Klinik Fisioterapi Terdekat Wilayah Jakarta

Selasa, 28 Juni 2022
Flex Free
Selasa, 28 Juni 2022
Flex Free

Bagi para pekerja, entah itu mereka yang bekerja di dalam ruangan atau luar ruangan. Pasti pernah mengalami masalah otot dan sendi. Pasalnya, masalah ini sering sekali menyerang para pekerja yang kurang gerak ketika bekerja. Contohnya, ketika seseorang terlalu sering bekerja namun kurang berolahraga, kedua masalah ini lambat laun akan muncul.

Tapi tenang, bagi Anda yang sedang mencari klinik fisioterapi terdekat wilayah Jakarta dan sekitarnya. Perkenalkan, Flex-Free Clinic, adalah sebuah klinik fisioterapi yang menangani masalah otot dan sendi Anda memperbaiki permasalahan sendi-sendi di dalam ototnya.

Flex-Free Clinic: Klinik Fisioterapi Terdekat yang Terpercaya

Fisioterapi adalah salah satu perawatan yang bisa digunakan bagi pasien penderita masalah otot dan sendi. Pada umumnya, permasalahan otot dan sendi bisa menyebabkan tidak normalnya anggota tubuh yang menjadi penggerak tubuh.

Di sisi lain, fisioterapi juga bermanfaat dalam meningkatkan durabilitas fisik bagi para lansia karena faktor usia, faktor penurunan fungsi tubuh, cedera, dan lain sebagainya. Untuk meringankan permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan klinik fisioterapi terdekat di Jakarta yang dikelola Flex-Free Clinic.

Selain memiliki probabilitas kesembuhan yang cukup tinggi, fisioterapi juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Namun, ada juga beberapa efek samping fisioterapi yang dirasakan pasca perawatan. Misalkan seperti nyeri, atau merasa tidak nyaman. Tapi yang jelas, efek samping ini masih tergolong lumrah.

Layanan Klinik Fisioterapi Terdekat dari Flex-free Clinic

Bagi Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan layanan klinik fisioterapi terdekat yang kami kelola ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam layanan yang kami sediakan untuk mengatasi masalah otot dan sendi Anda.

  1. Terapi Pemanasan Infrared (IR)

Terapi infrared menjadi salah satu pengobatan yang digunakan dalam bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang memanfaatkan teknologi gelombang elektromagnetik infra merah yang memiliki karakteristik gelombang 770 nm-106 nm, tepat berada di antara spektrum gelombang cahaya yang bisa dilihat melalui gelombang microwave. Tujuannya adalah, untuk memanaskan struktur muskuloskeletal yang berada di superfisial dengan daya 0,8-1 mm.

  1. Terapi Laser

Meski berhubungan dengan istilah radiasi, laser sebenarnya tidak memiliki radiasi seperti radioaktif atau yang lainnya. Bahkan, teknologi laser menjadi teknologi yang mampu memudahkan manusia dalam beraktivitas. Sebut saja seperti laser pointer.

Dalam dunia medis, laser juga bisa digunakan sebagai metode terapi. Biasanya, terapi laser disebut juga sebagai terapi cahaya (aktinoterapi).

Untuk penggunaan, cahaya laser langsung diarahkan ke kulit pasien. Sama halnya seperti proses pembedahan. Pada proses bedah masalah otot dan sendi, jenis cahaya laser yang digunakan sama dengan penggunaan laser pada proses operasi kulit.

Meski hanya berbentuk cahaya, terapi laser mampu menembus lebih jauh ke dalam tubuh jika dibanding dengan laser yang digunakan pada proses operasi. Selain itu, laser ini tidak memiliki efek yang merusak atau memotong, melainkan memiliki sifat regenerasi jaringan, anti nyeri, dan anti radang.

  1. Terapi Kinesio Tape

Kinesio tape merupakan plester yang memiliki perekat berbentuk pita dan berbahan dasar lateks.

Pita ini memiliki elastisitas dan ketebalan yang mirip dengan kulit manusia. Sehingga saat digunakan berkegiatan tidak menyebabkan rasa tertekan pada area yang dipasang kinesio tape.

Kelebihan kinesio tape juga terdapat pada jangka waktu penggunaannya. Kinesio tape mampu bertahan selama 5-7 hari tanpa perlu risau dengan keleluasaan dalam bergerak.

Kinesio tape juga tangguh dalam berbagai kondisi. Misalnya seperti berenang, pada saat mandi, dan memiliki karakteristik yang cepat kering dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Dari segi elastisitas, kinesio tape memiliki kelenturan mencapai 130-140% dari ukuran aslinya.

