Manfaat Peregangan Bahu Untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

Jumat, 09 Agustus 2024
dr. Bella Pricylla J
Jumat, 09 Agustus 2024
dr. Bella Pricylla J

Melakukan peregangan bahu tanpa disadari dapat mengatasi sakit tulang belikat.

Penyebab sakit tulang belikat dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah akibat otot pungung atas yang terlalu tegang.

Timbulnya keluhan sakit tulang belikat ini cukup menganggu pada beberapa orang, sehingga banyak cara yang telah mereka lakukan untuk atasi hal ini.

Melakukan peregangan bahu dapat membantu anda mengatasi sakit tulang belikat, walaupun hal ini masih jarang dilakukan secara rutin oleh penderita.

Maka dari itu, pentingnya mengetahui manfaat peregangan bahu ini untuk atasi sakit tulang belikat.

Mengetahui manfaatnya dapat membantu anda untuk lebih merutinkan melakukan peregangan ini.

Manfaat Peregangan Bahu Untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

Melakukan peregangan bahu dapat memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit tulang belikat.

Selain itu manfaat peregangan bahu lainnya yang dapat dirasakan, meliputi:

  1. Meningkatkan sirkulasi aliran darah dan oksigen di tubuh. Dengan melakukan peregangan bahu, dapat meningkatnya aliran darah ke area bahu sehingga dapat membantu penyembuhan dan  menguranginya proses peradangan, sehingga dapat meringankan gejala sakit tulang belikat dan kelemahan otot.
  2. Memperkuat Otot Tulang Belikat. Memperkuat otot tulang belikat dapat membantu untuk menyeimbangkan sendi bahu, meringankan beban pada kerja otot, serta mencegah timbulnya rasa sakit tulang belikat yang dapat  menganggu aktivitas sehari-hari anda.
  3. Memperbaiki Postur Tubuh. Manfaat peregangan bahu lainnya yang dapat dirasakan adalah dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang tidak lurus, melalui latihan yang telah ditargetkan secara spesifik. Dengan memperbaiki postur tubuh juga dapat membantu mengurangi sakit tulang belikat yang biasanya diakibat oleh postur tubuh yang kurang baik.
  4. Meningkatkan Kelenturan dan Rentang Gerak pada Bahu. Menjaga kelenturan tubuh yang melalui peregangan bahu dapat membantu mencegahnya kekakuan dan ketegangan otot. Dimana adanya kekakuan dan ketegangan otot pada bahu dapat membatasi pergerakan tubuh dan menimbulkan sakit tulang belikat.
  5. Mengurangi Ketegangan Otot. Rutin melakukan peregangan dan terapi pijat dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot bahu, mengurangi sakit tulang belikat yang berat dan juga dapat meningkatkan rentang gerak sendi bahu.
  6. Meningkatkan Stabilitas Sendi. Otot-otot yang kuat di sekitar tulang belikat dapat menopang sendi bahu, melindungi dari dislokasi, dan mengurangi risiko kemungkinan untuk mengalami kesulitan bergerak secara tiba-tiba.
  7. Mencegah Sakit Tulang Belikat. Dengan memperkuat otot inti dan meningkatkan kelenturan otot bahu dan tulang belikat, dapt mencegah terjadinya sakit tulang belikat yang berulang dikemudian hari.
  8. Meningkatkan Kesejahteraan Dan Kualitas Hidup Penderita. Manfaat peregangan bahu yang dilakukan secara rutin tanpa disadar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hiudp penderita karena berkurang stress dan rasa sakit tulang belikat.
  9. Terapi tambahan. Melakukan peregangan bahu dapat dikatakan sebagai terapi pelengkap selain melakukan pengobatan penyebab yang mendasari sakit tulang belikat dengan dokter.
  10. Memberikan Dampak Positif pada Kesehatan Mental. Manfaat psikologis secara teratur melakukan aktivtitas fisik adalah dapat mempengaruhi kesehatan mental menjadi lebih baik serta juga dapat mengurangi stress. Dengan berkurangnya stress dalam tubuh juga dapat mempengaruhi berkurangnya rasa sakit tulang belikat .

Gerakan Peregangan Bahu Untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

Sebelum anda melakukan peregangan bahu ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani sakit tulang belikat anda, pada beberapa kondisi mungkin melakukan peregangan diperlukan kehati-hatian.

Berikut contoh peregangan bahu yang dapat membantu anda mengatasi dan mencegah sakit tulang belikat, meliputi:

  • Shoulder Rolls (Memutar Bahu)

peregangan bahu untuk atasi sakit tulang belikat

sumber: www.saintlukeskc.org

Menggerakkan bahu dengan gerakan melingkar dapat membantu mengurangi ketegangan otot di area leher dan bahu dan meningkatkan relaksasi otot sehingga dapat  mengurangi rasa sakit tulang belikat yang tajam.

  • Peregangan Bahu dan Leher

Melakukan peregangan bahu dan leher ini dapat meringankan ketegangan otot di area bahu dan leher. Adanya ketegangan otot pada area ini sering terlibat dalam sakit tulang belikat.

  • Peregangan Cross-Arm Shoulder

Peregangan ini dengan menargetkan otot deltoid yang terdapat pada 1/3 lengan atas. Melakukan peregangan ini dapat mengurangi ketegangan pada bahu, dan mengurangi rasa sakit yang mana dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

  • Doorway Stretch

Doorway Stretch Untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

sumber: www.realsimple.com

Perengangan ini sangat ideal untuk meregangkan dada dan juga bahu. Doorway Strech merupakan latihan utama untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk dan meningkatkan kelenturan tubuh.

  • Thread the Needle Stretch

Salah satu pose yoga yang dapat dilakukan untuk meregangkan bahu, lengan, dan punggung serta dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Melakukan peregangan ini dapat memberikan manfaat untuk atasi sakit tulang belikat.

  • Child’s Pose

Gerakan yoga ini dapat membantu mengurangi ketegangan bahu, punggung, dan leher. Berkurangnya ketegangan pada otot ini dapat membantu anda mengurangi dan mencegah rasa sakit tulang belikat dikemudian hari.

  • Eagle Arms Stretch

Eagle Arms Stretch untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

sumber: www.pocketyoga.com

Gerakan peregangan ini menargetkan otot punggung atas dan otot lengan atas. Melakukan gerakan ini dapat membantu anda atasi sakit tulang belikat, mengurangi ketegangan otot, serta dapat meningkatkan mobilitas.

  • Cat-Cow Stretch

Salah satu gerakan yoga ini, dapat memberikan manfaat pada tubuh dengan meningkatkan kelenturan pada tulang belakang serta dapat mengurangi ketegangan otot punggung dan juga bahu.

  • Overhead Triceps Stretch

Peregangan ini difokuskan untuk otot triceps dan juga bahu. Peregangan ini dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan mengurangi risiko timbulnya rasa sakit saat beraktivitas, dimana keluhan ini pada beberapa penderita sangat menganggu.

  • Shoulder Blade Pinches

Gerakan ini sangat penting untuk memperbaiki postur tubuh serta dapat mengurangi ketegangan otot, yang mana kedepannya dapat memberikan kenyamanan pada penderita tanpa disadari.

Tips Tambahan Untuk Atasi Sakit Tulang Belikat

Selain melakukan peregangan bahu diatas, tetap diperlukannya terapi tambahan untuk mengatasi penyebab sakit tulang belikat.

Beikut terapi tambahan yang mungkin akan di pertimbangkan oleh dokter yang mengatasi keluhan anda, meliputi:

Menjaga Postur Tubuh untuk Tetap Tegap dan Benar. Menjaga postur tubuh dengan baik , merupakan hal yang sangat baik untuk mencegah timbulnya rasa sakit dikemudian hari, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas tidak terlalu banyak bergerak .

Kompres Hangat atau Dingin. Kompres hangat atau dingin pada bagian tulang belikat yang sakit. Kompres ini dapt memberikan manfaat untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang berat. Kompres dingin dapat dilakukan jika sakit tulang belikat anda bersifat akut.

Mengurangi Stress. Melakukan meditasi dan yoga dapat membantu anda mengatasi stress, yang sering dikaitkan dengan ketengangan otot dan sakit tulang belikat.

Melakukan Latihan Relaksasi. Melakukan latihan ini secara rutin dapat membantu anda mengatasi dan mencegah ketegangan otot serta memanajemen nyeri.

Menggunakan Bantal dan Kasur yang Sesuai dengan Keadaan Anda. Carilah Kasur dan bantal yang sesuai dengan keluhan anda, mendapatkan Kasur dan bantal yang tepat dapat membantu anda mengurangi rasa sakit tulang belikat.

Melakukan Terapi Fisik. Seorang terapis fisik yang telah ahli dapat membantu anda melalui program yang sesuai dengan kondisi anda saat ini. Melakukan terapi fisik juga dapat membantu anda untuk pulih dengan cepat.

Kapan Harus Ke Dokter ?

Apapun keluhan Sakit Tulang Belikat segeralah konsultasikan diri anda ke dokter. Dengan melakukan pemeriksaan segera dapat membantu anda mengetahui dengan cepat penyebab yang mendasari timbulnya sakit tulang belikat ini.

Jika penyebab yang mendasari sakit tulang belikat diketahui dengan cepat, maka anda bisa mendaptkan penanganan yang sesaui dengan penyebabnya.

Sebelum melakukan peregangan diatas, diingatkan untuk tanyakan terlebih dahulu dengan dokter anda. Ada beberapa keadaan yang mungkin peregangan ini dipertimbangkan untuk dilakukan.

 

 

 

Referensi:

  • https://austinmanualtherapy.com/effective-exercises-for-shoulder-blade-muscles-pain-relief/
  • https://injurymap.com/articles/shoulder-blade-pain/

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561