Sakit Lengan Atas, Apa Penyebabnya?

Rabu, 13 Januari 2021
FLex Free
Rabu, 13 Januari 2021
FLex Free

Sakit lengan atas dapat terjadi karena berbagai sebab. Penyebab paling sering adalah akibat cedera atau penggunaan berlebihan.

Sakit di lengan atas biasanya digambarkan sebagai rasa nyeri, tidak nyaman, atau kaku. Sakit dapat muncul tiba-tiba lalu menghilang, atau lama kelamaan bertambah berat, bergantung pada penyebabnya.

Selain rasa sakit, masalah pada lengan atas dapat menimbulkan gejala lain seperti kaku, bengkak di sendi bahu, kemerahan, dan lainnya bergantung pada penyebabnya.

Penyebab Sakit Lengan Atas

Terkadang Anda dapat mengetahui penyebab sakit di lengan atas dengan jelas, misalnya cedera saat berolahraga. Beberapa penyebab sakit lengan atas lainnya misalnya:

  1. Saraf Kejepit

Sakit di lengan atas dapat terjadi akibat tulang atau jaringan lainnya di bahu, leher atau siku menekan sebuah saraf. Selain rasa sakit, gejala lainnya dapat berupa kesemutan, baal atau mati rasa, kelemahan otot, atau nyeri tajam.

  1. Herniasi Diskus

Diskus adalah bantalan yang berada di antara tulang yang menyusun tulang belakang. Apabila salah satu diskus di leher pecah, dapat muncul gejala nyeri, baal, kelemahan, kesemutan atau rasa seperti terbakar di lengan.

  1. Teregang atau Terkilir

Ligamen atau tendon dapat teregang atau robek akibat cedera. gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, memar, kelemahan dan spasme atau kaku otot.

  1. Tendonitis

Tendonitis adalah peradangan pada tendon. Tendon adalah jaringan seperti pita yang menghubungkan otot ke tulang. Tendonitis sering terjadi pada bahu, siku dan pergelangan tangan.

Salah satu contoh tendonitis adalah “Tennis Elbow”. Sakit bisa dirasakan di bahu, siku, atau pergelangan tangan. Biasanya disebabkan oleh cedera atau penggunaan berlebihan.

  1. Rotator cuff injury

Rotator cuff adalah bagian dari bahu yang terdiri dari otot dan tendon yang memungkinkan bahu untuk bergerak atau tetap di tempatnya. Seiring waktu bagian ini mulai mengalami kerusakan.

Cedera rotator cuff paling sering dialami oleh orang yang banyak melakukan gerakan di atas kepala, misalnya pemain baseball.

Gejala bervariasi mulai dari nyeri tumpul dan lengan terasa lemah, hingga sakit berat yang dirasakan terus menerus.

  1. Patah Tulang

Biasanya Anda akan menyadari bila ada tulang yang patah karena gejalanya yang jelas, mulai dari bunyi tulang patah, hingga beberapa gejala lain seperti pembengkakan, memar, nyeri hebat, sulit menggerakkan tangan, perubahan bentuk lengan yang jelas terlihat, baal atau mati rasa.

  1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit peradangan pada sendi. Selain sakit, gejala lainnya yaitu sendi terasa hangat, bengkak, kaku.

  1. Masalah Jantung

Anda mungkin pernah mendengar sakit lengan atas adalah salah satu gejala dari penyakit jantung.

  • Angina

Angina adalah nyeri dada yang terjadi saat jantung tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah yang mencukupi. Selain di dada, sakit juga bisa dirasakan di bahu, lengan, leher dan punggung. Selain itu penderitanya juga bisa merasakan gejala mual, sesak napas, dan pusing.

  • Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi saat ada sumbatan yang menghalangi suplai oksigen jantung. Hal ini menyebabkan ada bagian otot jantung yang mati karena tidak mendapatkan oksigen. Gejalanya antara lain:

  • Nyeri di salah satu atau kedua lengan dan bagian tubuh atas lainnya
  • Sesak napas
  • Mual
  • Keringat dingin
  • Nyeri dada
  • Pusing

Diagnosis Sakit Lengan Atas

Untuk mengetahui penyebab pasti atau mendiagnosis penyebab sakit di lengan atas, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Dokter akan mengajukan pertanyaan perihal gejala yang Anda rasakan dan melakukan pemeriksaan fisik, seperti misalnya meminta Anda untuk mengangkat lengan atau gerakan lainnya.

