Obat Tangan Kebas dan Nyeri yang Aman

Kamis, 20 Juni 2024
dr. Vidya Hartiansyah
Kamis, 20 Juni 2024
dr. Vidya Hartiansyah

Tangan kebas dan nyeri bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari masalah ringan dan sementara, hingga penyakit berat yang lebih serius.

Penyebab yang paling sering adalah penekanan saraf atau kerusakan saraf di tangan. Penekanan saraf bisa terjadi saat kita tertidur di atas tangan, atau bersandar dengan siku terlipat dalam waktu lama. Saraf juga dapat terjepit bila ada pelebaran pembuluh darah atau benjolan (tumor) di dekat saraf.

Beberapa penyebab lain dari tangan kebas dan nyeri akibat masalah saraf antara lain:

  • Kerusakan saraf di tangan, lengan, atau leher
  • Penekanan saraf di tulang belakang
  • Sindroma terowongan karpal (jepitan saraf di pergelangan tangan), sindroma ini terjadi pada orang yang melakukan gerakan berulang menggunakan tangan dan pergelangan tangan
  • Penekanan saraf ulnaris akibat menekuk atau bersandar pada siku terlalu lama.

Tangan juga dapat kebas dan nyeri akibat adanya penyakit lain, misalnya penyakit diabetes, yang menyebabkan aliran darah buruk. Penyakit lainnya yang bisa menyebabkan tangan kebas dan nyeri yaitu infeksi herpes, radang pembuluh darah, stroke, atau penyakit multiple sclerosis (MS).

Penyebab lainnya yang juga sering dijumpai adalah kekurangan vitamin B12, konsumsi alkohol berlebihan, efek samping obat-obatan, atau akibat gigitan serangga atau hewan.

Perawatan Tangan Kebas dan Nyeri di Rumah

Untuk mengatasi tangan kebas dan nyeri di rumah, Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Mengistirahatkan tangan dengan teratur bila Anda sering menggunakan tangan untuk melakukan gerakan berulang.
  • Menggunakan kompres hangat atau dingin.
  • Melakukan gerakan latihan untuk menguatkan tangan.
  • Menggunakan bidai bila direkomendasikan oleh dokter.

Obat Tangan Kebas dan Nyeri yang Aman

Karena tangan kebas dan nyeri bisa disebabkan oleh berbagai hal, maka pengobatannya pun beragam bergantung pada penyebabnya.

Pada kondisi ringan, tangan kebas mungkin dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi pada kondisi lain atau akibat penyakit tertentu, kebas dan nyeri pada tangan dapat memerlukan perawatan yang lebih serius, hingga operasi.

Beberapa contoh obat tangan kebas dan nyeri yang dapat Anda dapatkan tanpa resep dokter misalnya:

  1. paracetamol
  2. aspirin
  3. ibuprofen

obat tangan kebas dan nyeri

Contoh Obat Tangan Kebas dan Nyeri

Ketiga obat tangan kebas dan nyeri tersebut dapat membantu meredakan gejala yang Anda alami. Baca aturan pakai, dosis dan kontraindikasinya. Obat-obatan tersebut tidak dapat dikonsumsi dalam waktu yang lama, sehingga bila gejala tidak membaik, bertambah berat, atau muncul efek samping, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Obat tangan kebas dan nyeri lainnya adalah obat pengontrol gula darah bila Anda menderita diabetes. Konsumsi obat diabetes Anda sesuai dengan petunjuk dokter agar kadar gula darah terkendali dan tidak timbul komplikasi seperti kesemutan atau kebas di tangan. 

Bila tangan kebas dan nyeri yang Anda alami disebabkan karena kurang vitamin atau mineral (misalnya disebabkan karena Anda menjalani diet tertentu, atau mengalami gangguan penyerapan makanan), Anda dapat mengkonsumsi vitamin yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12.

Anda juga dapat memilih obat tangan kebas dan nyeri yang mengandung vitamin B plus pereda nyeri, misalnya ibuprofen, atau kombinasi antara vitamin B1, B6, B12 dan paracetamol.

Apabila tangan kebas yang Anda alami disebabkan karena fenomena Raynaud, penanganan yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Hindari paparan dingin tiba-tiba
  • Jangan merokok/terpapar asap rokok
  • Hindari obat-obatan yang dapat menyempitkan pembuluh darah, misalnya obat-obatan dekongestan (biasanya terdapat dalam obat pilek), obat diet, obat migraine (yang mengandung ergotamine), atau obat-obat yang digunakan untuk attention deficit disorder (ADD) 

Penanganan Tangan Kebas dan Nyeri oleh Dokter

Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan, sesuai dengan arah diagnosis.

Setelah didapatkan diagnosis, dokter akan memberikan obat tangan kebas dan nyeri, atau perawatan lain yang diperlukan. Misalnya, bila kebas disebabkan karena infeksi, akan diberikan obat yang sesuai, atau bila disebabkan karena efek samping obat-obatan tertentu, dokter akan mengganti jenis obat.

Anda mungkin akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter spesialis saraf, bedah, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, atau dokter ahli rheumatologi.

Sebagian kasus tangan kebas lainnya mungkin memerlukan tindakan operasi, misalnya bila terdapat tumor, atau jepitan saraf berat.

Apa Komplikasi dari Tangan Kebas?

Tidak ada komplikasi bila tangan kebas dan nyeri bukan disebabkan karena penyakit yang serius. Akan tetapi bila kebas disebabkan karena penyakit berat, bila tidak diatasi sepenuhnya dapat timbul komplikasi, misalnya kerusakan saraf permanen.

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter?

Tangan kebas dan nyeri yang hilang timbul dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari kita. Kapan sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter?

Bila tangan kebas dan nyeri berlangsung lama (beberapa jam), atau hilang timbul, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang diperlukan.

Bila Anda mengalami tangan kebas dan nyeri disertai dengan gejala-gejala berikut ini, segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis:

  • kebas di bagian tubuh lainnya
  • kelumpuhan
  • pusing, linglung
  • sulit bicara, atau pengucapan saat bicara tidak jelas
  • tidak dapat mengendalikan BAK dan/atau BAB
  • ruam

Cara Mencegah Tangan Kebas dan Nyeri

Sebagian penyebab tangan menjadi kebas dan nyeri dapat dicegah, dengan cara:

  • Mengistirahatkan tangan dari gerakan berulang-ulang dalam waktu lama.
  • Banyak bergerak, atau berolahraga agar peredaran darah lancar.
  • Merawat kondisi atau penyakit kronis yang Anda alami dengan cermat, misalnya penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Memeriksakan diri ke dokter dengan teratur, terutama bila sudah menderita penyakit-penyakit seperti disebutkan di atas.

 

 

Referensi:

  • my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17824-numbness-in-hands
  • www.emedicinehealth.com/how_do_i_get_rid_of_numbness_in_my_hand/article_em.htm

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561