Epicondylitis Medial: Biang Nyeri Siku Bagian Dalam yang Menyulitkan

Rabu, 03 Mei 2023
dr. Ferdinand Dennis K
Rabu, 03 Mei 2023
dr. Ferdinand Dennis K

Pernahkah Anda mengalami nyeri siku bagian dalam? Nyeri yang timbul saat Anda menekuk dan menengadahkan tangan, seperti tertusuk, bahkan sampai muncul baal atau sensasi lain yang menjalar sampai kelingking Anda?

Bisa jadi Anda mengalami epicondylitis medial, atau golfer’s elbow, suatu peradangan pada urat-urat tendon yang melekat pada tulang-tulang siku bagian dalam.

Apa sebenarnya penyebab golfer’s elbow ini? Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Kita bahas di artikel ini.

Mengapa golfer’s elbow menyebabkan nyeri siku bagian dalam?

Siku manusia dibentuk oleh beberapa jaringan yang saling berdekatan dan berkaitan satu sama lain. Bagian bawah tulang lengan atas (humerus), bagian atas tulang hasta (ulna), dan bagian atas tulang pengumpil (radius) bersama-sama membentuk komponen tulang dari siku.

Tonjolan siku (olecranon) juga merupakan bagian dari ujung atas tulang pengumpil. Otot-otot lengan atas dan bawah melekat pada bagian-bagian dari tulang-tulang ini pada bagian tendon (urat putih) dari otot-otot tersebut.

Tidak sedikit pula serabut saraf dan pembuluh darah yang berjalan dan memberikan rangsang serta nutrisi untuk seluruh komponen lengan atas pun banyak yang melewati bagian-bagian siku.

Golfer’s elbow terjadi pada bagian dalam siku, dimana terdapat perlekatan  lima otot yang berfungsi untuk gerakan menekuk dan menengadahkan tangan. Urat tendon otot-otot ini dapat mengalami peradangan dan degenerasi (perburukan gejala seiring waktu dan usia) karena adanya beban dan kerja yang berlebih dari otot-otot ini.

Gerakan-gerakan yang berulang pada bagian dalam siku akan mengiritasi urat-urat tendon otot yang melekat tersebut, dan menimbulkan gejala nyeri.

Pada kasus-kasus golfer’s elbow dapat pula ditemukan pengapuran pada ujung-ujung urat tendon yang biasa dapat dilihat melalui pencitraan radiologis, seperti dengan ultrasonografi muskuloskeletal, foto sinar-X, dan magnetic resonance imaging (MRI).

Selain nyeri siku bagian dalam, gejala apa yang bisa muncul?

Siku manusia memiliki derajat kemiringan yang normal (disebut carrying angle) yang berfungsi untuk mencegah lengan bersentuhan dengan pinggang saat mengayunkan lengan.

Sudut ini dapat berubah menjadi abnormal pada kondisi-kondisi tertentu, yang menimbulkan derajat kemiringan yang melebihi normal, baik ke arah dalam maupun luar.Kondisi-kondisi ini disebut sebagai cubital valgus (apabila siku terlalu ke luar) dan cubital varus (apabila siku terlalu ke dalam).

Kondisi cubital valgus akan menambah tekanan dan regangan pada siku bagian dalam, sehingga pada kondisi seperti ini bisa terdapat gejala penekanan saraf ulna yang menimbulkan gejala-gejala seperti baal dan kesemutan pada jari manis dan kelingking, serta kelemahan pada otot-otot tangan, yang menyebabkan penderita sering menjatuhkan atau sulit menggenggam barang.

Selain golfer’s elbow, nyeri siku bagian dalam bisa disebabkan penyakit apa lagi?

Pada siku bagian dalam, terdapat struktur penyokong lain yang disebut ligamen kolateral ulna yang berupa suatu serabut kokoh untuk menstabilkan bagian bawah tulang lengan atas dan tulang hasta.

Serabut ligamen ini bukanlah bagian dari otot, tetapi rentan juga terhadap cedera. Cedera pada ligamen kolateral ulna ini dapat terjadi apabila seseorang melakukan gerakan melempar (seperti pada olahraga baseball dan kasti) yang terlalu ekstrim atau berulang-ulang dalam waktu lama, sehingga atlet pelempar memiliki risiko mengalami cedera pada urat ligamen ini.

Kerusakan pada ligamen kolateral ulna juga akan menimbulkan gejala nyeri siku bagian dalam, disertai ketidakstabilan tulang-tulang siku, yang akan menimbulkan perubahan bentuk dan angulasi dari siku (cubital valgus), sehingga akan juga disertai dengan gejala-gejala cedera saraf seperti telah dijelaskan di atas.

arkade struthers nyeri siku bagian dalam

Penekanan saraf ulna oleh suatu serabut yang disebut arkade Struthers juga akan dapat menimbulkan gejala pada siku bagian dalam. Struktur serabut ini bervariasi dari orang yang satu dengan yang lain, di mana satu orang mungkin memiliki struktur ini, dan yang lain tidak.

Pada mereka yang memiliki arkade Struthers pada siku, akan lebih rentan mengalami jepitan saraf ulna, yang akan berujung pada gejala-gejala seperti baal, kesemutan, dan nyeri siku bagian dalam.

Penyebab-penyebab nyeri lain seperti radang pembungkus urat tendon (tenosinovitis), asam urat, pengapuran sendi, dan patah tulang pun harus dipertimbangkan berdasarkan riwayat dan tanya jawab dengan pasien, sehingga penegakkan diagnosis golfer’s elbow harus dilakukan oleh dokter.

Bagaimana cara mencegah penyakit ini?

Penyakit otot, tulang, dan sendi yang disebabkan karena peradangan dapat dicegah dengan pembatasan aktivitas yang dapat mencetuskan nyeri.

Apabila golfer’s elbow dicetuskan oleh olahraga, maka penggunaan perlengkapan yang memadai serta melakukan pemanasan sebelum berolahraga akan dapat mencegah cedera pada siku bagian dalam dan bagian tubuh lainnya.

Penguatan otot-otot lengan bawah juga dapat dilakukan, dengan cara mengangkat beban ringan, atau latihan meremas bola karet. Apabila dilakukan rutin dan dengan cara yang benar, latihan ringan pun akan banyak bermanfaat untuk mencegah cedera.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh olahragawan yang memiliki risiko tinggi mengalami golfer’s elbow adalah tahu kapan harus beristirahat dan berhenti.

Seringkali, rasa nyeri saat berolahraga diabaikan atau dianggap sebagai tanda untuk menambah beban latihan, padahal saat itulah tubuh kita memberikan sinyal untuk berhenti sejenak, dan memberikan waktu untuk pemulihan jaringan.

Gunakan juga form dan postur yang benar saat berolahraga. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga ahli olahraga lainnya untuk teknik dan cara berolahraga yang benar dan tepat.

Bagaimana dengan pengobatan dan terapinya?

Apabila nyeri siku bagian dalam baru dirasakan beberapa lama setelah beraktivitas, dapat dilakukan prinsip penanganan PRICE yaitu:

  • protection (lindungi bagian yang cedera dari cedera lain, seperti menggunakan alat pelindung, atau hentikan aktivitas yang menimbulkan cedera dan nyeri),
  • rest (istirahatkan bagian yang cedera, bahkan dari aktivitas sehari-hari untuk sementara waktu),
  • ice (kompres es pada bagian yang cedera. Kompres dingin akan mencegah pembengkakan yang akan lebih membatasi pergerakan, dan mengurangi nyeri),
  • compression (gunakan balut dan bebat untuk mengurangi pembengkakan bila diperlukan),
  • elevation (angkat daerah yang cedera sampai lebih tinggi dari jantung kita saat berbaring, bertujuan untuk mengurangi pembengkakan).

Apabila penanganan awal dengan prinsip PRICE ini tidak berhasil mengurangi gejala nyeri atau bahkan apabila rasa nyeri siku bagian dalam dirasa memberat, segera konsultasikan ke dokter.

Penggunaan obat-obatan anti-nyeri dan anti-radang oles maupun minum akan dapat menghentikan proses penyakit dan gejala sementara, apabila terjadi pengulangan cedera atau proses yang menyebabkan peradangan pada serabut urat-urat tendon tersebut, gejala akan dapat muncul kembali, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi lebih berat dibandingkan sebelumnya.

Penggunaan obat-obatan anti-radang dan anti-nyeri ini juga harus diresepkan dan diawasi oleh dokter karena penggunaan dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Terapi-terapi fisik dapat digunakan untuk meredakan radang dan gejala nyeri pada golfer’s elbow.

Penggunaan terapi termal (panas dan dingin), terapi cahaya (inframerah), terapi listrik (transcutaneous electrical nerve stimulation/TENS), terapi gelombang kejut (extracorproeal shockwave therapy), dan terapi suntikan atau injeksi anti-radang dan atau anti-nyeri dapat dilakukan sendiri-sendiri atau dikombinasikan satu sama lain untuk menangani golfer’s elbow.

Konsultasikan dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi untuk penanganan dan peresepan terapi-terapi fisik serta obat-obatan yang sesuai dan proporsional dengan penyakit Anda.

 

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, hubungi Klinik Flex Free agar Anda bebas beraktivitas, bebas berkarya, dan bebas nyeri setiap hari.

  • Klinik Flex Free Jakarta: Ruko Italian Walk, Jl. Boulevard Bar. Raya No.19, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240; telepon (021) 29364016
  • Klinik Flex Free Bandung: Jalan Terusan Pasir Koja No.153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40424; telepon (022) 20580806
  • Klinik Flex Free Jakarta Selatan: The Bellezza Shopping Arcade, lantai dasar unit SA58-60 (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau no. 34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12210; telepon (021) 25675561

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561