Pemeriksaan lain misalnya:

  • Rontgen
  • Pemeriksaan darah (untuk menentukan penyebab lainnya yang mungkin, misalnya peradangan sendi)
  • MRI atau CT scan untuk pemeriksaan yang lebih detail
  • Ultrasonografi muskuloskeletal
  • Pemeriksaan untuk jantung apabila dicurigai penyebab sakit di lengan atas adalah karena masalah di jantung

Penanganan Sakit Lengan Atas

Penanganan tentunya disesuaikan dengan penyebab dari sakit lengan dan berat ringan penyakitnya.

  1. Obat antinyeri.
  2. Obat anti radang. Obat anti radang digunakan apabila penyebab sakit di lengan atas adalah karena peradangan.
  3. Terapi fisik. Pada sakit lengan atas yang disertai dengan adanya gerakan sendi terbatas, Anda memerlukan terapi fisik untuk mengatasinya.
  4. Pembedahan. Pada kasus-kasus tertentu yang berat, dapat diperlukan pembedahan, misalnya pada patah tulang, atau kerusakan atau robekan tendon dan ligamen yang berat.

Apabila sakit di lengan atas disebabkan oleh saraf yang kejepit atau akibat cedera berulang, Anda harus menjalani terapi dengan konsisten, menjaga postur tubuh, dan sering berisitrahat saat bekerja atau melakukan gerakan-gerakan berulang.

Perawatan di Rumah

Sakit di lengan atas umumnya dapat menghilang dengan sendirinya.

terapi sakit lengan atas

Sebagai penanganan pertama, Anda dapat melakukan metode RICE untuk mengurangi rasa sakit.

  • Rest. Istirahatkan lengan yang sakit, kurangi aktivitas Anda, hindari olahraga berat.
  • Ice. Kompres area yang sakit dengan es selama 15 hingga 20 menit, tiga kali sehari untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.
  • Compression. Gunakan perban untuk membalut area yang sakit, atau gunakan brace untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah gerakan sendi yang berlebihan
  • Elevation. Bila memungkinkan, tinggikan lengan untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Obat Antinyeri

Anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, misalnya parasetamol, atau ibuprofen apabila nyeri tidak terlalu berat.

Baca aturan pakai dan efek samping masing-masing obat, jangan gunakan obat lebih lama dari yang disarankan.

Apabila setelah melakukan tindakan penanganan di atas, rasa sakit belum membaik atau justru memburuk, segera konsultasikan dengan dokter.  

Kapan Harus Segera ke Rumah Sakit?

Sebagian besar sakit di lengan atas bukan merupakan kegawatdaruratan.

Anda harus segera menghubungi atau datang ke rumah sakit apabila gejala mengarah pada serangan jantung atau sakit di lengan atas disebabkan oleh patah tulang yang berat, terutama yang disertai dengan perdarahan atau cedera lainnya.

Bisakah Sakit Lengan Atas Dicegah?

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah sakit di lengan atas.

  • Berolahraga teratur, dengan melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga.
  • Lakukan gerakan olahraga dengan benar, apabila Anda mencoba melakukan olahraga baru dengan gerakan rumit, pastikan Anda didampingi oleh pelatih profesional.
  • Gunakan pakaian pelindung ketika berolahraga, terutama olahraga kontak.
  • Angkat benda terutama benda berat dengan perlahan, dan dengan gerakan yang benar.

 

 

 

 

 

Referensi:

  • https://www.healthline.com/health/arm-pain#treatment
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/arm-pain/basics/causes/sym-20050870
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/arm-pain/basics/when-to-see-doctor/sym-20050870
  • https://www.shoulder-pain-explained.com/upper-arm-pain.html (Gambar Cover)
  • https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-does-my-arm-hurt#1

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel