Atasi Sakit Bahu Sebelah Kiri sampai Tangan di Klinik Flex-Free Sekarang Juga!

Selasa, 02 Agustus 2022
Flex Free
Selasa, 02 Agustus 2022
Flex Free

Bahu ialah bagian tubuh yang sering menahan beban berat. Bahu merupakan persendian yang menggabungkan tendon dan otot agar Anda mudah untuk melakukan bermacam gerak. Jika sakit bahu sebelah kiri sampai tangan pernah Anda alami, maka jelas terjadi masalah pada persendian bahu Anda, atau bisa saja ada masalah lain yang menyebabkannya.

Untuk melakukan penanganan yang tepat, sangat penting bagi Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab nyeri bahu dialami. Anda tidak mungkin membiarkan terus menerus rasa sakit tersebut, karena bisa saja akan memperparah kondisi jika tidak segera ditangani.

Inilah Beberapa Penyebab Terjadinya Sakit Bahu Sebelah Kiri sampai Tangan

Nyeri pada beberapa bagian tubuh sudah pasti pernah Anda alami sesekali. Biasanya terjadi ketika Anda terlalu lelah setelah beraktivitas berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Tapi bagaimana jika rasa sakit tersebut sering muncul di secara tiba-tiba?

Seperti halnya jika Anda sering tiba-tiba mengalami sakit pada bahu sebelah kiri misalnya. Dan sakit tersebut ternyata tidak hanya sampai bahu, melainkan menjalar ke tangan. Apa kira-kira yang menyebabkannya terjadi?

Berikut ini ialah beberapa hal yang bisa saja merupakan penyebab sakit bahu tersebut terjadi, simaklah dengan cermat!

  1. Kaku Otot

Nyeri atau sakit pada bahu sebelah kiri bisa saja terjadi karena otot yang kaku. Hal ini sangat wajar terjadi, biasanya dikarenakan adanya cedera setelah melakukan aktivitas tertentu. Atau bisa saja karena salah posisi tidur.

  1. Penyakit Jantung

Jika penyebabnya ialah penyakit jantung, maka nyeri yang Anda rasakan akan menjalar hingga dada kiri, punggung, dan lengan. Rasanya seakan bagian tubuh tersebut sedang tertekan dengan begitu berat.

Penyumbatan pada aliran darah yang mengarah ke jantung terjadi akibat lemak yang menumpuk, kolesterol, atau zat lain yang mampu membentuk plak di arteri adalah sebab terjadinya penyakit jantung. Plak tersebut akan pecah dan membentuk gumpalan yang menghambat aliran darah.

Saat itu terjadi, otot jantung akan mengalami kerusakan. Rasa nyeri yang begitu hebat di bagian bahu kiri hingga tangan adalah gejala yang akan terasa. Dibarengi dengan nafas yang menjadi lebih pendek dan keluarnya keringat dingin berlebih.

  1. Penyakit Paru paru

Mirip dengan gejala penyakit jantung, ketika terserang penyakit paru paru, biasanya akan mulai terasa sakit di bagian bahu kiri dan menjalar hingga tangan. Bedanya, ketika itu penyakit paru paru, gejala lain yang akan membarenginya ialah batuk (batuk kering atau batuk dengan dahak berwarna kuning, coklat, hijau, hingga merah, bahkan berdarah).

Nafas yang berat dan terasa sesak, demam tinggi dengan keringat yang banyak dan menggigil, terasa tidak bertenaga, hingga mual dan muntah yang diiringi jantung berdebar hebat juga bagian dari gejala yang akan terasa.

  1. Penyakit Saraf

Sakit saraf seperti penyempitan saraf tulang belakang pada bagian leher juga bisa menjadi penyebab sakit bahu hingga tangan. Selain itu juga bisa saja terjadi karena penyakit saraf yang lain, seperti Carpal tunnel syndrom atau Cervical radiculopathy.

  1. Kadar Kolesterol Tinggi

Sakit pada bahu hingga tangan terkadang disebabkan oleh kadar kolesterol yang terlampau tinggi. Penyumbatan pembuluh darah membuat aliran darah ke lengan berkurang. Itulah mengapa bahu hingga tangan bisa terasa sakit.

  1. Gangguan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang mengalami gangguan, seperti Vascular thoracic outlet syndrome menyebabkan aliran darah tidak berjalan dengan lancar. Sakit bahu yang menjalar hingga tangan bisa jadi disebabkan oleh gangguan tersebut.

  1. Patah Tulang

Saat mengalami patah tulang pada bagian bahu, biasanya rasa nyeri yang hebat akan terasa seakan menjalar ke tangan. Patah tulang di bagian bahu seringkali melibatkan tulang selangka, humerus (tulang lengan atas), dan skapula. Ketika salah satunya mengalami patah dengan berbagai macam sebab, rasa nyeri pasti akan terasa sampai ke tangan.

  1. Robeknya Rotator Cuff

Jaringan yang membungkus lengan bagian atas disebut rotator cuff. Empat jenis otot dan beberapa tendon adalah unsur yang ada di dalam jaringan tersebut. Rasa nyeri yang hebat di bagian bahu kiri hingga tangan akan terasa saat jaringan tersebut mengalami kerusakan. Biasanya akan disertai dengan rasa lemas dan membuat bahu tak bisa digerakkan.

  1. Terjadinya Bursitis

Di bahu terdapat organ yang bernama bursae. Organ tersebut berupa kantong kecil berisi cairan pelumas dan berada di setiap persendian. Fungsinya ialah sebagai bantalan antara tulang dan jaringan lunak, serta mengurangi gesekan antara tulang dan otot yang bergerak.

Ketika bahu digunakan untuk aktivitas yang terlalu berat, bisa saja terjadi peradangan dan pembengkakan pada bursae yang berada di antara rotator cuff dan akromion, atau disebut juga dengan bursitis. Rasa nyeri yang hebat di bahu sebelah kiri hingga tangan akan mulai Anda rasakan saat bursitis terjadi.

Selain beberapa penyebab di atas, sakit bahu sebelah kiri sampai tangan juga bisa terjadi ketika Anda mengalami Frozen Shoulder (kekakuan pada sendi bahu), atau Tendinitis (endapan kalsium yang tertanam pada tendon rotator cuff). Untuk mengetahui penyebab pasti, Anda haruslah datang ke klinik terpercaya.

Flex-Free : Klinik Terpercaya untuk Atasi Sakit Bahu Sebelah Kiri sampai Tangan

Flex-Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah sebuah klinik rehabilitasi medik yang khusus bergerak di bidang muskuloskeletal. Penanganan segala macam kelainan, nyeri otot, tulang, sendi, dan saraf kami lakukan di klinik ini. Dokter spesialis yang handal dan sudah ahli serta berpengalaman akan mengobati pasien secara langsung.

Anda yang mengalami sakit pada bahu sebelah kiri hingga tangan, bisa langsung datang ke klinik kami. Bisa juga dengan melakukan konsultasi online melalui kontak yang tersedia di laman website Flex-Free. Anda bisa datang ke cabang klinik terdekat, yang mana berada di Jakarta dan Bandung.

Untuk tahap awal kami akan melakukan pemeriksaan secara mendetail, agar bisa mengetahui penyebab dari sakit bahu hingga tangan sebelah kiri yang Anda alami. Jika disebabkan oleh saraf yang kejepit, maka kami akan menanganinya dengan cara traksi DTS.

Jika penyebabnya yang lain, seperti yang ada di ulasan sebelumnya atau yang berada di penjelasan pada link berikut, maka kami akan melakukan ESWT. Bisa juga dengan melakukan fisioterapi.

ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy adalah salah satu pilihan terapi non invasif yang mampu meredam rasa nyeri. Dalam pengobatan ini, kami akan menggunakan gelombang kejut yang diarahkan pada bagian bahu hingga tangan yang terasa sakit. Sangat efektif untuk mengatasi rasa sakit bahu sebelah kiri sampai tangan yang Anda alami.

Sedangkan traksi DTS atau Spinal Decompression Treatment adalah metode terapi yang sangat cocok untuk mengatasi saraf terjepit. Caranya dengan memberikan tarikan pada tulang belakang secara ritmis menggunakan pola tarikan.

Setiap pengobatan yang kami lakukan dijamin aman dan mampu membantu Anda segera sembuh. Jadi, apa yang masih Anda tunggu? Segera atasi nyeri yang terasa sangat menyiksa dengan berobat di Klinik Flex-free sekarang juga!


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561