Kinesio tape sendiri dikembangkan oleh seorang chiropractor terkenal Amerika Serikat, Dr. kenzo Kase. Kinesio tape juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan jaringan lunak.

Adapun manfaat lain dari kinesio tape yakni sebagai pereda kelelahan pada otot, pereda pembengkakan, serta mampu meningkatkan drainase cairan limfatik hingga melancarkan peredaran darah.

  1. Paraffin Bath

Paraffin bath atau terapi lilin merupakan metode untuk mempersingkat penyembuhan, merelaksasi jaringan lunak, serta meredakan nyeri otot. Bagi sebagian besar atlet, terapi lilin sangat direkomendasikan untuk pemulihan cedera ketika berolahraga.

Terapi yang menggunakan lilin parafin ini juga telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu, berawal dari zaman kekaisaran romawi.

Proses pemurniannya diantaranya seperti perebusan, pendinginan, penyaringan, hingga menjadi lilin parafin. Lilin tersebut pada umumnya tidak berwarna, tak berasa, namun sering ditambahkan aromaterapi. Menyesuaikan dengan tujuan yang akan dihasilkan.

Dari uji laboratorium, lilin parafin memang cukup aman untuk penggunaan area eksternal. Beberapa masalah fisik yang bisa ditangani dengan terapi lilin adalah:

  • Eksim
  • Fibrositis
  • Peradangan otot dan sendi
  • Fibromyalgia
  • Radang sendi
  • Kaku sendi
  • Kelelahan
  • tendonitis

Meski memiliki berbagai manfaat di atas, terapi lilin tidak direkomendasikan bagi pengidap diabetes mellitus, varises, dan hipertensi. Dengan pemakaian yang proporsional, terapi lilin sama sekali tidak memiliki efek samping.

  1. Terapi Ultrasound

Terapi ultrasound juga menjadi salah satu metode terapi yang digunakan dalam ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi yang menggunakan teknologi gelombang suara. Metode ini memiliki frekuensi gelombang suara yang tidak bisa didengarkan telinga manusia, yakni pada frekuensi >20.000 kali per detik. Tujuan terapi ini adalah untuk merehabilitasi muskuloskeletal.

Pada terapi ultrasound, efek yang dapat dirasakan adalah efek pemanasan dalam atau superfisial, serta efek non-termal (untuk memasukkan jenis obat tertentu)

Terapi ultrasound juga memiliki efek terapi yang berbeda-beda, tergantung dari apa diagnosis penyakit yang diderita pasien.

Meski diklaim aman, namun metode ultrasound juga memiliki kontraindikasi yang meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Kehamilan
  • Menggunakan alat pacu jantung
  • Gangguan perdarahan (terutama thrombophlebitis)
  • Menggunakan material plastik atau methyl methacrylate
  • Tidak boleh digunakan pada area reproduktif dan mata

Adapun prosedur sebelum menggunakan terapi ini adalah, pasien disarankan untuk menggunakan baju longgar untuk memudahkan proses terapi. Untuk bagian atas, direkomendasikan untuk menggunakan baju tanpa lengan yang nyaman. Sementara bagian bawah, pasien disarankan menggunakan celana pendek dan rok yang longgar.

Jika Anda tidak menggunakan pakistan seperti di atas, Flex-Free Clinic akan memberikan Anda baju khusus untuk melakukan terapi.

  1. Terapi Stimulasi Listrik

Terapi stimulasi listrik atau biasa disebut dengan electrical stimulation (ES) merupakan salah satu metode terapi yang digunakan pada bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dengan menggunakan aliran listrik yang berbagai frekuensinya.

Amplitudo dan karakteristik aliran listrik akan disalurkan melalui kulit dengan bantuan perantara pad (sejenis elektroda yang diberikan lapisan gel).

Terapi stimulasi listrik akan memberikan efek muatan listrik pada saraf, otot, dan permukaan kulit. Sehingga dapat merasakan efek terapi tertentu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Nah itulah beberapa layanan yang disediakan klinik fisioterapi terdekat wilayah Jakarta yang dikelola oleh Flex-Free Clinic yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan keluhan mengenai otot dan sendi Anda. Segera hubungi kami via WhatsApp di nomor 0858-5864-6477 atau Anda bisa mengunjungi klinik fisioterapi terdekat kami yang beralamat di Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat - Kelapa Gading, Jakarta Utara.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel