Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Bahu dan Lengan Kiri Dengan Tepat

Jumat, 22 Juli 2022
Flex Free
Jumat, 22 Juli 2022
Flex Free

Apakah Anda pernah mengalami nyeri bahu dan lengan kiri hingga mengganggu ketika beraktivitas? Sungguh merepotkan bukan? Rasa nyeri sering dianggap lumrah terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, rasa nyeri tersebut dapat menjadi kondisi yang serius pada masalah kesehatan Anda jika dibiarkan terus tanpa adanya perawatan lebih lanjut yang benar dan tepat.

Oleh karena itu penting halnya bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya untuk mendapatkan pertolongan dan penanggulangan lebih awal agar tidak menjadi lebih serius. Kami Flex-Free Clinic  dapat membantu Anda dalam memeriksa masalah nyeri pada bahu dan lengan kiri dengan mudah dan tepat.

Lalu, apa penyebabnya munculnya rasa nyeri tersebut dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat? Berikut kami sajikan informasi selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Nyeri Bahu dan Lengan Kiri

Terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab munculnya nyeri pada bagian bahu dan lengan kiri yang patut Anda waspadai jika merasa mengalaminya. Penyebab dari masalah kesehatan nyeri bahu ini sangat bermacam-macam seperti karena saraf terjepit, hingga yang paling parah yaitu serangan jantung. Cukup membahayakan kesehatan Anda bukan?

Berikut, kenali penyebab munculnya nyeri yang terasa di bahu dan lengan kiri di bawah ini:

  1. Serangan Jantung

Munculnya nyeri pada bahu dan lengan kiri ternyata dapat disebabkan karena serangan jantung. Serangan jantung ini jangan sampai dianggap remeh oleh Anda, karena nyawa dapat menjadi taruhannya jika tidak dilakukan penanganan dengan tepat. Jika Anda mengalami serangan jantung, pasokan darah ke jantung dapat terhenti. Maka segera lakukan penanganan dengan tepat agar otot jantung tidak kehilangan fungsinya.

  1. Angina

Angina bisa disebut juga dengan angina duduk ini, merupakan kondisi tubuh yang mengalami kurangnya pasokan oksigen pada jantung. Jika Anda mengalami masalah kesehatan ini, bahu dan lengan kiri bisa terasa nyeri. Tidak hanya itu saja, bagian leher, punggung, hingga rahang juga dapat terasa nyeri dan sakit.

  1. Saraf Terjepit

Saraf terjepit dapat disebabkan karena cedera dan dapat membuat terasa nyeri. Saraf terjepit ini sering dialami pada area bahu dan lengan kiri. Jika Anda mengalami saraf terjepit ini, bisa saja muncul rasa seperti terbakar, kesemutan, hingga mati rasa. Apalagi ketika Anda menggerakan bahu dan lengan kiri secara berlebihan, dapat semakin membuatnya terasa sakit.

  1. Cedera Pada Ligamen

Cedera pada area ligament dapat menimbulkan rasa nyeri di bahu dan lengan kiri. Tidak hanya nyeri, pembekakan dan memar bisa muncul di area tersebut. Cedera tersebut dapat disebabkan karena Anda sering mengangkat barang yang berat dengan cara yang salah.

  1. Rotator cuff robek

Rotator cuff merupakan jaringan yang membungkus pada area lengan bagian atas dan memiliki 4 otot serta beberapa tendon. Jika rotator cuff tersebut robek, maka dapat menimbulkan rasa nyeri pada bahu dan lengan kiri. Semakin bertambahnya usia dapat meningkatkan resiko terjadinya rotator cuff ini sobek.

  1. Vascular Thoracic Outlet Syndrome

Masalah kesehatan ini disebabkan karena pembuluh darah di bawah tulang selangka mengalami tekanan karena cedera. Jika dibiarkan saja dan tidak segera dilakukan penanganan, saraf progresif dapat mengalami kerusakan. Selain itu, pada area bahu dan lengan kiri dapat menjadi nyeri, mati rasa, kesemutan, hingga terasa lemah.

  1. Tendonitis

Tendonitis merupakan penyakit yang menyerang sendi dan menyebabkan nyeri bahu dan lengan kiri yang bisa muncul secara tiba-tiba. Tendonitis dapat terjadi karena Anda sering melakukan aktivitas yang sama dengan berlebih. Masalah kesehatan ini dapat disebabkan karena endapan kalsium pada tendon rotator cuff. Penyakit ini, rentan dialami oleh orang dewasa dan penderita diabetes.

  1. Bursitis

Bursitis merupakan kondisi dimana penggunaan sendi bahu yang berlebihan sehingga menyebabkan peradangan dan pembekakan pada bursae di antara rotator cuff dan akromion. Bursae sendiri merupakan kantong kecil berisi cairan pelumas yang terletak di persendian seluruh tubuh. Bursae berfungsi sebagai bantalan antara tulang dan jaringan lunak yang terdapat di bawahnya. Juga dapat berfungsi untuk mengurangi gesekan antara otot yang bergerak dan tulang.

Rasa nyeri pada bursitis ini dapat semakin terasa sakit sekali ketika digunakan bergerak atau berbaring dengan lengan atau bahu sebagai tumpuannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat merasakan sensasi terbakar hingga kesemutan.

  1. Patah Tulang

Patah tulang ini, dapat menyebabkan bahu dan lengan terasa nyeri dan sakit sekali ketika digunakan bergerak. Patah tulang juga dapat mengakibatkan terjadinya pembekakan hingga mati rasa,

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis ini tidak hanya pada bagian lutut dan pinggang, tetapi juga dapat menyebabkan rasa nyeri di bahu dan lengan kiri. Masalah kesehatan tersebut dapat terjadi karena bantalan antar tulang terkikis, sehingga menimbulkan terjadinya gesekan antar tulang.

Cara Mengatasi Nyeri Pada Bahu dan Lengan Kiri Dengan Tepat

Ketika Anda mengalami nyeri pada bagian bahu dan lengan kiri, berikut cara mengatasi nyeri tersebut secara mandiri yang dapat Anda lakukan di rumah.

  1. Melakukan Istirahat yang Cukup

Selalu istirahatlah dengan cukup, jangan sampai melakukan pekerjaan yang berat tanpa melakukan istirahat dengan benar. Dengan istirahat, dapat memulihkan tenaga sehingga dapat memudahkan dalam kembali beraktivitas.

Jika Anda terasa nyeri pada bahu dan lengan kiri, maka usahakan untuk hindarilah menggunakannya secara berlebihan.

  1. Peregangan Sederhana

Anda bisa mencoba untuk melakukan peregangan sederhana, seperti:

  1.  Shoulder rolls

Peregangan ini dapat Anda lakukan dengan cara duduk tegak dan pastikan punggung lurus. Kemudian putar bahu Anda ke depan sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai, Anda bisa jeda terlebih dahulu selama 5 sampai 10 menit. Lakukanlah gerakan yang sama tetapi dengan arah yang berlawanan.

Video Artikel

  1. Armpit stretch

Armpit stretch ini dapat dilakukan dengan duduk tegak dan punggung harus luru. Tangan kiri Anda menarik kepala dengan pelan-pelan hingga kea rah ketiak. Tahanlah selama 10 detik. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman atau terasa sakit dapat dihentikan. Anda dapat melakukan gerakan yang sama pada tangan kanan utnuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Upper Trapezius Stretch

Pertama, posisikanlah terlebih dahulu dengan duduk tegak dan punggung lurus. Kemudian miringkanlah kepala ke bahu kiri tanpa mengangkat bahu. Secara bersamaan tariklah kepala Anda lalu tekan selama 10 detik.

  1. Shoulder Seated Stretch

Anda bisa melakukannya dengan duduk di atas kursi. Letakkan tangan kiri di atas bahu sebelah kanan, kemudian sanggah siku kiri menggunakan tangan kanan. Jika sudah selesai, maka lakukanlah gerakan memutar pada pundak ke atas dan ke bawah secara bersamaan serta perlahan. Lepaskan tangan dari atas bahu kemudian posisikan tangan ke kiri ke depan dada dan tahanlah beberapa detik. Anda bisa melakukannya sebanyak 2 sampai 4 kali selama 10 hingga 30 detik setiap dilakukan gerakan.

  1. Mengkompres Bahu dan Lengan Kiri

Kompreslah bahu dan lengan kiri Anda dengan menggunakan air es maupun hangat. Lakukan setidaknya selama 20 menit, sebanyak 4 sampai 8 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

  1. Melakukan Pijatan Lembut

Cobalah untuk melakukan pijatan lembut di area yang terasa sakit. Pijatan tersebut dapat mengurangi terjadinya pembekakan. Juga bisa diberikan perban untuk tetap menjaga bahu dan lengan kiri tetap stabil dalam melakukan gerakan.

  1. Mengangkat Bahu dan Lengan Kiri Lebih Tinggi Dari Jantung

Anda bisa mencoba untuk mengangkat pada area bahu dan lengan kiri lebih tinggi dari jantung. Jika Anda dalam kondisi sedang tidur-tiduran, maka topanglah bahu dan lengan kiri dengan bantal sebagai penyangganya.

Atasi Masalah Nyeri Pada Bahu dan Lengan Kiri Dengan Tepat Melalui Flex-Free Clinic!

Kami Flex-Free Clinic  merupakan klinik rehabilitasi yang dapat membantu Anda dalam menangani masalah nyeri pada bagian bahu dan lengan kiri Anda dengan tepat dan dilengkapi dengan teknologi yang modern.

Untuk mengatasi masalah nyeri pada bahu dan lengan kiri Anda, bisa menggunakan layanan kami yaitu terapi ESWT atau Extracorporeal Shock Therapy. Terapi ini menggunakan gelombang kejut untuk proses penyembuhannya. Namun, terapi ESWT ini tidak bisa digunakan ke semua kondisi tubuh Anda. Terutama bagi Anda yang sedang menggunakan alat pacu jantung atau mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Anak-anak dan ibu hamil juga tidak disarankan untuk menggunakan terapi ESWT ini.

Selain menggunakan terapi ESWT, Anda juga bisa menggunakan layanan fisioterapi yang kami sediakan. Berbagai jenis fisioterapi yang dapat Anda pilih seperti terapi laser, terapi kinesio tape, terapi lilin, terapi ultrasound, terapi stimulasi listrik, serta terapi pemanasan infrared.

Anda juga memiliki masalah kesehatan selain nyeri pada bahu dan sendi? Tenang saja, kami juga mampu menangani masalah kesehatan Anda baik pada otot, tulang, sendi, dan cedera karena olahraga, dapat kami lakukan penanganan secara menyuluh dan tepat.

Tidak hanya itu saja, kami juga telah dilengkapi dengan tenaga medis yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, seperti dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR), dengan Sub Spesialis Rehabilitasi Muskuloskeletal. Tim kami telah berpengalaman menangani banyak pasien di bidang muskuloskeletal ini baik di dalam hingga luar negeri. Sehingga sudah tidak diragukan lagi, tim kami terjamin kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan Anda.

Untuk meningkatkan kepuasan Anda dalam menggunakan layanan, kami telah menyediakan pelayanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pengobatan, hingga pencegahan dengan tepat.

Penanganan kami yang terbaik bukan? Oleh karena itu segera gunakan jasa kami Flex-Free Clinic  untuk mengatasi nyeri bahu dan lengan kiri dengan tepat.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel