dapat menyebabkan keluhan nyeri siku, meliputi

  • Patah tulang
  • Keseleo
  • Dislokasi
  • Tendon mengalami robekan

Saraf kejepit

Saraf kejepit yang sering menjadi penyebab nyeri siku adalah carpal tunnel syndrome, dimana saraf yang melewati pergelangan tangan anda terjepit dan menimbulkan beberapa keluhan yang terkait pada pergelangan tangan dan lengan. Kondisi ini juga dapat dialami pada siku.

Jika menderita cubital tunnel syndrome, saraf yang kejepit pada kondisi ini adalah saraf ulnaris, dimana saraf ini berjalan di sepanjang bagian dalam siku dan melewati jaringan yang disebut dengan terowongan cubital. Keluhan yang ditimbulkan akibat kondisi ini meliputi rasa terbakar atau mati rasa di tangan, lengan, serta jari-jari.

Penyebab nyeri siku lainnya akibat saraf kejepit disebut dengan Radial Tunnel Syndrome, saraf yang kejepit adalah saraf radialis saat melewati terowongan radial di dekat bagian luar siku. Keluhan biasanya juga timbul adalah nyeri atau kebas pada siku bagian luar.

Bagaimana Mengetahui Penyebab Nyeri Siku ?

Sebagian besar keluhan nyeri siku umumnya dapat sembuh dengan sendirinya atau sembuh hanya dengan penananganan sederhana. Tetapi, segeralah konsultasikan keluhan nyeri siku anda, jika keluhan tersebut sudah menimbulkan keluhan, seperti:

  • Nyeri siku tidak mengalami perubahan setelah mengonsumsi obat anti nyeri dan mengistirahatkan sendi siku lebih dari 2 minggu , kondisi ini dialami jika tidak disebabkan oleh cedera atau infeksi.
  • Nyeri siku yang disertai dengan keluhan kelemahan atau kebas pada lengan ataupun tangan

Segeralah untuk membawa ke rumah sakit terdekat, jika penyebab nyeri siku disebabkan oleh :

  • Nyeri siku dirasakan sangat berat disertai dengan tangan yang tidak dapat menggerakkan lengan, pembengkakakn, demam, kemerahan, dan disertai rasa hangat saat disentuh. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi.
  • Penyebab nyeri siku disebabkan oleh patah tulang, biasanya kondisi ini dialami setelah mengalami cedera atau trauma yang langsung mengenai tangan.

Bergantung dari penyebab nyeri siku, untuk mengetahui secara pasti penyebabnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, meliputi :

  • X-Ray Siku
  • Ultrasound (USG)
  • MRI
  • Pemeriksaan hantaran saraf  (Nerve Conduction Study)

Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab Nyeri Siku ?

Perawatan mandiri dan istirahat beberapa hari sering kali dapat mengurangi keluhan nyeri siku.

Berikut perawatan mandiri yang dapat membantu anda mengatasi keluhan penyebab nyeri siku ,meliputi :

  • Mengistirahat sendi siku yang mengalami nyeri, termasuk menghindari aktivitas yang dapat memperberat kondisi siku
  • Menggunakan alat pelindung siku, bertujuan untuk membatasi pergerakan pada sendi siku
  • Mengompres dingin dengan es yang telah dibaluti oleh kain tipis pada area siku yang mengalami keluhan, selama 10-15 boleh dilakukan 3 kali dalam sehari
  • Mengonsumsi obat golongan anti nyeri yang aman, seperti parasetamol atau ibuprofen

Terapi Lainnya Untuk Mengatasi Penyebab Nyeri Siku

  • Terapi fisik

Terapi fisik contohnya fisioterapi mungkin dapat membantu mengatasi keluhan penyebab nyeri siku anda. Fisioterapi ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan siku serta mencegah kembalinya kondisi ini.

Terapi fisik ini dilakukan oleh seorang ahli terlatih yang dapat membantu penderita cedera atau membantu kondisi mereka dalam jangka panjang, sehingga mereka dapat aktif dan mandiri.

Melalui terapi fisik ini dapat membantu mengatasi keluhan nyeri siku, seperti mengurangi pembengkakan, meningkatkan kelenturan sendi, serta meningkatkan kembali rentang gerak sendi siku.

  • Injeksi Anti Radang

injeksi anti radang untuk mengatasi penyebab nyeri siku

sumber: https://www.painmanagementnyc.com

Jika keluhan nyeri siku dirasakan sangat nyeri, anda mungkin disarankan untuk melakukan injeksi anti radang.

Injeksi anti radang dapat membantu mengatasi keluhan nyeri siku dan mengurangi pembengakakan pada sendi siku, sehingga hal ini dapat mebantu proses penyembuhan.

Injeksi anti radang diberikan sesuai dengan penyebab nyeri siku anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mendapatkan terapi ini.

Tindakan injeksi anti radang jarang menimbulkan efek samping yang bermakna.

 

 

 

 

Referensi :

  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/elbow-pain
  • https://www.webmd.com/pain-management/elbow-pain
  • https://www.healthline.com/health/elbow-pain#exercises
  • https://versusarthritis.org/about-arthritis/conditions/elbow-pain/

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561