Bicipital Tenosynovitis; Nyeri Bahu Bagian Depan

15 Desember 2015 , Flex Free
15 Desember 2015
Flex Free

Pada lengan atas terdapat otot biceps yang berfungsi menggerakkan dan memutar lengan bawah (seperti saat mengangkat barbel), menahan posisi siku saat mengangkat barang, dsb.

Tendon bagian atas otot biceps melewati dan melekat di cekungan di bagian depan sendi bahu.

biceps tendon

Saat otot-otot bahu yang lain mengalami masalah, otot biceps akan membantu otot-otot tersebut untuk memfiksasi bahu, sehingga tendon cedera dan bahu sakit.

Cedera tendon ini sering disertai penumpukan cairan di lapisan pembungkus tendon otot biceps. 

Pada penyakit ini akan terasa  nyeri bahu di bagian depan, terutama saat gerakan ke atas bahu atau saat mengangkat barang. Jika lebih berat dan cairan cukup banyak, sakit bahu depan dapat dirasakan terus menerus.

usg bicipital tenosynovitis

Pada pemeriksaan USG muskuloskeletal dapat terlihat adanya kerusakan tendon disertai cairan berlebihan yang mengelilingi tendon.

Cairan ini timbul selain akibat gesekan berlebih di tendon, dapat juga akibat rembesan pada kerusakan tendon yang terjadi di sendi bahu.

Pemeriksaan USG pada bahu yang sakit sangat penting untuk dapat membedakan kelainan-kelainan penyebabnya, karena penanganannya akan berbeda.

Terapi panas akan melebarkan pembuluh darah dan menambah nutrisi dan oksigen pada jaringan yang rusak. LASER dapat memicu sel-sel tendon untuk regenerasi dan memicu pemulihan.

Pemberian listrik energi rendah (TENS) dapat menurunkan nyeri pada sakit bahu depan dan mengurangi pemakaian obat nyeri.

Injeksi anti radang dan proloterapi pada sakit bahu depan dapat diberikan untuk mengurangi radang, nyeri dan penumpukan cairan. Pemberian obat tablet atau kapsul anti nyeri saja tidak akan menyembuhkan penyakit bahu depan ini.


Pengobatan sakit bahu depan denga proloterapi


Penyebab atau pemicu kerusakan tendon ini harus diketahui, kemudian gerakan sendi bahu dan tulang belikat diperbaiki, serta mencari apakah bahu sakit ini juga disertai kerusakan tendon rotator cuff diatasnya.

Penyebab atau pemicu kerusakan tendon ini harus diketahui, kemudian memperbaiki gerakan sendi bahu dan tulang belikat, serta mencari apakah bahu sakit ini juga disertai kerusakan tendon rotator cuff diatasnya (lihat rotator cuff tendinopathy).

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Di artikel ini akan dibahas mengenai penyebab leher sakit dan kaku serta pencehan yang dapat dilakukan. Sakit

ARTIKEL KESEHATAN

Frozen shoulder akan memiliki resiko tinggi dialami terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes

ARTIKEL KESEHATAN

Sakit punggung atau nyeri punggung (back pain) dapat dirasa sebagai rasa sakit yang tajam atau hanya berupa ra

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri pada bahu adalah masalah yang dapat mengganggu aktivitas kita karena banyak diperlukan dalam melakukan g

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
CABANG JAKARTA
CABANG BANDUNG