Apa saja penyebab tangan kesemutan yang sering diremehkan?

Rabu, 17 Januari 2024
dr. Bella Pricylla J
Rabu, 17 Januari 2024
dr. Bella Pricylla J

Tangan kesemutan merupakan suatu kondisi perasaan yang tidak nyaman pada tangan.

Tangan kesemutan tidak hanya terjadi pada satu tangan saja, tetapi juga dapat dirasakan pada kedua tangan. Keluhan tangan kesemutan awalnya bersifat hilang timbul atau bahkan dapat menetap pada sebagian penderita.

Keluhan yang dirasakan pada tangan kesemutan, seperti:

  • Berkurangnya sensasi terhadap suatu respon
  • Nyeri atau rasa sensasi terbakar
  • Sensasi panas atau dingin pada tangan
  • Hipersensitivitas pada tangan
  • Gangguan pada koordinasi tangan

Adanya sensasi perasaan yang tidak nyaman ini tentunya dapat mempengaruhi aktivitas gerakan tangan. Tentunya jika keluhan tangan kesemutan menetap dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita.

Kondisi yang terkadang hilang timbul ini pada beberapa penderita terkadang tidak terlalu menganggap penting.

 

PENYEBAB TANGAN KESEMUTAN

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan tangan kesemutan bahkan ada beberapa penyebab yang mungkin diremehkan oleh penderita.

Sebenarnya mungkin tidak diremehkan tetapi karena mungkin keluhan yang dirasakan tidak menganggu dan cepat berkurang. Tangan kesemutan terkadang merupakan suatu tanda dari suatu penyakit, agar kita diharapakan untuk segera mencari tau kemungkinan penyebabnya.

Berikut penyebab tangan kesemutan yang mungkin diremehkan, seperti:

  1. Tekanan pada saraf

Adanya tekanan pada saraf mungkin penyebab paling sering ditemukan pada tangan kesemutan. Penyebab tekanan pada saraf dapat terjadi akibat gangguan pada saraf spinal atau gangguan persarafan pada tangan.

Jika terjadi kerusakan atau adanya tekanan pada saraf spinal bagian atas dapat mencegah pemberian pesan sensoris atau impuls sensoris ke otak sehingga pesan tidak tersampaikan dan menimbulkan keluhan rasa kesemutan pada tangan. Penyebab tekanan saraf spinal yang paling sering terjadi adalah saraf kejepit pada cervical (leher) atau tumor spinal.

tangan kesemutan akibat tekanan saraf

sumber: medicastore.com

Adanya gangguan persarafan pada tangan juga dapat menimbulkan keluhan tangan kesemutan yang sering disebabkan oleh tekanan pada saraf yang mempersarafi tangan. Tekanan tersebut paling sering terjadi pada lengan atas serta siku.

  1. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin b12 pada tangan kesemutan

sumber: envato.com

Vitamin memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh terutama untuk kesehatan saraf. Jenis vitamin yang paling bagus untuk kesehatan saraf adalah Vitamin B12. Beberapa orang dapat mengalami kekurangan vitamin B12 akibat kebutuhan nutrisi yang kurang, gangguan penyerapan vitamin, atau akibat perjalanan penyakit.

Contoh penyakit yang dapat menimbulkan kekurangan Vitamin B12 ,seperti gastritis, crohn’s disease, anemia pernisiosa, atau transkobalamin defisiensi.

  1. Konsumsi Alkohol

Terlalu sering mengonsumsi alkohol tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan hati dan jantung tetapi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan saraf. Kaitan konsumsi alkohol dengan tangan kesemutan adalah terjadinya kerusakan saraf  akibat kebutuhan nutrisi yang kurang terutama vitamin pada alkoholik. 

  1. Terjadinya Kerusakan Saraf

Adanya kerusakan saraf yang mempersarafi tangan dapat menimbulkan keluhan tangan kesemutan yang sering disebut dengan istilah neuropati perifer. Kerusakan saraf dapat terjadi akibat berbagai kondisi atau penyakit, seperti:

  • Penyakit Diabetes
  • Penyakit Autoimun
  • Infeksi
  • Gangguan pembuluh darah atau saraf
  • Cedera pada saraf
  • Efek samping pengobatan

Efek samping pengobatan yang paling sering menimbulkan tangan kesemutan adalah pada orang yang menjalani kemoterapi, mendapatkan pengobatan anti kejang, atau antibiotik jenis tertentu.

  1. Carpal Tunnel Syndrome

Tangan kesemutan pada CTS

"Area Tangan Kesemutan pada CTS"

sumber: complete-physio.co.uk

Carpal Tunnel Syndrome merupakan suatu kondisi dimana saraf medianus yang mempersarafi tangan dan jari-jari tangan terjepit pada terowongan karpal yang terdapat pergelangan tangan.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya tekanan yang berulang dan terus menerus pada pergelangan tangan yang akhirnya menimbulkan kerusakan saraf dan kurangnya nutrisi yang mempersarafi area tangan.

Faktor-faktor risiko yang dapat menimbulkan Carpal Tunnel Syndrome, adalah:

  • Struktur anatomi. Adanya perubahan atau kelainan pada struktur anatomi pada pergelangan tangan akibat dislokasi atau penyakit rheumatoid arthritis dapat mengubah ruang di dalam terowongan karpal dan memberi tekanan pada saraf medianus.
  • Jenis kelamin. Perempuan lebih sering mengalami hal ini daripada laki-laki.
  • Kegemukan. Adanya obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya carpal tunnel syndrome.
  • Faktor pekerjaan. Kondisi ini merupakan penyebab tersering carpal tunnel syndrome. Pekerjaan yang berhubungan dengan alat-alat yang bergetar atau pada pekerjaan yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan secara berulang, kuat, atau lama dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Contoh pekerjaan yang dapat meningkatkan risiko terjadi Carpal Tunnel Syndrome adalah penggunaan keyboard atau mouse komputer yang kurang tepat.
  1. Stres

Mengelola stress dengan kurang baik dan berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya kesemutan dan mati rasa pada tangan. Kondisi ini terjadi akibat otot dan pembuluh darah menjadi lebih tegang dan tubuh yang stress secara berlebihan dapat menyebabkan terbatasnya aliran darah ke tangan.

 

Penanganan Tangan Kesemutan

Penanganan pada tangan kesemutan tergantung dari kondisi yang mendasarinya. Berikut penanganan awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesemutan pada tangan:

  • Kompres hangat

Kompres hangan pada tangan kesemutan

Kompres dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu mengurasi keluhan tangan kesemutan akibat peredaran darah yang tidak lancar.

  • Penggunaan Splints

Penggunaan splints bertujuan untuk membatasi pergerakan tangan sehingga dapat mengurangi rasa kesemutan pada tangan.

  • Istrihatkan tangan

Istirahatkan tangan sementara dari aktivitas yang memperberat kondisi tangan, seperti mengetik dengan keyboard, bermain piano, bermain gitar atau aktivitas lainnya.

Jika tangan kesemutan disebabkan oleh Carpal Tunnel Syndrome mengubah penggunaan keyboard atau mouse dengan lebih ergonomis dapat membantu mengurangi keluhan tangan kesemutan.

  • Peregangan Tangan

Lakukan peregangan tangan secara rutin. Melakukan peregangan tangan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke tangan dan mengatasi keluhan kesemutan ringan.

Mulailah secara perlahan-lahan, dan segera hentikan jika terasa nyeri.

  • Kontrol penyakit yang mendasari

Jika anda mempunyai penyakit diabetes atau penyakit lainnya yang mengakibatkan tangan kesemutan, atasi dan kelola penyakit tersebut dengan baik.

  • Obat-obatan

Pemberian obat-obatan tergantung dari penyebab yang mendasari. Jika tangan kesemutan disebabkan oleh kekurangan vitamin, mungkin anda akan disarankan untuk mengonsumsi vitamin. 

 

Penanganan Tangan Kesemutan pada Klinik Flex Free

Klinik Flex Free dapat membantu anda mengatasi keluhan mati rasa dan kesemutan anda.

Konsultasi terlebih dahulu ke dokter kami agar anda mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebab kesemutan dan mati rasa pada tangan anda.

Tindak yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Terapi Laser

Laser merupakan singkatan dari Light Amplification of Stimulated Emissions of Radiation. Tindakan laser ini dapat membantu anda mengatasi peradangan dan kesemutan akibat kompresi saraf pada tangan.

Biaya terapi laser di klinik Flex Free kurang lebih Rp.150.000,- per kali terapi.

  1. Tindakan Injeksi

Injeksi terapi pada tangan kesemutan

"Injeksi terapi pada tangan kesemutan"

sumber: www.painmanagementnyc.com

  • Injeksi Kortikosteroid

Tindakan injeksi yang dapat dilakukan yaitu injeksi kortikosteroid. Injeksi kortikosteroid dapat membantu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa kesemutan akibat tekanan saraf pada pergelangan tangan.

Hasil penelitian menunjukkan injeksi kortikosteroid efektif untuk terapi jangka panjang. 

Biaya tindakan injeksi kortikosteroid di klinik Flex Free kurang lebih Rp.1.000.000,- per kali tindakan.

  • Injeksi Larutan Gula (Prolotherapy)

Tindakan penyuntikan larutan gula steril encer (konsentrasi 5%) memiliki efek yang lebih baik dalam mengurangi gejala pasien carpal tunnel syndrome dibandingkan dengan penyuntikan steroid dalam jangka panjang.

Penyuntikan gula ini terbukti dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh serabut saraf karena kondisi kekurangan oksigen dan nutrisi dari pembengkakan terowongan karpal tersebut.

Biaya tindakan injeksi larutan gula (prolotherapy) di klinik Flex Free kurang lebih Rp.700.00-1.500.000,- per kali tindakan.

Apabila Anda memerlukan terapi atau informasi lebih lanjut, hubungi Klinik Flex Free agar Anda bebas beraktivitas, bebas berkarya, dan bebas nyeri setiap hari.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561