Serba Serbi Penyebab Sakit Tulang Belikat Dan Cara Mengatasinya

Kamis, 08 Agustus 2024
dr. Bella Pricylla J
Kamis, 08 Agustus 2024
dr. Bella Pricylla J

Tulang belikat atau dalam istilah kedokteran disebut dengan tulang skapula, adalah tulang yang berbentuk segitiga yang terletak pada punggung bagian atas.

Tulang belikat dikelilingi dan didukung oleh sistem otot yang sangat kompleks, dimana mereka bekerja sama untuk membantu tubuh dalam menggerakkan lengan.

mengenal anatomi sakit tulang belikat

sumber: https://apexsofttissue.com.au

Jika terdapat cedera, trauma, atau kondisi kesehatan lainnya yang dapat mempengaruhi langsung tulang belikat, maka barulah timbul keluhan sakit tulang belikat ini.

Banyak penyebab yang dapat mendasari timbulnya keluhan sakit tulang belikat, kerana itu pentingnya mencari tahu penyebab sakit tulang belakang ini secara pasti.

Bacalah artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab sakit tulang belikat .

Penyebab Sakit Tulang Belikat

  1. Postur Tubuh yang Buruk

Sering duduk dalam waktu yang lama dengan postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan perubahan struktrur pada tulang belakang anda yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit dibawah tulang belikat.

Membungkukkan punggung , menundukkan kepala ke bawah , atau duduk lebih dominan ke satu sisi saat bekerja, dapat melemahkan otot dan dan meningkatkan tekanan pada sumsum tulang belakang, otot, dan ligament.

Adanya ketidakseimbangan ini yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan sakit punggung bagiatas dan sakit tulang belikat.

  1. Kebiasaan mengangkat yang tidak tepat

Kebiasaan mengangkat beban lalu menaruhnya di kepala tanpa teknik mengangangkat yang tepat dapat berisiko untuk membuat bahu anda rentan mengalami cedera.

Jika Anda mengangkat benda yang terlalu berat, atau jika posisi benda tersebut dipegang telalu jauh dari tubuh dengan posisi tulang belakang yang tidak sejajar, maka keadaan ini dapat meningkatkan tekanan punggung bagian atas.

Kebiasaan mengangkat yang tidak tepat ini juga dapat menyebabkan otot teregang dan keseleo pada ligament, serta juga berpotensi untuk mencederai sendi bahu atau tulang belakang, yang man akondisi ini dapat menjadi penyebab sakit tulang belikat.

  1. Penggunaan yang berlebihan

Memiliki pekerjaan seperti mengecat langit-langit, sering memindahkan perabot rumah, atau memiliki hobi olahraga softball , adalah salah satu contoh kegiatan yang dapat menyebabkan punggung atas dahu anda bekerja lebih berat dari biasanya.

Terlalu sering menggunakan otot tersebut dapat menyebabkan otot terlalu tegang dan keseleo pada ligament, sehingga menimbulkan penyebab sakit tulang belikat dan tulang belakang.

Contoh lainnya adalah seperti bursitis scapulothoracic, atau dapat juga disebut dengan sindrom snapping scapula, di mana bursa (bantalan) antara tulang belikat dan tulang belakang toraks meradang dan nyeri akibat terlalu sering digunakan atau cedera.

  1. Saraf Kejepit pada Leher

Saraf kejepit pada tulang belakang leher terjadi ketika lapisan luar diskus robek dan lapisan dalam diskus ke luar melalui robekan tersebut.

Saraf kejepit dapat menimbulkan rasa sakit dan meradangnya akar saraf di dekatnya area yang menjalarkan rasa sakit kebahu, lengan, dan tangan,

Mengalami saraf kejepit leher yang mengenai bagian bawah leher, dapat menjadi penyebab sakit tulang belikat .

  1. Tulang rusuk terkilir

Meskipun jarang terjadi, tulang rusuk dapat mengalami dislokasi (keluar dari tempatnya) atau posisi tulang rusuk tidak sejajar akibat cedera yang mengenai tulang rusuk.

Keadaan ini dapat menimbulkan keluhan rasa sakit yang tajam di dekat tulang belikat saat beraktivitas atau bahkan terkadang saat anda menarik napas dalam-dalam.

  1. Kondisi Kesehatan Jantung

Beberapa jenis penyakit jantung dapat menyebabkan timbulnya sakit tulang belikat.

Contoh penyakit jantung yang dapat menimbulkan keluhan ini, seperti Diseksi Aorta yang berat. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah jantung membesar dan terdapat robekan, sehingga keadaan inilah yang dapat menyebabkan timbulnya keluhan sakit tulang belikat bagian kiri.

Serangan jantung juga dapat menimbulkan keluhan nyeri dada yang dapat menjalar hingga ke bahu kiri, terutama pad wanita.

  1. Patah tulang “Kompresi”

Patah tulang kompresi adalah kondisi dimana tulang belakang vertebrae, terutama tulang belakang bagian punggung atas melemah dan tertekan, sehingga kondisi ini dapat menjadi penyebab sakit tulang belikat atau nyeri punggung. Nyeri dapat terasa berkurang jika berisrirahat dan lebih terasa jika disentuh.

Patah tulang kompresi paling sering terjadi akibat osteoporosis pada orang dengan lanjut usia.

Cara Mengetahui Penyebab Sakit Tulang Belikat

Untuk mengetahui penyebab sakit tulang belikat ini diperlukan peninjauan lebih lanjut dengan dokter, mulai dari keluhan, riwayat medis, dan riwayat keluarga serta dilakukannya pemeriksaan fisik yang menyeluruh.

Biasanya, anda juga akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahu penyebab pastinya sakit tulang belikat. Pemeriksaan yang mungkin dianjurkan, meliputi :

  • Pemeriksaan Laboratorium, yaitu pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan fungsi hati, atau pemeriksaan darah lainnya.
  • Pemeriksaan Pencitraan, seperti CT-Scan ataupun MRI
  • Pemeriksaan kondisi jantung, seperti EKG atau Treadmill Test.

Cara Mengatasi Penyebab Sakit Tulang Belikat

Jika penyebab sakit tulang belikat adalah keseleo pada otot , melakukan perawatan dengean metode RICE dapat membantu anda mengatasi keluhan sakit tulang belikat.

Metode RICE, terdiri dari :

  • Rest (Istirahat). Mengistirahatkan bagian yang sakit terlebih dahulu dari aktivitas yang dapat mempengaruhi tulang belikat .
  • Ice (Kompres Dingin). Kompres dingin bagian tulang belikat yang sakit selama 10-15 menit. Mongompres dingin dapat membantu mengurangi keluhan saki tulang belikat.

skapula splint untuk mengatasi penyebab sakit tulang belikat

sumber: https://link.springer.com

  • Compression (Bebat Tekan). Bebat tekan ini biasanya dilakukan dengan bantuan elastis perban atau splint. Tujuan kompresi ini adalah dapat membantu mengurangi keluhan rasa sakit tulang belikat serta mengistirahatkan bagian tubuh tersebut
  • Elevasi. Dengan memposisikan bahu lebih tinggi daripada jantung, dapat meningkatkan aliran darah tubuh sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan juga nyeri.

Selain dengan metode RICE juga dapat dilakukan terapi panas atau terapi fisik untuk mengurangi rasa sakit tulang belikat yang disebabkan oleh masalah otot.

Mengonsumsi obat anti nyeri yang aman juga dapat membantu mengatasi penyebab sakit tulang belikat dan juga pembengakakan.

Obat yang diresepkan, melakukan peregangan yang difokuskan pada tulang belikat, ataupun stimulasi saraf mungkin juga dapat dibutuhkan unutk mengatasi penyebab sakit tulang belikat.

Tetapi, sebaiknya konsultasikan lah diri anda ke dokter jika anda mempunyai sakit tulang belikat, agar anda mendapatkan perawatan yang tepat.

Perawatan Sakit Tulang Belikat di Klinik Flex Free

  • Proloterapi

Dalam beberapa tahun terakhir, terapi proloterapi sering digunakan karena efektivitasnya untuk untuk mengatasi penyebab sakit tulang belikat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan, terapi proloterapi telah membuktikan manfaatnya dalam menagatasi nyeri, peradangan, dan regeneratif.

Terapi proloterapi dilakukan dengan cara menyuntukkan larutan regeneratif alami, dimana larutan tersebut dapat merangsang produksi sel kolagen, yang berfungsi dalam memperbaiki struktur di dalam atau sekitar tulang belikat.

Terapi proloterapi telah dianggap sebagai terapi yang ideal untuk mengatasi penyebab sakit tulang belikat, karena dapat mengurangi kekambuhan gejala.

Estimasi Harga Terapi Proloterapi di Klinik Flex Free adalah berkisar Rp.700.000 – Rp.1.500.000,-

Referensi :

  • https://www.spine-health.com/blog/7-possible-causes-pain-under-your-shoulder-blade
  • https://www.verywellhealth.com/shoulder-blade-pain-possible-causes-and-diagnosis
  • https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/scapular-shoulder-blade-disorders
  • https://prohealthclinic.co.uk/blog/scapula-pain/

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561